Tempat Wisata

Air Terjun Sipiso Piso, air terjun yang mempesona di dekat Danau Toba

Air Terjun Sipiso-Piso salah satu tempat wisata alam yang eksotis dan tersembunyi di dekat Danau Toba, Sumatera Utara. Air terjun setinggi 120 meter dengan panorama indah Danau Toba, perbukitan Pulau Samosir.

harga tiket: Rp 10.000, Waktu aktif: 24 jam, Alamat: JL.Pengambaten, Kec. Merk, Kab.Karo, Sumatera Utara.; map: Cek lokasi

Wisata air terjun di wilayah Sumatera Utara dikenal luas oleh masyarakat sekitar sebagai salah satu destinasi yang tidak kalah mempesona dibandingkan dengan wisata Danau Toba yang melegenda.

Ternyata Air Terjun Sipiso Piso memiliki lokasi yang bersebelahan dengan kawasan wisata Danau Toba yang legendaris. Namun keindahan alam yang ditawarkannya bisa dijadikan pertimbangan Anda untuk memasukkannya sebagai pilihan destinasi wisata baru saat berkunjung ke Danau Toba di Medan untuk berlibur.

Air terjun ini terletak di Kabupaten Karo, Sumatera Utara. Air terjun Sipiso Piso memiliki ketinggian 120 meter, menjadikannya air terjun tertinggi keempat di Indonesia. Nama Spiso sendiri bisa diartikan sebagai pisau, karena dari kejauhan derasnya aliran air terjun ini terlihat seperti pisau yang panjang dan kecil.

Atraksi air terjun Sipiso-Piso

Tempat wisata air terjun Sipiso PisoKredit foto: Facebook Traveloka

1. Kecantikan alami

Daya tarik air terjun ini terletak pada indahnya kondisi alam di sekitarnya yang masih begitu asri hingga akhirnya bisa menjadi kesan liburan yang istimewa dan sulit untuk dilupakan. Air terjun yang cukup tinggi ini akan terlihat lebih asri dengan pepohonan dan tanaman hijau yang tumbuh di sekitarnya sehingga menghasilkan udara yang sejuk.

Suasana alam yang masih sangat asri membuatnya terlihat sangat menakjubkan dari kejauhan apalagi dari dekat. Tebing yang menjulang tinggi berpadu dengan tanaman hijau yang menempel menciptakan keindahan alam yang tiada duanya.

2. Menjulang

Dengan keindahan alam tersebut di atas, ada satu hal lagi yang harus Anda perhatikan yaitu ketinggiannya. Ketinggian air terjun Sipiso-Piso adalah 120 meter. Ketinggian ini memungkinkan untuk menciptakan efek air mengalir cepat dari ketinggian dan kemudian memanjang ke bawah.

Air terjun ini juga masuk dalam daftar 10 air terjun tertinggi di Indonesia. Ketinggiannya menjadikan wisata air terjun hit ini menjadi pilihan utama tujuan wisata bagi pengunjung lokal maupun mancanegara yang ingin melihat langsung ketinggian air terjun ini.

3. Dekat Danau Toba

Air terjun eksotis di Sumatera Utara ini tidak jauh dari danau terbesar di Indonesia, Danau Toba. Para wisatawan yang berkunjung ke tempat ini akan mendapatkan dua keuntungan sekaligus, yaitu air terjun Sipiso Piso yang mempesona dan keindahan Danau Toba yang akan terlihat indah dari sana.

Lokasi yang dekat ini pula yang menjadikan Air Terjun Spiso Piso salah satu aspek penunjang Danau Toba dengan aliran air terjun yang mengalir ke kawasan Danau Toba yang sangat luas.

4. Perbukitan hijau menyebar di atas

Perbukitan hijau terhampar di puncak air terjun Sipiso-Piso ini. Hal ini terlihat dari pepohonan dan tanaman hijau yang tumbuh di sekitarnya. Hamparan perbukitan hijau di puncaknya juga bisa dijadikan indikasi bahwa alam di sana masih sangat asri.

Perbukitan hijau ini juga secara tidak langsung mempengaruhi aliran air yang jatuh dari atas, sehingga memiliki intensitas yang sangat kuat dan seolah tidak ada habisnya. Dengan kata lain, perbukitan yang ditumbuhi pepohonan dan tanaman hijau bisa dikatakan menjadi salah satu sumber utama kontribusi air terjun ini.

Alamat dan rute menuju lokasi air terjun Sipiso-Piso

Alamat air terjun Sipiso-PisoKredit foto: Google Maps dedi Suwandi

Bagi wisatawan yang ingin mengunjungi air terjun Sipiso Piso dapat dengan mudah menuju kesana karena akses yang mereka miliki adalah menuju wisata Danau Toba yang sudah terkenal.

Untuk wisatawan yang berangkat dari kota Medan diperkirakan menempuh jarak 70 km atau hampir 3 jam perjalanan dengan mobil. Namun, di sepanjang perjalanan Anda akan menemukan banyak keindahan dari pedesaan di Sumatera Utara yang cukup indah.

Akses jalan menuju air terjun ini juga bisa dijadikan nilai tambah karena jalurnya sudah dilengkapi dengan jalan beraspal. Sehingga bisa menambah kenyamanan Anda saat pergi ke destinasi wisata yang masih berada di kawasan yang sama dengan Danau Toba.

Air Terjun Sipiso Piso terletak di Desa Tongging, Kecamatan Merek, Kabupaten Karo, Provinsi Sumatera Utara. Lokasi air terjun ini juga cukup dekat dengan Danau Toba, sehingga anda yang mengunjunginya dapat menikmati keindahan air terjun indah yang tinggi dan luas sekaligus.

Tiket masuk air terjun Sipiso Piso

Tiket air terjun Sipiso-PisoKredit foto: Google Maps Fozan H

Dengan keindahan pemandangan alam yang disuguhkan, Anda yang ingin berkunjung hanya akan dikenakan tiket masuk sebesar Rp 10.000 per orang. Bahkan tiket masuk sudah termasuk dalam tiket masuk wisata Danau Toba yang sebenarnya dekat.

Harga tiket yang murah tak lantas membuat wisata alam ini tak terawasi. Untuk menuju lokasi air terjun ini dengan tepat, telah disediakan jalan setapak dengan ratusan anak tangga yang dapat mempermudah perjalanan menuju lokasi air terjun ini.

Aktivitas menarik di air terjun Sipiso Piso

Aktivitas Air Terjun Sipiso-PisoSumber gambar: Google Maps Nature Indonesia

1. Bersantai di alam

Bagi Anda yang ingin mencari ketenangan dan hiburan dalam suasana alam yang asri, mengunjungi air terjun Sipiso-Piso bisa menjadi pilihan yang tepat.

Di sana Anda juga akan diperlihatkan betapa indahnya air terjun yang menjulang tinggi dengan aliran airnya yang deras dan tebing-tebing yang ditumbuhi tanaman hijau membuat suasana sekitar menjadi sejuk.

Anda dapat bersantai dengan meletakkan alas duduk untuk piknik atau hanya berbaring di kursi yang disediakan di sana. Tempat ini sangat cocok untuk mencari ketenangan dimana Anda dapat mendengarkan derasnya aliran air terjun yang didukung oleh kicauan burung yang hidup di alam yang hijau dan asri.

2. Ambil foto Ria

Tidak lengkap rasanya datang ke sini tanpa berfoto. Keindahan air terjun terindah akan menjadi spot foto yang sayang untuk dilewatkan saat anda berkunjung.

Perpaduan tebing tinggi dengan tanaman hijau yang mengelilinginya juga merupakan kombinasi yang tepat untuk mengingat betapa indahnya alam di sana. Pemandangan alam yang indah di sana ditambah dengan pesona air terjun Sipiso Piso bisa menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung yang tidak boleh melewatkan momen ini.

Segala usaha Anda dalam menaiki banyak anak tangga di tempat wisata akan terbayar dengan banyaknya spot yang bisa Anda gunakan untuk berfoto dengan air terjun yang menakjubkan.

3. Mendaki

Hiking di alam liar mungkin akan terasa membosankan bagi kebanyakan orang. Namun, hal ini mungkin tidak berlaku jika Anda mendaki ke air terjun Sipiso-Piso.

Hal ini karena dalam perjalanan Anda mendapatkan pemandangan indah air terjun ini yang bisa dilihat dari jauh. Hal ini justru akan mempermudah perjalanan pendakian yang Anda lalui karena Anda akan terpacu untuk sampai ke dasar air terjun Sipiso Piso yang mempesona.

Untuk sampai ke dasar air terjun ini Anda akan melewati ratusan anak tangga yang tentunya juga menghadapi beberapa jalur turunan dan pendakian. Namun pesona keindahan alam sejuk dan asri yang disuguhkan mampu mengatasi rasa lelah yang telah Anda lalui.

4. Piknik

Di sana Anda bisa menghabiskan momen liburan dengan piknik dalam suasana alam yang sejuk yang masih sangat asri. Ada beberapa area datar yang bisa Anda ambil dengan cara merentangkan tempat duduk dan menghabiskan waktu bersama keluarga tercinta.

Saat piknik di sekitar air terjun ini Anda bisa leluasa dan hanya dengan alas duduk beserta makanan yang Anda siapkan dari rumah. Kegiatan ini akan memberikan Anda waktu liburan yang tak terlupakan bersama keluarga.

Fasilitas Air Terjun Sipiso-Piso Karo

Fasilitas air terjun Sipiso-PisoKredit foto: Google Maps Yuli Susanti

Pengelolaan tempat wisata dengan air terjun ini terbilang cukup. Hal ini dibuktikan dengan adanya beberapa fasilitas yang disediakan oleh pengelola untuk digunakan oleh wisatawan yang datang ke sana.

Salah satu fasilitas yang tersedia disana adalah tempat parkir yang luas yang dapat menampung kendaraan pengunjung dalam jumlah banyak. Jadi jika Anda datang dengan kendaraan pribadi, Anda tidak perlu lagi khawatir memarkir kendaraan Anda.

Bagi pengunjung yang datang dari luar kota Medan dan ingin bermalam, ada beberapa penginapan murah dan terawat yang bisa Anda gunakan sebagai tempat menginap.

Terdapat sudut pandang bagi pengunjung yang ingin menikmati pemandangan indah air terjun Sipiso-Piso yang dapat dilihat secara keseluruhan. Selain air terjun, di sana Anda juga bisa melihat keindahan Danau Toba dan Pulau Samosir yang bisa dilihat dari jauh.

Bagi wisatawan yang ingin memperingati liburannya di air terjun andalan Kabupaten Karo ini juga terdapat toko-toko yang menjual berbagai jenis oleh-oleh berupa pakaian, sandal, dan gantungan kunci. Harga oleh-oleh yang ditawarkan masih sangat terjangkau.

Setelah Anda lelah menuruni ratusan anak tangga, Anda pasti membutuhkan energi bukan? Tenang saja, ada juga warung makan yang dikelola masyarakat sekitar dan harganya pun tidak terlalu mahal.

Ini dia beberapa tempat wisata, fasilitas pendukung, lokasi dan harga tiket masuk yang murah ke kawasan Air Terjun Sipiso Piso di Karo, Sumatera Utara. Kawasan wisata di sebelah Danau Toba akan membuat pengalaman liburan Anda semakin menyenangkan.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button