Tempat Wisata

Leuwi Tonjong, surga tersembunyi alam yang eksotis seperti Phuket di Garut

harga tiket: Rp 10.000, Waktu aktif: 24 jam, Alamat: Jayamukti, Kec. Cihurip, Kab.Garut, Jawa Barat; map: Cek lokasi

Apakah Anda pernah ke Phuket, Thailand? Tidak masalah jika Anda belum melakukannya karena Anda tidak harus pergi jauh-jauh ke sana. Indonesia juga memiliki destinasi wisata yang mirip dengan Phuket, yaitu di Garut, Jawa Barat. Leuwi Tonjong merupakan objek wisata yang menawarkan keindahan alam di tengah hutan. Dikatakan mirip dengan Phuket di Thailand karena lokasinya yang sangat mirip, yaitu sungai dangkal yang terhimpit oleh dua tebing besar.

Tempat wisata di kaki Gunung Gong ini masih alami dan belum terjamah oleh tangan manusia. Tempatnya juga cukup jauh dari keramaian kota, dengan akses yang tidak bisa dibilang mudah. Aliran sungai di sana cukup jernih, terutama saat musim kemarau. Tebing yang menjulang setinggi sekitar 100 meter menjadi penghias tersendiri dan mampu menarik banyak pengunjung dari berbagai daerah. Tak heran, tempat wisata di Jayamukti, Cihurip ini berhasil meraih juara kedua kategori Surga Tersembunyi oleh Kementerian Pariwisata RI.

Daya Tarik Leuwi Tonjong

Atraksi Leuwi TonjongKredit Foto: Google Maps Anita Deckha

Pesona alamnya yang menakjubkan, inilah yang menjadi daya tarik Leuwi Tonjong. Dua tebing besar tersebut bukan hanya menjadi pembatas antara air yang mengalir keluar dari sungai, melainkan pemandangan alam yang tidak bisa dijangkau dengan pikiran. Bentuknya meruncing ke arah atas dan ada sedikit lumut sebagai hiasan agar terlihat sedikit kehijauan. Namun secara keseluruhan warna tebing tersebut seperti warna batu karang yang berwarna putih dan sedikit hitam.

Di pagi hari, cahaya matahari terbit perlahan merayap melewati dua tebing. Jika beruntung, Anda juga bisa menikmati pemandangan yang jarang ditemukan di tempat lain. Selain itu, Anda juga bisa melihatnya saat matahari terbenam, namun tidak begitu bagus karena cahayanya perlahan menjauh dari tebing.

Dari atas tebing tersebut memiliki rambut berwarna hijau, artinya pepohonan di sekitarnya tentunya. Aliran airnya tidak begitu deras sehingga terlihat seperti air terjun mini karena melewati batu karang yang agak besar di tengahnya. Sungai di sana cukup dangkal dengan warna biru kehijauan di tepiannya, tentu menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Pada siang hari, dekorasi langit tampak indah dilukiskan oleh pantulan air yang begitu tenang dan damai. Bagi Anda yang ingin bersantai, Leuwi Tonjong layak untuk dikunjungi.

Alamat dan rute ke lokasi

Alamat Leuwi TanjongSumber gambar: Twitter Indonesia_in_G.C.C_Eyes ا الخليج

Alamat lengkap Leuwi Tonjong adalah Jayamukti, Cihurip, Garut, Jawa Barat. Jaraknya tidak lebih dari 60 km dari pusat kota Bandung dan dapat ditempuh dalam waktu 2 jam dengan mobil. Tentunya untuk menuju lokasi tersebut, Anda membutuhkan rute yang tepat. Untungnya, ada banyak rute yang bisa dilalui, salah satunya melalui Jalan Raya Garut hingga Cikajang.

Setelah menempuh rute tersebut, lanjutkan perjalanan menuju desa Jayamukti. Tapi ingat, yang perlu diingat adalah rute belum membawa Anda ke tempat wisata. Parkirkan kendaraan di tempat yang telah ditentukan dan lanjutkan perjalanan dengan ojek dari titik ini. Ini lebih aman mengingat jalan yang akan dilintasi tidak ramah. Jalan setapak dan licin siap menyambut kedatangan Anda saat mengendarai ojek.

Perjalanan cukup melelahkan, begitu turun dari ojek harus melanjutkan perjalanan lagi. Ini bisa menjadi daya tarik tersendiri bagi yang lebih berjiwa petualang. Bukan jalan beraspal atau beton yang harus dilalui, melainkan jalan tanah dengan bebatuan kecil dan besar yang bisa ditembus tanpa alas kaki. Jangan mengharapkan pegangan saat Anda menuruni tangga karena Anda tidak akan mendapatkannya. Turunan yang akan dikuasai juga cukup terjal, harus selalu waspada dan menggunakan sepatu anti slip agar aman.

Biaya masuk objek wisata

Harga tiket Leuwi TanjongSumber gambar: Twitter detikTravel

Biaya masuknya 10.000 rupiah di hari biasa dan 15.000 di hari libur, tentunya hal ini tidak menjadi masalah dengan view yang ditawarkan. Bahkan harganya sangat murah dibandingkan dengan tempat wisata lain yang juga memiliki pemandangan alam sebagai daya tarik utamanya.

Untuk jam operasionalnya, Wisata Leuwi Tonjong buka setiap hari dengan full day atau dikenal juga dengan 24 jam. Namun, tidak disarankan untuk menginap kecuali ada alasan penting. Hal ini sebagai antisipasi untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Hal menarik yang bisa dilakukan di Leuwi Tonjong

Hal yang Dapat Dilakukan di Leuwi TonjongKredit foto: Google Maps Ridwan Christyawan

Akses ke tempat itu tidak bisa disebut mudah, karena Anda harus mengatasi berbagai rintangan di hutan. Namun, semua terbayar saat sampai di kota induk, pemandangan yang indah tentunya masih alami. Di Leuwi Tonjong tentunya Anda bisa melakukan berbagai aktivitas menarik yang sebagian besar masih berhubungan dengan air.

1. Asyiknya berenang dan bermain air

Banyak wisatawan yang sekedar berenang atau bermain air saat tiba di tempat tersebut. Seolah lupa betapa sulitnya mencapai tempat itu, mereka langsung terjun.

Bagi yang tidak bisa berenang atau karena alasan lain, bermain air juga cukup menyenangkan. Anda dapat menggunakan batu di tepi selama permainan untuk mengaturnya atau melemparkannya ke dalam air. Utamakan keselamatan karena bebatuan disana cukup tajam dan licin.

2. Menyusuri sungai dengan rakit

Aktivitas lain yang tak kalah seru adalah hilir. Bukan berenang kali ini, melainkan di atas rakit yang bisa disewa dari pengelola. Ukurannya cukup panjang dengan lebar bambu sedang. Penduduk setempat menyebutnya Getek, Anda bisa menggunakannya untuk melihat lebih dekat dari tebing yang membentuk sempadan sungai.

3. Menikmati Keindahan Leuwi Tonjong

Yang pasti semua pengunjung yang datang ke tempat ini ingin menikmati pemandangan alam luar biasa yang hadir dengan sendirinya secara alami. Bebatuan, air, pohon, dan tanah tampaknya bekerja sama untuk membuat pemandangan yang layak dilihat.

Karena kedalamannya cukup dangkal, sebaiknya datang ke tempat ini saat musim kemarau. Saat itu airnya masih alami dan jernih karena arusnya tidak begitu kuat. Begitu juga dengan hujan deras, yang bisa mengaburkan air di air terjun yang deras.

4. Kegiatan Outbound

Nongkrong bebas dengan permainan sederhana, baik secara individu maupun tim, juga bisa menjadi kegiatan yang menyenangkan. Tidak ada aturan dalam kegiatan outbond yang satu ini, jadi Anda bisa melakukannya sendiri bersama rombongan. Secara umum, kegiatan outbound harus melatih kerja tim. Anda bisa menggunakan media air atau batu-batu kecil untuk kegiatan ini.

5. Berkemah bersama

Hal menarik yang bisa dilakukan di Leuwi TonjongSumber gambar: Twitter Indonesia_in_G.C.C_Eyes ا الخليج

Tidak menutup kemungkinan kegiatan camping juga bisa dilakukan di Leuwi Tonjong Garut. Anda dapat tinggal di tenda yang Anda bawa dari rumah atau menyewanya di kantor tiket. Destinasi wisata menarik di hutan dan di kaki gunung diketahui buka 24 jam sehari. Namun, Anda tetap harus mendapatkan izin pengelola jika memutuskan untuk berkemah di lokasi ini.

6. Memancing yang menyenangkan

Meski jarang menjadi tujuan utama, tak ada salahnya melakukan aktivitas memancing, terutama bagi para penghobi. Kegiatan ini sering dilakukan oleh warga sekitar, Anda bisa menemani mereka dan menanyakan tentang sejarah tempat wisata tersebut. Setidaknya Anda bisa menyalurkan hobi Anda saat berlibur, bukan?

7. Cari spot foto yang menarik

Mengabadikan momen liburan adalah hal terpenting dalam liburan. Ada banyak kesempatan berfoto yang indah dan mempesona di tempat-tempat yang Anda kunjungi. Anda bisa menggunakan garis pinggir tebing sebagai spot utama. Ada juga air terjun mini yang juga cocok dan bisa menghasilkan foto-foto indah untuk diunggah ke media sosial. Spot foto lain yang banyak digunakan wisatawan adalah di bawah tebing. Kehadiran lumut yang menghiasi tebing tampaknya menjadi nilai plus.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas Leuwi TanjongKredit foto: Instagram Mochamad Sugih

Tidak banyak fasilitas ketika Anda tiba di situs Leuwi Tonjong, setidaknya Anda bisa menggunakan rakit hanya untuk transportasi dan area berkemah. Lebih lengkapnya jika dalam perjalanan menuju lokasi terdapat tempat ibadah, rumah makan berupa warung, toilet yang digunakan untuk bersih-bersih dan tentunya tempat parkir.

Oleh karena itu, ada baiknya jika Anda mempersiapkan segala sesuatunya saat pergi ke lokasi, terutama yang menyangkut makanan. Bawalah bahan makanan secukupnya untuk persiapan perjalanan dan setibanya di lokasi. Anda bisa membelinya di toko terdekat agar tidak memakan waktu terlalu lama mengingat medan yang harus dilalui cukup sulit dan memakan waktu yang lama, minimal 30 menit dari lokasi ojek untuk turun.

Kaya akan tempat wisata, Indonesia memang patut dibanggakan. Banyak tempat wisata yang layak untuk dikunjungi, terutama yang menampilkan panorama alam seperti Leuwi Tonjong di Garut. Mengingat lokasinya yang tidak mudah dijangkau, ada baiknya jika Anda membuat rencana terlebih dahulu untuk mempersiapkan berbagai kebutuhan, terutama kondisi tubuh.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button