Tempat Wisata

Gili Meno Lombok – Pemandangan, Aktivitas Liburan, Tempat & Biaya Perjalanan

Pemandangan, Aktivitas Liburan, Fasilitas, Tempat & Biaya Perjalanan – Gili Meno salah satu pulau eksotis di Lombok dengan keunikan dan pesona alamnya yang mempesona. Kawasan wisata bahari yang menarik untuk dijelajahi saat berlibur.

Biaya Tur: Mulai dari Rp85.000, Waktu aktif: 24 jam, Alamat: Gili Indah, Kec. pemenang, kabupaten. Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat; map: Cek lokasi

Nusa Tenggara merupakan salah satu daerah di Indonesia yang memiliki berbagai pesona. Mulai dari Bali yang begitu terkenal, hingga keindahan Lombok yang menjadi tuan rumah berbagai kawasan wisata bahari, hingga Pulau Komodo yang menjadi rumah bagi reptil purba khas Indonesia.

Gili Meno Lombok sendiri merupakan rangkaian pulau-pulau kecil yang ada di kawasan tersebut. Daerah ini merupakan bagian dari Kepulauan Gili di sekitar pulau utama Lombok. Ada Pulau Gili Trawangan dan Gili Air di sekitarnya.

Tempat wisata ini berseberangan dengan salah satu destinasi wisata terpopuler di Lombok yaitu Pantai Senggigi. Dari tempat wisata tersebut, pemandangan pulau ini begitu menakjubkan. Di depan lautan luas, pantai dan hutan terlindung, tempat ini terlihat indah.

Pemandangan Gili Meno Lombok

Tempat wisata Gili Meno LombokSumber gambar: Twitter Layanan pelanggan Travelio

Meski tidak sepopuler pulau-pulau di sekitarnya, destinasi kecil ini memiliki sesuatu untuk setiap pengunjung. Hal inilah yang menjadi alasan mengapa beberapa wisatawan tertarik untuk singgah di tempat wisata tersembunyi ini.

1. Luasnya pantai yang berpadu dengan kejernihan air laut

Seperti wisata pulau pada umumnya, Gili Meno memiliki pantai yang membentang di sekitarnya. Hamparan pasir putihnya sedikit kekuningan. Teksturnya lembut sehingga sangat cocok dinikmati langsung dengan telanjang kaki.

Pantai di sana landai, sehingga sangat nyaman bagi pengunjung untuk menjelajahinya. Anda tidak perlu khawatir jika menikmatinya karena bentuknya membuat tempat ini aman jika Anda melewatinya. Kondisinya cukup bersih sehingga terlihat sempurna.

Keindahannya seakan menyatu dengan kejernihan laut di sekitarnya. Air laut di dekat pulau terlihat biru, menandakan masih bersih dari berbagai polusi dll. Ombaknya juga relatif tenang, sehingga setiap orang yang menginap di sana merasa nyaman dan tentram karena keharmonisan alam.

2. Penangkaran penyu

Saat berlibur di pulau eksotis ini, pengunjung tidak hanya disuguhkan dengan keindahan alamnya. Namun, ada penangkaran penyu di tempat ini. Banyak penyu di sana adalah penyu hijau, yang cukup terancam di alam liar.

Spot terlindung ini seolah menjadi daya tarik tersendiri bagi siapa saja yang ingin singgah di pulau ini. Karena di tempat ini berbagai hal bisa dilakukan. Pengunjung tentunya dapat menyaksikan siklus hidup penyu dari telur hingga dewasa.

Seperti halnya penangkaran penyu di Tanjung Benoa Bali, penyu di tempat ini akhirnya dilepasliarkan saat berusia sekitar 6 bulan. Hal itu tentu saja dilakukan melalui mekanisme khusus yang menjamin kelangsungan hidupnya di laut lepas.

Selain itu, penyu yang dilukai oleh masyarakat atau ditangkap secara ilegal pasti akan berakhir di penangkaran ini. Pengunjung dapat melihat bagaimana penyu hidup di laut lepas. Dengan cara ini, diharapkan kesadaran masyarakat akan biota laut dapat meningkat.

3. Perpaduan hutan mangrove dengan danau air asin di tengah pulau

Jika Anda berlibur ke Gili Meno dekat Lombok maka bersiaplah untuk terpukau dengan salah satu fitur alamnya. Karena pulaunya sangat kecil, pepohonan yang tumbuh di sana didominasi oleh mangrove. Tumbuhan ini terlihat seperti hutan karena jumlahnya yang sangat banyak.

Uniknya, hutan mangrove tumbuh di sekitar pulau dan juga danau di tengahnya. Ya, destinasi ini memiliki danau. Keistimewaan lain dari tempat ini adalah air asinnya. Air di danau ini bukanlah air tawar seperti danau pada umumnya.

Danau ini diprediksi memiliki lubang air yang cukup besar. Lubang muncul di tengah target yang berasal dari lift. Oleh karena itu, danau masih menyimpan air laut. Selain itu, karena ukurannya yang kecil, danau ini juga banyak dipengaruhi oleh air laut.

Hutan mangrove yang tumbuh seolah menyatu dengan panorama danau asin. Pengunjung dapat menikmati keindahan perpaduan alam. Perpaduan bentang alam tersebut menjadi salah satu daya tarik bagi wisatawan yang berkunjung ke pulau di Nusa Tenggara Barat ini.

4. Suasana sepi dan romantis

Nuansa yang hadir saat mengunjungi destinasi eksotis Gili Meno begitu syahdu. Pulau ini cukup jauh dari keramaian turis lainnya dan karena itu relatif sepi. Hal ini menjadi salah satu alasan para wisatawan yang ingin berlibur ke sini. Begitulah suasana romantis yang didapat saat berkumpul bersama pasangan.

Banyak dari pengunjung yang datang mengunjungi tempat wisata ini adalah pasangan kekasih yang sedang menghabiskan bulan madu mereka. Hal ini tentunya sangat cocok di pulau kecil ini karena kondisi lingkungan yang mendukung.

Alamat dan rute ke Gili Meno Lokasi

Alamat Gili MenoSumber gambar: Twitter Indonesia yang indah

Tempat wisata ini terletak di pusat kepulauan “Gili” di bagian barat laut Lombok. Terletak di tengah Pulau Gili Air dan Gili Trawangan yang menjadi destinasi populer di Lombok. Waktu tempuh untuk mencapai destinasi ini dari pusat Kota Mataram adalah sekitar 45 menit.

Untuk sampai ke tempat wisata ini, seseorang dapat menjangkau dengan berbagai cara. Salah satunya adalah dengan naik perahu atau speedboat dari Pelabuhan Bangsal. Pelabuhan tersebut terletak di Jalan Bangsal Baru di kawasan Pemenang Barat. Lokasinya berada di Kabupaten Lombok Utara. Terletak di bagian barat Pantai Senggigi.

Durasi untuk mencapai pulau dengan speedboat bisa ditempuh dalam waktu kurang dari setengah jam. Namun selain Lombok, pengunjung bisa mencapai tempat ini dari Bali. Ada beberapa pelabuhan di Pulau Dewata yang bisa mengantar wisatawan ke destinasi cantik ini.

Diantaranya Pelabuhan Serangan di Denpasar, Pelabuhan Padang Bai, Karangasem dan Pantai Sanur. Wisatawan perlu menggunakan speedboat atau speedboat untuk sampai ke tempat tujuan. Namun, rute tersebut hanya bisa mencapai Pulau Gili Trawangan. Karena pulau ini paling dekat dengan Bali.

Setibanya di Gili Trawangan, wisatawan yang ingin mengunjungi pulau Gili Meno harus menggunakan perahu kecil.

Biaya Perjalanan ke Gili Meno Lombok

Biaya Perjalanan ke Gili Meno LombokSumber gambar: Twitter Indonesia yang indah

Untuk singgah di tempat wisata romantis ini, pengunjung bisa mengunjunginya secara gratis tanpa harus membayar biaya masuk. Wisatawan yang datang ke pulau ini tidak dipungut biaya sama sekali. Tentunya hal ini akan sangat menyenangkan karena Anda bisa menikmati keindahan tempat tersebut secara gratis.

Namun, diketahui pengunjung harus menggunakan perahu dari Lombok atau Bali untuk mengaksesnya. Jadi, untuk menggunakan transportasi ini, diperlukan biaya. Harga tiket speedboat ke Gili Meno dari Pelabuhan Bangsal sekitar 85.000 rupiah.

Hal menarik yang bisa dilakukan di Gili Meno

Gili Meno LombokKredit foto: Instagram Wonderful Lombok Sumbawa

1. Jalan-jalan keliling pulau

Hal ini tentunya menjadi aktivitas yang wajib dilakukan di destinasi wisata ini. Pantai yang mengelilingi pulau ini dapat ditempuh dengan berjalan kaki dalam waktu sekitar 1,5 jam. Dengan luas yang tidak terlalu besar, kawasan ini dapat menikmati setiap detail keindahannya.

2. Berenang di pantai

Menikmati keindahan pantai pulau ini tidak lengkap jika tidak melakukan aktivitas yang satu ini. Air lautnya sangat jernih dan ombaknya relatif kecil sehingga berenang di pantai ini aman.

3. Melihat pesona dunia bawah laut saat scuba diving

Pengunjung dapat melakukan kegiatan scuba diving atau biasa disebut dengan scuba diving di destinasi wisata tersebut. Ada tempat menyelam yang bagus di pantai barat. Dengan kejernihan airnya, wisatawan bisa menikmati terumbu karang dan karang laut di kedalaman hanya 18 meter.

4. Menikmati laut dengan snorkeling

Selain berenang dan menyelam, pengunjung destinasi ini juga bisa snorkeling. Tempat paling populer untuk ini adalah di sisi timur laut pulau. Banyak persewaan snorkeling datang dengan perahu dan pemandu yang siap mengantarkan dan melayani wisatawan.

5. Kunjungi Penangkaran Penyu Gili Meno

Pengunjung yang datang ke destinasi wisata kecil ini tidak hanya bisa melakukan berbagai aktivitas wisata alam, tetapi juga melihat penyu yang dilindungi di cagar alam. Wisatawan juga bisa berfoto dengan satwa yang dilindungi.

6. Jelajahi danau air asin dan hutan bakau

Tempat ini berjarak sekitar 1,5 kilometer dari sisi timur laut pulau cantik ini. Waktu berkendara dari pantai sekitar 15 menit. Pengunjung dapat menikmati danau asin yang unik berpadu dengan hutan bakau di sekitarnya.

Akomodasi murah di sekitar Gili Meno

Akomodasi murah di sekitar Gili MenoKredit foto: Produser Digital Instagram. Australia | pantai emas

1. Avia Villa Resort

Penginapan ini cukup mewah dan harga untuk menginap berkisar dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah. Fasilitasnya antara lain AC, kolam renang, restoran dan juga WiFi. Terletak di bagian selatan pulau.

2. Bungalo Meno Colanta

Guest house ini bisa disewa murah oleh wisatawan. Fasilitas yang tersedia adalah wifi, sarapan pagi dan lain sebagainya. Tempatnya di pantai selatan.

3. Rumah Meno

Hotel ini tergolong mewah karena memiliki berbagai fasilitas yang stylish. Ada WiFi, kolam renang, restoran dan kamar yang dilengkapi dengan AC. Penginapan ini berada di utara.

Fasilitas yang tersedia di Gili Meno Lombok

Fasilitas Gili Meno LombokKredit foto: Emma Simms Instagram

Wisatawan dapat menikmati beberapa fasilitas yang ada saat berkunjung ke Gili Meno. Beberapa di antaranya adalah toilet, warung makan, tempat berteduh. Ada penduduk lokal yang tinggal di pulau itu, sehingga menampung wisatawan cukup mudah. Banyak moda transportasi tradisional Cidomo yang disediakan oleh warga sekitar yang ada di sana.

Selain itu, pengunjung juga bisa menjelajahi pulau cantik ini dengan bersepeda. Beberapa persewaan sepeda dapat dengan mudah ditemukan di lokasi. Namun, wisatawan akan kesulitan mendapatkan sinyal ponsel di sana karena tempatnya cukup terpencil.

Lombok menyimpan begitu banyak keindahan alam. Ternyata keindahannya tak hanya tersembunyi di pulau itu, tapi juga di pulau-pulau kecil di sekitarnya. Gili Meno Lombok salah satunya. Tempat persinggahan di Nusa Tenggara akan terasa lengkap jika mengunjungi destinasi yang satu ini.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button