Berita Wisata

Lonely Planet menunjuk Raja Ampat sebagai destinasi wisata yang ‘wajib dikunjungi’

LONDON | Oke. Raja Ampat di Papua Barat dinobatkan sebagai “Must See” atau “Places to Visit” pada tahun 2023, sebagai “Relaxation Destination” atau tujuan untuk melepas penat, mencari ketenangan dan kedamaian. Penghargaan ini diserahkan oleh media travel global “Lonely Planet” di London, Inggris pada 8 November.

Dalam keterangan tertulis yang diterima, Kamis (17/11), Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno, menyampaikan bahwa “penghargaan ini membawa harapan bagi kebangkitan wisatawan Indonesia yang berkualitas dan berkelas dunia. tujuan”.

Menurutnya, penghargaan ini sekaligus membuktikan adanya pergeseran tren pariwisata global dari 3S lama – pasir, matahari, dan laut (pasir, matahari dan laut.red) – menjadi 3S baru – spiritualitas, ketenangan dan keberlanjutan (spiritualitas, ketenangan dan keberlanjutan.red).

“Raja Ampat merupakan contoh destinasi 3S baru yang komprehensif dan sebagai informasi, Arborek, desa wisata yang berhasil dikembangkan di kawasan ini merupakan pilot project desa wisata yang sukses menjadi destinasi wisata yang berkualitas dan berkelanjutan” ujar Sandiaga. .

Terumbu karang di kawasan Raja Ampat di Papua Barat termasuk yang terindah di dunia.  (Sumber Kemenparekraf)
Terumbu karang di kawasan Raja Ampat di Papua Barat termasuk yang terindah di dunia. (Sumber Kemenparekraf)

Asisten Pemasaran Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Ni Made Ayu Marthini menambahkan Raja Ampat dipilih karena terumbu karang dan tempat menyelam di kawasan ini tidak ada duanya di dunia. “Kami berharap penghargaan ini dapat membantu meningkatkan kesadaran internasional tentang Raja Ampat dan Indonesia, serta menginspirasi seluruh pemangku kepentingan pariwisata Indonesia untuk lebih aktif meningkatkan pengelolaan destinasi 3S baru,” ujarnya.

Menparekraf Sandiaga Uno menerima penghargaan dari Lonely Planet karena memilih Raja Ampat sebagai salah satu dari enam destinasi dunia yang direkomendasikan sebagai destinasi untuk dikunjungi pada tahun 2023, di London pada 8 November 2022. (Foto: Dinas Pariwisata dan Kesehatan) 'Ekonomi Kreatif/Pariwisata dan Badan Ekonomi Kreatif)
Menparekraf Sandiaga Uno menerima penghargaan dari Lonely Planet karena memilih Raja Ampat sebagai salah satu dari enam destinasi dunia yang direkomendasikan sebagai destinasi untuk dikunjungi pada tahun 2023, di London pada 8 November 2022. (Foto: Dinas Pariwisata dan Kesehatan) ‘Ekonomi Kreatif/Pariwisata dan Badan Ekonomi Kreatif)

Lima destinasi lain yang mendapatkan penghargaan dalam kategori yang sama dari Lonely Planet adalah Halkidiki Yunani, Jamaika, Dominika, Malta, dan Yordania.

Lonely Planet adalah media perjalanan global yang memberikan informasi kepada wisatawan di seluruh dunia.

Penghargaan ini menambah jumlah penghargaan yang diterima Indonesia sepanjang tahun 2022. Sebelumnya, Bali menduduki peringkat pertama dalam 10 destinasi liburan paling bahagia versi operator perjalanan dan pariwisata Club Med, Prancis. [em/es]

VOA

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button