Tempat Wisata

6 pantai Bontang terindah dan terpopuler dengan pasir putihnya

Pantai di Bontang memang tak tertandingi. Kawasan yang menjadi daya tarik wisata utama ini sepertinya tidak pernah sepi dari wisatawan. Setiap hari ada saja pengunjung yang datang untuk melihat pesonanya. Nyatanya, panas terik matahari tetap saja datang ke tempat ini. Bagi sebagian wisatawan, kawasan pantai di Bontang pasti belum terlalu familiar.

Baik untuk memenuhi kebutuhan wisata semua wisatawan. Sehingga libur panjang tidak hanya dihabiskan di sana. Kami akan mengulas daftar pantai di Bontang yang wajib masuk dalam daftar kunjungan Anda saat akhir pekan atau saat musim liburan.

Daftar pantai di Bontang

Mari kita jelajahi beberapa pantai di Bontang yang memiliki pasir putih bersih dan pemandangan alam yang sangat indah sebagai berikut:

1. Pantai pulau nasi basah

Pantai pulau nasi basah  Pantai pulau nasi basah

harga tiket: Gratis; map: pemeriksaan situs
Alamat: Bontang Lestari, Kec. Bontang Selatan, Kota Bontang, Kalimantan Timur

Wisata di Bontang memang menjadi spot favorit bagi seluruh warga Bontang dan Kaltim. Hampir setiap liburan daerah ini tidak pernah sepi. Namun menurut cerita, daerah ini berawal dari sebuah kapal yang membawa makanan berupa beras. Namun, tiba-tiba kapal ini tenggelam.

Padi ini pun berubah menjadi bukit yang berubah menjadi pasir. Untuk mencapai kawasan ini, wisatawan dapat menempuhnya melalui Dermaga Bdak NGL. Waktu perjalanan adalah 15 menit. Wisatawan juga bisa menggunakan dermaga lain yaitu Dermaga Tanjung Limau dan Dermaga Tanjung Laut.

Dari sini wisatawan bisa menggunakan perahu motor dengan waktu tempuh yang cukup lama. Sekitar 1 jam. Harga yang harus dibayar adalah 400 – 600.000 rupiah pulang pergi. Di pinggir pantai, wisatawan disuguhkan dengan ikan-ikan kecil yang lucu dan lucu serta bulu babi. Namun, Anda tetap harus berhati-hati.

Turis bisa melakukan apa saja. Pantai di Kota Bontang ini sudah ramah turis dengan beberapa fasilitas. Nah, salah satu hal yang wajib saat berkunjung ke kawasan ini adalah menikmati nasi campur yang menggiurkan dan menggoda lidah. Selain itu, wisatawan disuguhkan dengan banana boat yang dapat memacu adrenalin.

Jika ingin berenang, wisatawan perlu mencermati larangan tidak ke pusat agar tetap aman. Karena ombak di pantai ini tidak bisa diprediksi. Bisa ganas, bisa juga lembut dan ramah. Cuaca di Bontang sulit diprediksi.

Nah, di kawasan ini terdapat taman bakau yang mengesankan. Nian cantik dijadikan spot foto. Ada beberapa jenis pohon bakau di pantai ini. Wisatawan juga bisa belajar banyak dari berbagai jenis mangrove yang ada di sini.

2. Pantai Teluk Kaba yang indah

Teluk Kaba Pantai yang indahTeluk Kaba Pantai yang indah

harga tiket: Rp10.000; map: pemeriksaan situs
Alamat: Sangkima Lama, Kec. Sangatta Selatan, Taksi Kutai Timur, Kalimantan Timur

Objek wisata ini terletak di Taman Nasional Kutai. Pantai-pantai di Bontang memiliki segudang keindahan yang tidak akan pernah bisa dilupakan. Jangan lupa membawa senjata wajib seperti tenda, pancing dan kamera. Mengapa harus ketiga alat ini?

Ini karena Pantai Bontang di Kalimantan Timur memiliki keindahan yang luar biasa. Tidak hanya di pagi hari, di siang hari, hanya di malam hari. Namun pada malam hari pun kawasan ini memiliki tempat yang estetis dan indah. Nah, alat pancing ini digunakan untuk mencari dan memakan ikan di malam hari sambil ditemani deburan ombak dan angin malam.

Saat air surut. Wisatawan akan melihat beberapa rusa datang. Kawasan ini masih menyatu dengan alam. Jadi, Anda harus berhati-hati dengan buaya yang terkadang mengancam. Ada sebuah kamp di sini di mana wisatawan dapat melihat bagaimana orangutan hidup.

3. Pantai Marina

Pantai Marina melalui Twitter.com @ernisinaga4Pantai Marina melalui Twitter.com @ernisinaga4

harga tiket: Rp10.000; map: pemeriksaan situs
Alamat: Satimpo, Kec. Bontang Selatan, Kota Bontang, Kalimantan Timur

Pantai di dekat Bontang ini hampir sama dengan beberapa pantai di daerah lain. Namun di sini wisatawan disuguhkan pohon kelapa yang super keren. Tak hanya itu, hamparan pasir putih di tempat ini memang mengesankan. Hanya saja sempat tersiar kabar bahwa kawasan ini tidak digunakan oleh masyarakat.

Ada juga yang mengizinkan. Kawasan pantai marina dikelola oleh PT. Badak NGL. Obyek wisata ini memiliki laut yang biru dengan langit yang selalu cerah. Terutama saat matahari terbenam. Sungguh pemandangan romantis yang disuguhkan.

Nah, alasan utama kenapa kawasan ini masih dijadikan polemik. Karena kawasan pantai marina merupakan kawasan minyak dan gas. Bisa berbahaya bagi wisatawan yang berkunjung ke tempat ini.

4. Pantai Pulau Gusung

Pantai Pulau Gusung via Instagram.com @irvanwvisual]Pantai Pulau Gusung via Instagram.com @irvanwvisual]

harga tiket: -; map: pemeriksaan situs
Alamat: Guntung, Kec. Bontang Utara, Kota Bontang, Kalimantan Timur

Pulau Gusung dihuni oleh sekitar 300 keluarga. Pantai Baru di Bontang, sebagian besar penduduknya berprofesi sebagai nelayan. Jadi, wisatawan bisa membeli ikan segar di sini. Wisatawan juga bisa mancing sendiri di tempat-tempat yang sudah menjadi spot mancing langganan.

Sebab, baru dikembangkan sebagai kawasan wisata. Wisatawan disarankan untuk membawa makanan dan minuman. Kios-kios di sini tidak terlalu ramah. Namun, pantai pribadinya sangat ramah. Dengan birunya air dan jernihnya kawasan ini, wajib bagi wisatawan untuk datang ke tempat ini.

Pantai yang satu ini bisa Anda capai dengan melewati Pelabuhan Loktuan, Pelabuhan Tanjung Limau atau di Bontang Kuala melalui jalur laut speedboat. Dengan estimasi waktu tempuh hingga 20-25 menit untuk mencapai Pulau Gusung.

Di Pulau Gusung ini wisatawan bisa bermain di pantai, memancing dan memanggang ikan hasil tangkapannya sepuasnya. Ada lapangan untuk fasilitas yang ada di pantai tembakan dikelola oleh LPM setempat.

Kunjungi juga: 40 Tempat Wisata di Balikpapan

5. Pantai Segajah

Pantai Segajah melalui Facebook.com @aldy.sadewaPantai Segajah melalui Facebook.com @aldy.sadewa?

harga tiket: -; map: pemeriksaan situs
Alamat: Bontang Kuala, Kec. Bontang Utara, Kota Bontang, Kalimantan Timur

Selain itu, Tempatwisataseru.com merekomendasikan untuk menjadikan pantai Segajah sebagai destinasi wisata bersama keluarga tercinta. Pantai ini sangat unik karena pantai ini hanya muncul saat air laut surut. Saat air di pantai, pantai gajah ini tertutup air laut yang membuatnya tidak terlihat.

Pantai gajah ini mungkin tidak seperti yang diharapkan oleh sebagian orang yang menganggapnya besar namun merupakan pantai mini namun terkenal sangat indah.

Pantai Segajah menyuguhkan pemandangan hamparan laut lepas yang pastinya menyejukkan mata. Dengan pasir putihnya juga menjadi salah satu daya tarik Pantai Segajah.

Pantai Segajah ini sendiri sangat dekat dengan pusat kota Bontang. Bagi anda yang ingin berkunjung ke pantai ini sebaiknya datang pada pagi hingga sore hari, karena pantai ini biasanya tertutup air laut oleh pasang surut pada malam hari.

6. Pantai gelisah

Pantai Galau melalui YoutubePantai Galau melalui Youtube

harga tiket: Rp5.000; map: pemeriksaan situs
Alamat: taman laut yang indah, Kabupaten Bontang Selatan. Kalimantan Timur

Rekomendasi pantai Bontang terbaru dari Tempatwisataseru.com adalah Pantai Galau yang terletak di ujung Tanjung Laut Indah di kecamatan Bontang Selatan. Disebut Pantai Galau karena anak-anak muda yang sering datang ke sini bingung pada awalnya.

Wisatawan biasanya berduyun-duyun ke pantai ini pada sore hari ketika momen matahari terbenam terlihat sangat indah, sehingga pantai ini sering dibicarakan di media sosial.

Pantai Galau bisa menjadi alternatif murah dan praktis bagi wisatawan yang ingin bersantai di akhir pekan. Karena wisatawan hanya membayar biaya kebersihan sebesar Rp 5.000.

menutup

Tidak ada salahnya wisatawan menghabiskan kawasan pantai di Bontang atau memberikan waktu khusus. Tidak ada yang sebanding dengan keindahannya atau mengungkapkannya dengan kata-kata. Ayo ke Bontang dan rasakan suasana pantai yang sangat menawan.

Kunjungi juga: Pantai Derawan, Kalimantan Timur

Source: tempatwisataseru.com

Related Articles

Back to top button