Berita Wisata

Anggaran Minim, Aceh Timur Berharap Pemerintah Pusat Bantu Pengembangan Pariwisata : Okezone Travel

PEMERINTAH DAERAH Aceh Timur, Provinsi Aceh berharap pemerintah pusat membantu mengembangkan pariwisata di daerahnya agar semakin banyak wisatawan yang berkunjung.

Kepala Seksi Pengembangan Potensi Objek dan Kawasan Wisata Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Aceh Timur Dody Handoko mengungkapkan, Pemkab Aceh Timur terkendala keterbatasan anggaran untuk pengembangan pariwisata.

“Kekurangan anggaran menghambat upaya peningkatan dan pengembangan pariwisata. Salah satunya dukungan infrastruktur untuk sektor pariwisata,” ujarnya mengutip Di antara.

Menurut Dody, Kabupaten Aceh Timur memiliki sejumlah destinasi wisata yang kini mulai berkembang. Seperti sejumlah wisata alam, air terjun dan pantai.

Infografis Pangan Banda Aceh

Begitu pula dengan wisata sejarah, mulai dari wisata religi hingga wisata kuliner yang potensinya merata di Kabupaten Aceh Timur. Namun, infrastruktur yang buruk telah menghambat pembangunannya.

Seperti akses jalan yang kurang memadai, kurangnya tempat parkir kendaraan, mushola, toilet dan lain-lain.

“Peremajaan dan penyediaan infrastruktur membutuhkan dukungan masyarakat sekitar dan anggaran pemerintah pusat. Tanpa dukungan, pengembangan objek wisata sulit dilakukan,” ujarnya.

Baca juga : Saatnya anak muda bangkit bersama untuk Indonesia bersama Astra

Selain itu, Kabupaten Aceh Timur juga memiliki hutan bakau yang luas, mencapai ratusan hektar. Jika hutan mangrove ini dikembangkan menjadi tujuan wisata, maka dapat menggusur dan meningkatkan perekonomian masyarakat.

Hanya saja, pihaknya belum fokus mengembangkan hutan mangrove menjadi destinasi wisata karena keterbatasan anggaran. Padahal, jika melihat potensinya, cukup menjanjikan.

“Kalau jadi tujuan wisata, hutan mangrove bisa lestari dan menjadi paru-paru dunia,” kata Dodi.

Infografis destinasi wisata super prioritas

Oleh karena itu, Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Aceh berharap pemerintah pusat mengembangkan sektor pariwisata di daerah tersebut. Perkembangan pariwisata memberikan dampak yang besar bagi perekonomian masyarakat.

“Pengembangan sektor pariwisata tidak hanya dapat dilakukan oleh pemerintah daerah atau kabupaten, tetapi juga memerlukan dukungan pemerintah pusat,” ujarnya.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button