Tempat Wisata

Nusa Lembongan Bali – Pemandangan, Aktivitas Liburan, Tempat & Biaya Perjalanan

Pemandangan, Aktivitas Liburan, Fasilitas, Tempat & Biaya Perjalanan – Nusa Lembongan salah satu pulau kecil dan eksotis di Bali yang berada di dekat Nusa Ceningan. Wisata laut yang menawarkan keindahan alam yang menakjubkan dan menarik untuk dijelajahi saat berlibur.

Biaya Tur: Mulai dari Rp 275.000, Waktu aktif: 24 jam, Alamat: Jungutbatu, Kec. Nusapenida, Kab.Klungkung, Bali; map: Cek lokasi

Bali memiliki berbagai tempat menarik yang bisa dikunjungi wisatawan. Keindahannya tidak hanya terletak di pulau utama tetapi juga di pulau-pulau sekitarnya. Salah satunya adalah Nusa Lembongan.

Keberadaan destinasi wisata yang satu ini sangat dekat dengan Nusa Penida Bali. Tempatnya persis di sebelah Pulau Ceningan. Bahkan kedua pulau tersebut dihubungkan oleh sebuah jembatan yang eksotis dengan warna-warna yang begitu menawan.

Ada berbagai alasan mengapa tempat wisata ini ramai dikunjungi pengunjung. Setelah ditelusuri lebih jauh, ada beberapa tempat di pulau ini yang bisa memukau setiap pengunjung. Seperti destinasi Bali lainnya, pulau ini menawarkan berbagai lokasi eksotis kelas dunia.

Tempat Wisata Nusa Lembongan Bali

Wisata Nusa Lembongan BaliKredit Gambar: Google Maps Tolak Sufriawan

1. Eksotisme pantai

Saat berkunjung ke pulau cantik ini, wisatawan bisa mengunjungi beberapa pantai sekaligus. Ada lebih dari satu pantai di sana. Pengunjung pasti akan mendapatkan pengalaman berbeda saat singgah di destinasi ini.

Salah satu dari sekian banyak pantai di pulau ini adalah Pantai Jungut Batu. Permukaan pasirnya berwarna putih kekuning-kuningan yang membuat tempat ini terlihat begitu eksotis. Teksturnya juga lembut sehingga bisa dinikmati oleh para wisatawan yang mengikutinya.

Nama tempat mencerminkan kondisi yang berlaku di sana. Pantainya banyak bebatuan. Hal ini membuat destinasi kurang cocok untuk berenang. Namun, keindahan pantainya tentu sayang jika tidak dinikmati saat singgah di sana.

Jika Anda mencari tempat yang tepat untuk berenang, Anda bisa mengunjungi Mushroom Bay. Terletak di sebuah teluk, pantai berpasir putih memukau setiap orang yang memandangnya. Air laut di sekitarnya terlihat begitu jernih dan ombaknya terlihat cukup tenang.

Perbatasan pantai adalah bukit tebing, yang di atasnya juga terdapat beberapa tempat berteduh. Dikenal sebagai Mushroom Bay, objek-objek tampak begitu padat di sana. Pasalnya, tempat tersebut tak hanya pantai, tapi juga dermaga kapal cepat.

Kunjungan ke teluk membuat liburan begitu indah. Wisatawan bisa berenang dengan bebas di pantai. Kemurnian air dan ombaknya yang tidak terlalu besar membuat aktivitas ini aman untuk dilakukan. Beberapa aktivitas seperti snorkeling juga bisa dilakukan di teluk ini.

Selain kedua pantai tersebut, Nusa Lembongan memiliki bagian pantai lain yang ditawarkan. Tempat itu sering disebut Pantai Impian. Ini adalah pantai paling populer di pulau kecil ini. Hamparan pasirnya berwarna putih dan kondisinya sangat bersih.

Padahal, kebersihan tempat ini yang paling diperhatikan pengelola agar objek wisata itu bisa terpelihara dan dirawat dengan baik. Itu membuat perjalanan ke sana nyaman. Air lautnya juga terlihat begitu jernih sehingga menyatu sempurna dengan pasir pantai.

Keberadaannya terletak di sebuah teluk, sehingga panoramanya terlihat semakin eksotis. Berkunjung ke pantai ini dilakukan oleh hampir semua orang yang ingin berwisata ke pulau Lembongan. Tempat ini dikelilingi oleh beberapa tebing yang membuatnya tampak tersembunyi.

2. Keajaiban indah hutan bakau

Pulau Lembongan tidak hanya melestarikan hamparan pantai, tetapi juga fitur alam lainnya. Salah satunya adalah pohon bakau di daerah yang cukup terpencil di pulau ini. Lokasinya dekat dengan pantai di ujung pulau.

Wisatawan bisa menikmati aktivitas seru di Nusa Lembongan dengan mendayung sampan tradisional. Beberapa saluran tersedia untuk akses lebih lanjut ke hutan mangrove ini. Pemandangan di sana terlihat begitu alami dan menyegarkan mata. Di ujung hutan ini Anda akan melihat keindahan laut. Pengunjung juga bisa melihat Gunung Agung Bali dari jauh.

3. Wisata Gua Gala Gala yang Unik

Tempat Wisata di Nusa Lembongan BaliSumber gambar: Google Maps Minar Uz Zaman

Lagi-lagi pulau yang terletak tidak jauh dari Bali ini memiliki daya tarik wisata yang tak kalah menarik. Situs ini berbentuk beberapa terowongan bawah tanah dengan kedalaman sekitar 7 meter. Tempat itu sebenarnya adalah sebuah rumah yang sengaja dibangun di bawah tanah.

4. Pemandangan indah dari Devil’s Tear

Resor wisata di tepi laut ini menawarkan pengaturan alam yang tidak biasa. Ada berbagai tebing yang cukup curam. Suasana cukup riuh saat deburan ombak laut menghantam tebing karang. Air laut disemprotkan ke atas.

Banyak yang menganggap tempat wisata yang satu ini mirip dengan tempat wisata Water Blow di Nusa Dua Bali. Hal ini tidak mengherankan karena luasnya tebing yang dihempas ombak laut membuatnya begitu mirip. Letusan air laut juga menciptakan pelangi ketika sinar matahari menyinarinya.

Waktu terbaik yang disarankan untuk mengunjungi properti ini adalah saat matahari terbenam. Pada saat ini, pemandangan yang disajikan akan membuat latar belakang foto menjadi lebih indah. Penampakan tersebut berpadu dengan air laut yang memantul ke atas.

5. Penampilan jembatan kuning klasik

Jembatan ini pernah runtuh dan dibangun kembali sebelum tahun 2016 dengan nama baru “Jembatan Cinta”. Tempat ini merupakan spot foto paling populer di pulau ini. Bentuk dan warnanya menciptakan nuansa klasik. Pemandangan yang disuguhkan pun begitu menakjubkan.

Tampilan di sana juga semakin indah karena berlatar belakang pepohonan hijau dan laut biru yang mempesona. Jembatan ini menghubungkan Nusa Lembongan dengan Pulau Ceningan. Jarak antara kedua pulau ini sangat kecil, sehingga jembatan ini tidak akan terlalu panjang.

Alamat dan rute menuju lokasi Nusa Lembongan

Alamat Nusa LembonganKredit Foto: Google Maps Hanks Wu (Apocalypse)

Pulau wisata ini terletak di Selat Badung. Jarak ke Pulau Ceningan begitu dekat. Lokasinya kurang lebih 2 kilometer barat laut dari destinasi wisata terkenal Nusa Penida. Benar, itu terletak di pulau Bali, yang berjarak 11 kilometer di sisi tenggara.

Pulau yang merupakan bagian dari Kabupaten Klungkung ini memiliki panjang sekitar 4,6 kilometer dan panjang sekitar 1 hingga 1,5 kilometer. Ada beberapa akses untuk menuju ke sana, namun tentunya dengan transportasi laut. Banyak pelabuhan di pulau Bali yang menawarkan perahu untuk menuju ke sana.

Namun, lokasi objek tersebut berada di dekat Bali bagian selatan. Oleh karena itu, ada 2 titik yang cocok untuk memulai penyeberangan menuju ke sana yaitu Pelabuhan Serangan dan Sanur.

Biaya Perjalanan Wisata Nusa Lembongan

Biaya Perjalanan Wisata Nusa LembonganSumber gambar: Google Maps Pete

Tentunya untuk sampai ke pulau tersebut Anda harus membayar sejumlah biaya untuk naik speedboat. Dari Serangan ke sana dikenakan biaya Rp 275.000 per orang. Biayanya naik menjadi Rp 400.000 jika Anda melakukan perjalanan keliling pulau. Jika menggunakan kapal yang lebih mewah, harganya akan berkali-kali lipat.

Meskipun biaya menuju ke sana dari Pelabuhan Sanur bisa lebih murah, itu masih tergantung pada kualitas dan jenis armada yang dinaiki. Ada kapal di sana yang menawarkan tiket dengan harga sekitar Rp 75.000 per orang. Jika Anda menggunakan speedboat dari sana, Anda harus membayar biaya sekitar dua kali lipat.

Hal menarik yang bisa dilakukan di Nusa Lembongan

Aktivitas Menarik Nusa LembonganKredit foto: Google Maps

1. Menjelajahi keindahan pulau

Hal ini tentu menjadi sesuatu yang wajib ketika Anda berada di sana. Pulau yang tidak terlalu besar ini memiliki setiap inci pesonanya untuk dijelajahi. Ada beberapa lokasi yang cocok untuk siapa saja yang mendekat untuk menjelajah. Pengunjung tidak hanya akan menikmati pantai, tetapi juga beberapa destinasi lainnya.

2. Nikmati laut di sekitarnya dengan scuba diving

Wisatawan yang berlibur di pulau eksotis ini tidak hanya bisa menjelajah daratan, tapi juga laut. Ada beberapa spot yang cocok untuk kegiatan yang satu ini, salah satunya di Pantai Jungut Batu. Ada juga beberapa persewaan peralatan untuk scuba diving.

3. Berenang dan nikmati kesegaran air laut

Ada beberapa spot berenang di kawasan pulau Nusa Lembongan, antara lain Mushroom Bay. Tempat yang awalnya bernama Pantai Tanjung Sanghyang ini memiliki pemandangan alam yang cocok untuk para wisatawan berenang. Selain tempat-tempat tersebut, Dream Beach bisa menjadi salah satu tempat yang tepat untuk menikmati air laut.

4. Snorkeling

Wisatawan juga dapat menikmati gambar bawah laut dalam kegiatan tersebut. Beberapa titik menawarkan peralatan snorkeling, antara lain Jungle Beach dan Hutan Mangrove. Snorkeling di sana, pengunjung dapat menemukan ikan yang jarang ditemukan di tempat lain, termasuk mola-mola dan pari manta.

5. Memotret

Hal ini tentu saja mungkin terjadi di hampir semua sisi pulau. Beberapa rekomendasi tempat yang perlu untuk fotografi adalah Yellow Bridge dan Devil’s Tear.

Penginapan murah di sekitar Nusa Lembongan

Penginapan murah di sekitar Nusa LembonganKredit foto: Google Maps Wedang Kopi

1. Hotel Paus Putih Nusa Lembongan

Penginapan ini cukup murah dengan berbagai fasilitas yang ditawarkannya. Beberapa di antaranya adalah AC, wifi, kolam renang, restoran, parkir, hingga ruang depan yang bisa digunakan untuk pengunjung.

2. Pondok Pantai

Hotel minimalis ini bisa disewa dengan harga per kamar yang bagus. Pengunjung juga dapat menggunakan beberapa fasilitas seperti AC dan WiFi. Lokasinya juga berada di salah satu destinasi wisata terpopuler di pulau ini, yaitu Pantai Jungut Batu.

3. Gubuk taman di Sandy Bay

Lokasinya yang strategis dekat dengan beberapa destinasi wisata seperti Devil’s Tear, Sanday Bay dan Dream Beach. Penginapan mewah ini menawarkan fasilitas yang lengkap kepada pengunjung. Beberapa di antaranya adalah AC, WiFi, hingga kolam renang.

4. Bungalo Singkong

Guest house kelas menengah ini terletak di sebelah Sandy Bay. Pengunjung dapat menggunakan berbagai penawaran seperti AC, WiFi, kolam renang dan restoran.

Fasilitas yang tersedia di Nusa Lembongan Bali

Fasilitas Nusa Lembongan BaliKredit foto: Google Maps goto ryohei

Mengunjungi objek wisata ini berarti Anda tidak perlu khawatir dengan fasilitas yang tersedia. Pengelola menawarkan berbagai hal seperti penyewaan berbagai peralatan untuk snorkeling dan menyelam, berbagai restoran dan akomodasi. Di banyak objek juga terdapat toilet dan tempat duduk untuk menikmati pemandangan alam pulau.

Nusa Lembongan Bali memiliki beberapa hal yang bisa membuat liburan menjadi menyenangkan. Banyak tempat di sana yang begitu cocok menjadi pilihan wisata Anda. Pengelola juga menawarkan kepada pengunjung berbagai hal untuk dinikmati saat singgah di pulau yang mempesona ini.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button