Berita Wisata

Akhir Pekan Jika ingin berwisata alam dengan mobil, berikut tipsnya!

Memuat…

Mengunjungi bagian luar dengan mobil memerlukan persiapan khusus, khususnya memeriksa berbagai bagian kendaraan. Foto: Sindonews/Danang Arradian

JAKARTA – Berkunjung ke alam terbuka seperti air terjun, pantai, perbukitan, taman di akhir pekan menjadi pilihan aktivitas refreshing bagi sebagian warga Jakarta. Misalnya di Puncak, Bogor yang jaraknya sekitar 90 km dan memakan waktu 2 jam perjalanan darat dari ibu kota.

Medan jalan yang cukup ekstrim, berkelok-kelok, tanjakan terjal dan jalan yang sempit tentunya membutuhkan bantuan kendaraan yang terampil dan keterampilan berkendara yang handal.

Selain itu, National Sales Manager Passanger Car Radial PT. Hankook Tire Sales Indonesia, Apriyanto Yuwono menjelaskan, yang sering diabaikan saat berkendara di alam bebas adalah ban.

“Ban berfungsi sebagai tenaga penggerak, penopang beban dan penunjang stabilitas saat melewati berbagai medan. Ban kempes atau ban kempes merupakan salah satu pemicu kecelakaan yang sering terjadi di Indonesia,” ungkapnya.

Apriyanto beberapa tips bagi pengendara yang ingin berwisata ke destinasi outdoor:

1. Estimasi jarak
Akhir Pekan Jika ingin berwisata alam dengan mobil, berikut tipsnya!

Dengan mengetahui jarak tempuh, Anda bisa mempersiapkan kebutuhan bahan bakar, kondisi ban, tool kit dan perlengkapan darurat lainnya.

Khusus untuk ban, Anda memerlukan karakteristik ban dengan desain tapak yang lebih kasar dan elastis agar lebih aman dan nyaman untuk melintasi berbagai jenis medan. Ban harus memiliki kemampuan pengereman yang baik di jalan basah maupun kering.

2. Tetap fokus
Dirjen Perhubungan Darat Budi Setyadi menjelaskan, 61% kecelakaan disebabkan oleh faktor manusia.

Oleh karena itu, hindari penggunaan ponsel, multitasking dengan aktivitas lain dan rasa mengantuk saat mengemudi serta pastikan istirahat yang cukup dan hindari konsumsi obat-obatan yang dapat memicu kelemahan dalam terbang.

3. Jaga muatan kendaraan
Untuk kendaraan jenis MPV atau SUV disarankan maksimal 8 orang termasuk pengemudi, dengan berat maksimal 3.500 kilogram.
Anda mungkin melihat kombinasi kode angka dan huruf pada ban yang menunjukkan peringkat beban per ban mobil.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button