Tempat Wisata

Bukit Cumbri Wonogiri, menikmati keindahan negeri di atas awan

Bukit Cumbri salah satu wisata alam bertemu berupa perbukitan yang terletak di perbatasan 2 kabupaten yaitu Wonogiri dan Ponorogo. Dikenal sebagai negeri di atas awan untuk menikmati matahari terbit dan pemandangan alam yang menakjubkan.

harga tiket: Rp2.000, Waktu aktif: 24 jam, Alamat: JL.Kepyar, Kec. Purwantoro, Kab.Wonogiri, Jawa Tengah; map: Cek lokasi

Bukit Cumbri adalah salah satu bukit di Wonogiri, Jawa Tengah. Bukit ini memiliki ketinggian sekitar 683 meter di atas permukaan laut yang tertutup awan saat Anda berada di atasnya. Tak asing dengan bukit itu, warga setempat menyebutnya Gunung Cumbri.

Tempat ini menjadi populer sejak foto-foto eksotis mulai beredar di media sosial. Mulai dari indahnya matahari terbit dan terbenam, suasana di atas awan, hingga jalanan yang curam dan sempit mengundang adrenalin di tempat ini. Banyak sekali pengunjung yang datang ke tempat ini untuk hiking.

Nah, jika Anda ingin berlibur ke Bukit Cumbri, ada baiknya membaca artikel ini sampai habis untuk mendapatkan informasi mengenai bukit ini, baik dari segi fasilitas, harga tiket, maupun hal-hal menarik yang bisa dilakukan. Supaya liburan Anda lebih tertata.

Atraksi yang dimiliki Cumbri Hills

Atraksi Cumbri WonogiriSumber Gambar: Google Maps Fendy Sapto

1. Panorama matahari terbit dan terbenam

Fenomena sunset dan sunrise memang menjadi keistimewaan tersendiri bagi setiap wisatawan yang berlibur di suatu tempat wisata. Tak terkecuali Bukit Cumbri ini, di mana matahari terbit dan terbenam menarik perhatian pengunjung.

Ini adalah momen yang sangat pas untuk disaksikan. Sambil menikmati sejuknya udara pagi atau suasana menenangkan saat langit berubah jingga.

2. Keindahan negeri di atas awan

Bukit Cumbri memiliki panorama yang jarang ditemukan, mungkin ada beberapa tempat di Indonesia yaitu hamparan awan putih yang mengelilingi tebing di sekitarnya. Di mana Anda bisa memanjat tebing untuk mengalami fenomena alam ini.

Inilah mengapa hits milenial datang ke sini untuk berfoto selfie. Tutupan awan menyerupai lautan. Pokoknya itu sangat indah saya tidak percaya Anda bisa melihatnya di YouTube.

3. Panorama yang menakjubkan

Di tempat ini Anda akan menemukan panorama yang menakjubkan. Apalagi saat cuaca cerah, bukit ini tampak seperti memiliki dua bukit yang puncaknya saling berhadapan. Satu menghadap ke barat dan yang lainnya menghadap ke timur seolah-olah mereka akan berdebat.

Puncak bukit di sebelah timur lebih tinggi dari puncak bukit di sebelah barat. Puncaknya memiliki struktur bawah yang tidak rata karena banyaknya batuan yang tidak beraturan. Jadi keadaan jiwa dan raga harus benar.

Alamat dan rute menuju lokasi Bukit Cumbri

Alamat Bukit Cumbri WonogiriSumber Gambar: Google Maps Fany Cahyawati

Alamat lengkap tempat ini adalah Kepyar, Purwantoro, Pagerukir, Sampung yang terletak di Kabupaten Wonogiri provinsi Jawa Tengah. Namun, sebenarnya letak bukit ini berada di antara Kabupaten Ponorogo dan Kabupaten Wonogiri. Ada beberapa alternatif untuk rute itu sendiri.

Pertama anda bisa menggunakan google maps atau sejenisnya untuk mengetahui lokasi ini. Namun, jika Anda dari kota Madiun, Anda bisa pergi ke Ponorogo. Setibanya Anda bisa pergi ke desa dan selanjutnya ke Pagerukir.

Kedua, jika Anda berangkat dari Solo, Anda bisa menuju jalan Wonogiri yang mengarah ke jalur Ponorogo. Sebelum sampai di gerbang yang bertuliskan Selamat Datang di Kota Ponorogo, Anda boleh belok kiri. Setelah itu langsung saja menuju Desa Biting di Purwantoro. Kemudian Anda bisa mengikuti petunjuk arah menuju Bukit Cumbri.

Untuk mengikuti tour ini, Anda bisa menggunakan perusahaan rental mobil murah atau membawa kendaraan sendiri. Namun, Anda harus berjalan kaki untuk sampai ke tempat wisata alam tersebut. Ada 4 jalur pendakian.

Rute pertama melewati Desa Pagerukir, Kecamatan Sampung di Ponorogo, dan 3 rute lainnya melewati Wonogiri. Jalur pejalan kaki dari Wonogiri adalah Dusun Kepyar yang berada di pintu barat, Dusun Sumber adalah pintu tengah dan pintu timur melalui Dusun Jatisari.

Harga Tiket Masuk Bukit Cumbri Wonogiri

Tiket Bukit Cumbri WonogiriSumber gambar: Google Maps bayu andika

Pesona negeri dongeng Cumbri Hills yang indah menarik tiket masuk yang cukup murah, yakni hanya Rp 2.000 per orang. Namun, Anda harus membayar parkir lagi.

Jangan khawatir, biaya parkirnya murah, untuk roda empat hanya Rp 5.000 sedangkan untuk roda dua hanya Rp 3.000. Bukit indah ini juga bisa Anda nikmati setiap hari bahkan setiap jam, menit dan detik. Karena jam bukanya adalah 24 jam.

Anda juga bisa bermalam di tempat ini dan ada biaya tambahan. Cukup murah untuk biaya ekstra untuk berkemah di Bukit Cumbri yang indah ini yaitu hanya Rp 10.000. Biaya tersebut digunakan untuk tambahan parkir, sehingga Anda tidak perlu khawatir dengan keamanan kendaraan Anda.

Hal menarik yang dapat dilakukan di Cumbri Hills

Kegiatan Cumbri WonogiriSumber Gambar: Google Maps Nalendra Putra

1. Nikmati pemandangan yang indah

Seperti yang sudah disebutkan, tempat ini memiliki pemandangan yang sangat indah dan menarik untuk Anda nikmati. Mulai dari senja hingga malam, mega merah di pagi hari, puncak bukit di arah yang berlawanan, hingga suasana di atas awan seperti di negeri dongeng.

Selain itu, di musim hujan, Anda juga bisa melihat hamparan rumput liar dan beberapa pepohonan hijau. Karena saat musim kemarau pemandangannya terlihat kering.

Dengan berbagai pemandangan yang indah, Anda juga bisa membiarkan jiwa Anda menjuntai. Tempat ini juga cocok untuk kamu yang berprofesi sebagai vlogger di bidang pecinta alam. Selain mempromosikan pariwisata di Indonesia, juga harus menjaga kelestarian dan keindahan pariwisata ini dengan tidak menimbulkan kerusakan.

2. Berburu foto dan video

Tujuan utama yang hits milenial bagi wisatawan anak yang sedang berlibur adalah hunting foto. Bukit Cumbri menjadi populer karena foto-foto anak milenial di media sosial. Bahkan sampai banyak yang mengantri untuk berfoto di lantai atas.

Ini adalah bukti kekuatan luar biasa media sosial di era Teknologi Industri 4.0. Selain itu, spot foto di tempat ini juga sangat banyak dan sangat instagramable.

Anda juga bisa menikmati panorama alam bukit Cumbri ini. Cukup gunakan alat seadanya seperti kamera smartphone Anda dengan sedikit semprotan filter, tambahkan beberapa hashtag saat memposting, pasti FYP (For Your Page) di aplikasi pembuat video Anda.

3. Berkemah

Tempat ini memiliki sunrise yang indah jadi rugi jika tidak melihatnya. Jika rumah Anda jauh, tidak mungkin untuk tidak melihatnya. Oleh karena itu, berkemah adalah solusi terbaik.

Tidak hanya keindahan fajar, tetapi juga keindahan senja, yaitu silih bergantinya siang dan malam. Itu pasti panorama yang sangat bagus. Ditambah lagi dengan musik strumming yang Anda dengarkan bersama teman-teman Anda, yang membuat momen ini sangat menyenangkan.

Namun jangan lupa membawa makanan, minuman dan jaket hangat. Karena tempat ini tidak memiliki fasilitas seperti kantin atau warung dan cuaca pada malam hari sangat dingin.

4. Mendaki

Pencinta trekking sangat cocok jika berlibur di tempat ini. Karena tempat ini sangat menantang adrenalin Anda. Perjalanan dari tempat parkir ke puncak bukit memakan waktu sekitar satu jam. Selain itu, jalannya juga sangat dipenuhi bebatuan tidak beraturan yang membuat struktur tanah menjadi tidak rata.

Oleh karena itu, jangan lengah dalam trekking karena bisa berbahaya. Juga, di kedua sisi jalan terdapat ngarai yang sangat curam dengan jalan yang sangat sempit. Angin juga bertiup cukup kencang jika Anda berada di ketinggian.

Apakah Anda merasa tertantang untuk trekking di tempat ini? Persiapkan tubuh Anda dan peralatan yang akan Anda butuhkan terlebih dahulu. Sehingga liburan menjadi menyenangkan tanpa harus membahayakan diri sendiri.

Fasilitas wisata di Bukit Cumbri

Fasilitas Cumbri WonogiriKredit foto: Google Maps Dwianto saja

Wisata ini tergolong baru popularitasnya, sehingga belum ada fasilitas yang dapat menunjang kebutuhan wisatawan. Tempat parkirnya jauh dari area pendakian yang terletak di pemukiman warga sekitar. Bahkan di kawasan puncak bukit pun masih belum ada fasilitas yang dibutuhkan wisatawan.

Oleh karena itu, sebaiknya periksa kendaraan Anda dan persiapkan tubuh Anda agar tetap sehat. Fasilitas parkir juga tidak ada di daerah perbukitan, jadi lebih baik membawa makanan, minuman dan obat-obatan dari rumah.

Minimnya fasilitas yang ada dikarenakan letak bukit yang biasanya ditempuh dengan berjalan kaki. Karena jalannya sempit dan terjal serta jurang yang sangat curam. Jadi Anda harus benar-benar berhati-hati.

Namun, ada keistimewaan alam yang ditawarkan Bukit Cumbri sendiri, yaitu pesona alamnya yang mempesona. Tentu tidak akan mengecewakan Anda yang berjuang menuju puncak bukit.

Demikian beberapa informasi tentang Bukit Cumbri yang lebih dikenal. Tentu Anda tidak ingin ketinggalan tren foto di tempat ini bukan? Pastinya akan sangat seru dan akan menantang adrenalin Anda.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button