Tempat Wisata

Harga Tiket & Aktivitas Menarik Pantai Pelabuhan Ratu Desember 2022

Harga Tiket Masuk Pantai Pelabuhan Ratu : Rp 3.000 – Rp 30.000 Jam : 24 jam No Telepon : -Alamat : Pelabuhan Ratu, Pelabuhanratu, Sukabumi, Jawa Barat, Indonesia, 43364

Sukabumi dikenal sebagai daerah pesisir dengan pantai yang indah. Salah satunya dan yang paling ikonik adalah Pantai Pelabuhan Ratu. Pantai dengan sejuta pesona yang memikat hati wisatawan lokal maupun mancanegara. Dan selain keindahan pantainya, wisatawan juga disuguhi berbagai atraksi lainnya.

Beberapa kegiatan yang paling umum adalah berselancar, menunggang kuda, atau memancing. Pantai ini juga memiliki mitos yang diyakini secara turun temurun oleh masyarakat setempat. Yang telah berkembang menjadi khalayak luas menuju para wisatawan. Terlepas dari sejarah mistisnya, pantai ini tetap layak dikunjungi untuk berlibur.

Harga Tiket Masuk Pantai Pelabuhan Ratu

Tempat wisata ini menawarkan harga yang sangat terjangkau. Tarif ini ditetapkan per kendaraan yang digunakan wisatawan. Jadi tidak dihitung per orang untuk harga tiketnya.

Biaya masuk
pejalan kaki Rp3.000
sepeda motor Rp 8.000
mobil Rp 20.000
bis-bis Rp30.000

Baca : Tiket GEOPARK CILETUH & Pesona Alam

Jam buka Pantai Pelabuhan Ratu

Obyek wisata ini bisa dinikmati kapan saja. Dari pagi hingga sore selalu ada aktivitas wisata di pantai ini.

jam operasi
Setiap hari 24 jam

Menikmati keindahan alam Pantai Pelabuhan Ratu

ombak di pantaiombak di pantai. Foto: Gmap/wahyu hidayatullah

Pantai Pelabuhan Ratu merupakan tempat yang sepertinya wajib dikunjungi saat musim liburan tiba. Di sekitar pantai, wisatawan bisa melihat hamparan lautan luas yang jernih dengan gulungan ombak. Tak heran, karena pantai ini terletak tepat di Samudera Hindia yang luas. Angin bertiup cukup kencang, namun Anda tetap merasa nyaman.

Pantai ini memiliki tingkat landai, namun ada juga bagian yang terjal. Pasir lembut akan langsung menyapa wisatawan begitu menginjaknya. Warna cokelatnya semakin terlihat jelas saat dihanyutkan ombak. Tidak berhenti sampai di situ saja, pantai ini seakan memiliki segala pemandangan pantai yang indah.

Beberapa bebatuan karang dari kecil hingga besar turut mempermanis pemandangan pantai. Di depan pantai, wisatawan juga bisa melihat barisan pegunungan yang panjang. Di kawasan pantai kemudian terasa rindang dengan rimbunnya pepohonan hijau. Tak heran jika pantai ini menjadi favorit karena memiliki hampir semua keindahan di satu tempat.

Baca: Tiket CURUG CIKASO Sukabumi & Pesona

berselancar di ombak

Menaklukkan ombak Pantai Pelabuhan RatuMenaklukkan ombak Pantai Pelabuhan Ratu. Foto: Gmap/Indra Hutagalung

Pantai Pelabuhan Ratu memiliki karakteristik ombak yang tinggi. Meski berbatu, masih ada titik-titik yang tidak ada batunya. Area yang cocok untuk berselancar. Setidaknya ada 9 titik yang bisa menjadi pilihan para peselancar.

Itu adalah Karang Sar, Pantai Samudra, Cimaja, Indikator, Batu Guram, Sunset Beach. Ada di sana juga Ujung Genteng, Tujuh Ombak dan Karang Haji. Bahkan ombak di Cimaja Point mencapai ketinggian 4 meter. Yang tentunya sangat cocok untuk surfing, dan tidak jarang turis mancanegara juga yang surfing disini.

Karena ombaknya yang tinggi, area ini hanya direkomendasikan untuk peselancar profesional. Selain ombak, keberadaan bebatuan juga menjadi alasan mengapa para pemula tidak disarankan untuk berselancar di sini.

Baca: Tiket & Atraksi di Surya Kencana Square

Acara ritual “Festival Laut”.

Keunikan lain dari Pantai Pelabuhan Ratu adalah adanya ritual Pesta Laut di sini. Ritual ini biasanya diadakan untuk memperingati Hari Nelayan. Acaranya sendiri berupa arak-arakan budaya bahari masyarakat pesisir Sunda. Ritual ini sudah ada sejak zaman dahulu.

Dalam ritual bahari ini, masyarakat adat membuang kepala kerbau dan sesajen lainnya ke tengah laut. Ini merupakan ungkapan rasa syukur kepada Tuhan atas karunia menangkap ikan. Selain sesaji, ada acara lain yang mengiringi prosesi ritual ini. Seperti kesenian daerah yang disimbolkan dalam tarian yang mengiringi sepasang raja dan ratu.

Pertunjukan hiburan juga biasanya diadakan pada hari yang sama. seperti boneka, marching band, tarian dan lainnya. Ada juga kegiatan lain seperti bakti sosial, hingga berbagai lomba. Sehingga saat event ini berlangsung, pantai akan semakin ramai dan semarak.

Baca: Sparks Forest Adventure Sukabumi Resort Rekreasi Lengkap

Menunggang kuda di sekitar pantai

Berkendara di pantaiBerkendara di pantai. Foto: Gmap/Peter Kambey

Jalan-jalan di pantai memang mengasyikkan saat menginjakkan kaki langsung di atas pasir yang lembut. Selain jalan-jalan, wisatawan juga bisa menyewa kuda di pantai ini. Bisa dikemudikan oleh satu orang atau dua orang. Dengan asumsi salah satu dari mereka adalah anak-anak.

Berbelanja ikan dan berbagai makhluk laut

Ada Tempat Pelelangan Ikan (TPI) di Pantai Pelabuhan Ratu. Di sini wisatawan bisa membeli berbagai jenis ikan laut seperti cakalang, layur dan lain-lain. Tentu masih ada biota laut lainnya seperti cumi-cumi, udang dan lain-lain. Semua ikan dan biota laut dijual segar di sini karena ditangkap oleh nelayan dari pantai.

Wisatawan dapat membeli sebagai oleh-oleh atau makan langsung di pantai. Bagi yang ingin langsung menikmati hidangan seafood, Anda bisa membawanya ke stand pinggir pantai. Sedangkan jika ingin melihat proses tambat kapal nelayan, Anda bisa datang ke WIB antara pukul 11.00 hingga 13.00. Saat ini biasanya para nelayan baru datang membawa kapal ke darat.

Baca: Tiket PONDOK HALIMUN & 5 Aktivitas Seru

Ambil foto dengan fenomena alam yang luar biasa

Senja di Pantai Pelabuhan RatuSenja di Pantai Pelabuhan Ratu. Foto: Gmap/Firmansyah

Kegiatan yang digemari wisatawan saat berkunjung adalah fotografi. Pemandangan pantainya sendiri terlihat indah. Selain itu, terdapat bebatuan besar yang menjorok ke laut menambah keindahan pantai. Apalagi saat ombak membanjiri kawasan berbatu ini dan menciptakan percikan air yang unik.

Di pagi hari, wisatawan bisa menyaksikan matahari terbit. Saat mendung, matahari tidak muncul, melainkan berganti dengan pemandangan indah lainnya. Yakni adanya kabut tipis yang menyelimuti kawasan pantai termasuk kawasan berbatu. Terlihat mistis, namun menarik dan unik.

Sedangkan pada sore hari, saatnya mencari sunset. Suasana di pantai semakin semarak saat orang-orang ikut mengabadikan momen tersebut. Langit biru dan cerah, perlahan berubah menjadi oranye dengan sinar matahari. Lambat laun apa yang melewati matahari tampak menjadi siluet hitam hingga matahari terbenam.

Lokasi Pantai Pelabuhan Ratu

Wisata pantai ini berlangsung di Pelabuhan Ratu, Kecamatan Pelabuhanratu, Kota Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Back to top button