Tempat Wisata

Nusa Penida Bali – Pemandangan, Aktivitas Liburan, Tempat & Biaya Perjalanan

Pemandangan, Aktivitas Liburan, Fasilitas, Tempat & Biaya Perjalanan – Nusa Penida salah satu pulau wisata di Bali yang menawarkan berbagai tempat menarik. Sebuah pulau dengan pemandangan bahari yang menakjubkan dan tujuan wisata yang populer.

Biaya Tur: Mulai dari Rp75.000, Waktu aktif: 24 jam, Alamat: Daerah. Nusapenida, Kab.Klungkung, Bali; map: Cek lokasi

Ada banyak destinasi wisata di Indonesia yang menjadi primadona baik wisatawan lokal maupun mancanegara. Tempat yang menjadi primadona para wisatawan tentu saja Bali. Pulau Dewata ini memiliki banyak destinasi wisata yang menakjubkan. Salah satu tujuan wisata yang paling populer adalah Nusa Penida.

Pulau eksotis di Bali ini menjadi primadona yang dikunjungi wisatawan baik lokal maupun mancanegara dalam beberapa tahun terakhir. Pemandangan alam yang unik dan mempesona menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Kebanyakan pengunjung Pulau Seribu Pesona biasanya terjadi pada bulan Juli hingga Agustus, yang bertepatan dengan liburan sekolah.

Tentunya dalam merencanakan liburan di Nusa Penida, Anda perlu mengetahui berbagai informasi mengenai tempat wisata ini. Berikut ini adalah gambaran lengkap tentang destinasi wisata menarik ini.

Tempat Wisata Nusa Penida Bali

Tempat Wisata Nusa Penida BaliKredit foto: Google Maps Made Prasetya

Bagi Anda yang pernah berlibur ke pulau ini, tahukah Anda bahwa destinasi wisata ini sebenarnya terbagi menjadi tiga wilayah yaitu Barat, Timur dan Selatan. Setiap daerah memiliki pesona tersendiri.

Tempat wisata di Nusa Penida Barat dikenal jauh lebih awal dibandingkan di bagian lain. Lokasi yang menarik dan aksesibilitas yang baik menjadi pertimbangan tersendiri bagi pengunjung. Tak heran jika tempat ini lebih ramai dibandingkan daerah lain.

1. Pura Goa Giri Putri

Pintu masuk ke Pura Goa Giri Putri sangat kecil. Luas jalan sekitar 80 cm, sehingga wisatawan harus melihat ke bawah saat masuk. Namun, setibanya di gua, Anda akan menemukan ruangan yang luas. Di dalam ruangan terdapat pura yang digunakan oleh umat Hindu untuk berdoa. Ruangan yang luas di dalam gua ini dapat menampung hingga 5.000 orang.

2. Bukit Atuh

Bukit Atuh umumnya dikenal sebagai Raja Lima karena kemiripannya dengan Raja Ampat di Papua Barat. Dari kejauhan, bukit ini terlihat seperti gugusan karang yang memukau. Pasir putihnya juga lembut.

Wisatawan juga bisa menikmati mata air tepi pantai yang tidak terasa asin dan tidak pernah kering. Selain tempat-tempat tersebut, Nusa Penida memiliki banyak tempat wisata lain yang menarik untuk menyelam, seperti Pantai Berlian dan Teluk Manta.

3. Angel’s Billabong

Angel’s Billabong berjarak sekitar 500 meter dari Pasir Uwug. Jadi jika Anda sudah puas menikmati keindahan Pasir Uwug, Anda bisa langsung menjadikan Angel’s Billabong sebagai destinasi Anda selanjutnya.

Anda akan menemukan tebing dengan kolam alami yang menghadap langsung ke laut, inilah bentuk Angel’s Billabong. Saat ombak sedang tidak besar, beberapa wisatawan akan memanfaatkan kesempatan ini untuk berenang di sana.

4. Pantai Teluk Kristal

Tempat Wisata di Nusa Penida BaliKredit foto: Tampilan Insinyur Google Maps

Pantai Crystal Bay merupakan pantai yang eksotis bagi wisatawan yang ingin menikmati keindahan karang dan ikan bawah laut. Anda bisa menjadikan tempat ini sebagai tempat finishing untuk perjalanan sehari Anda. Pemandangan yang indah di sore hari akan membuat pikiran Anda lebih rileks dan siap untuk menikmati perjalanan selanjutnya.

Lokasi Nusa Penida Timur lebih sepi dari Barat. Oleh karena itu, tempat ini cocok untuk wisatawan yang tidak terlalu suka keramaian.

5. Bukit dan Pantai Pinkie

Ketika Anda berada di bukit ini Anda akan menemukan pemandangan yang menakjubkan. Di bawah Bukit Kelingking terdapat pantai yang putih bersih dan memanjakan mata setiap orang yang melihatnya. Namun, jalan menuju bukit ini cukup curam dan berbahaya.

6. Pasih Uwuh (Pantai Patah)

Pasih Uwuh berasal dari kata pasih (pantai) dan uwug (rusak), artinya pantai yang rusak. Namun, Anda tidak akan menemukan pantai di tempat ini. Sebaliknya, Anda disuguhi tingkat raksasa dengan lubang raksasa di tengahnya.

Memang jika diperhatikan, tempat ini layak disebut negara yang rusak dengan pemandangan yang menakjubkan. Di tempat ini Anda juga bisa menikmati sunset.

Alamat dan rute menuju situs Nusa Penida

Alamat Nusa PenidaSumber gambar: Google Maps Alpine Park

Pulau indah ini terletak di Klungkung, Provinsi Bali, karena arah tenggara dan dipisahkan dari Badung oleh Selat. Jadi jika ingin ke Nusa Penida, rute terbaik dan termurah adalah melalui jalur laut. Di dekat pulau ini terdapat pulau-pulau kecil lainnya yaitu Pulau Nusa Lembongan dan Pulau Nusa Ceningan. Berikut rute menuju pulau tersebut:

1. Jalur Sanur

Rute Sanur dapat diakses dengan perahu, baik speed boat maupun perahu nelayan tersedia menawarkan tujuan ke Nusa Penida.

2. Rute Tanjung Benoa

Rute ini dapat ditempuh dengan pelayaran sehari yang dioperasikan oleh kapal Quicksilver.

3. Pelabuhan Padang Bay

Jalur ini cocok bagi Anda yang sadar membawa kendaraan pribadi. Anda bisa naik feri di rute ini menuju Nusa Penida.

4. Pelabuhan Pantai Kusumba Klungkung

Rute menuju pulau ini dapat dicapai dengan kano yang disediakan khusus untuk transportasi wisatawan yang unik.

Biaya Perjalanan ke Nusa Penida Bali Tour

Biaya Perjalanan ke Nusa Penida Bali TourSumber gambar: Google Maps Sembunyikan Wee

Penyeberangan dari Sanur ke Nusa Penida dengan speedboat biaya antara 75.000 dan 100.000 sekali jalan. Untuk turis asing, harga tiket speedboat berkisar antara 150.000 hingga 200.000 sekali jalan.

Setibanya di Pelabuhan Banyar Nyuh, wisatawan biasanya ditawari kendaraan sewaan seperti sepeda motor dan mobil. Wisatawan lokal ditawari biaya sewa sepeda motor mulai dari 75.000 sekali jalan per hari. Sedangkan sewa mobil dikenakan biaya 500.000 per hari. Jika Anda membutuhkan panduan tentang cara mengemudi, harga sewa akan naik 300.000 per hari.

Wisatawan yang ingin menikmati Nusa Penida hanya dalam satu hari harus mengunjungi objek wisata terdekat. Contoh tempat terdekat adalah Raja Lima, Pantai Atuh dan Pantai Berlian. Biaya masuk objek wisata juga tidak mahal. Cukup merogoh kocek 5.000 untuk membeli tiket per orang.

Hal menarik yang bisa dilakukan di Nusa Penida

Aktivitas Menarik Nusa PenidaKredit Foto: Google Maps nisarg pandya

1. Lakukan olahraga air

Nusa Penida menawarkan fasilitas untuk olahraga air seperti banana boat, parasailing, jet sky, flying fish dan banyak lagi. Anda dapat menyewa fasilitas ini dengan harga yang berbeda.

2. Berselancar

Ombak di pantai pulau ini cukup besar sehingga cocok untuk berselancar. Pulau cantik ini juga sering dijadikan sebagai ajang kompetisi selancar kelas internasional. Tak heran jika bagi yang tidak bisa berselancar juga ada instruktur yang bersedia membantu.

3. Pengejaran Matahari Terbenam

Mengejar sunset menjadi kegiatan wajib. Berkunjung ke Nusa Penida tanpa melihat sunset belum lengkap. Mengingat lokasi ini merupakan tempat yang tepat untuk menikmati keindahan alam.

4. Menyelam di perairan pulau

Lokasinya yang masih alami menjadikan perairan bawah laut pulau ini sebagai tempat populer untuk snorkeling dan menyelam. Di sini Anda bisa melihat keindahan bawah laut yang luar biasa. Berbagai biota laut masih cukup terjaga kelestariannya.

5. Berjalan-jalan melalui hutan bakau

Hal menarik yang bisa dilakukan di Nusa PenidaSumber gambar: Google Maps Indra Tamedius Diputra

Destinasi menarik di pulau ini adalah hutan mangrove. Hutan mangrove berfungsi untuk mengatasi abrasi oleh air laut.

6. Lihat budidaya alga

Nusa Penida memiliki masyarakat yang bergantung pada hasil laut termasuk rumput laut. Wisatawan dapat melihat secara langsung bagaimana masyarakat mengolah rumput laut menjadi sesuatu yang bernilai ekonomis.

7. Mendaki Bukit Teletubies

Bukit Teletubies adalah sebuah bukit dengan lokasi yang mirip dengan yang ada di kartun Teletubies. Semua menawarkan pemandangan perbukitan yang hijau dan luas. Ini akan menjadi pengalaman yang tak terlupakan bagi wisatawan.

8. Tur Perahu di Nusa Penida

Perahu wisata dapat digunakan tidak hanya untuk menjelajahi pulau ini tetapi juga untuk melihat tempat-tempat Nusa Lembongan dan Nusa Ceningan yang terletak di dekat pulau wisata ini.

Penginapan murah di sekitar Nusa Penida

Penginapan murah di sekitar Nusa PenidaKredit Foto: Google Maps Ariel DiazNusa Penida Bali – Pemandangan, Aktivitas Liburan, Lokasi & Biaya Perjalanan

Nusa Penida yang menjadi tujuan wisata unggulan tentunya memiliki pilihan akomodasi berupa hotel. Tarif sewa hotel bervariasi dari ratusan ribu hingga jutaan per hari. Namun, harga sewa sebanding dengan fasilitas yang akan diperoleh. Semakin tinggi harga sewa, semakin lengkap fasilitas akomodasinya.

1. Desa Mereren

Ada beberapa penginapan di kawasan wisata ini yang menawarkan fasilitas lengkap, salah satunya Desa Mereren. Penginapan ini sangat cocok untuk anda yang memiliki budget berlebih.

Penginapan tersebut menawarkan fasilitas berupa AC, kolam renang, restoran, wifi dan tempat parkir yang cukup luas dengan biaya sekitar 1,5 juta per hari. Harga yang dipatok tentunya sangat sebanding dengan fasilitas yang ditawarkan.

2. Hotel Bukit Semabu

Bagi Anda yang memiliki bujet sedang, Bukit Semabu bisa menjadi tempat yang tepat untuk beristirahat. Harga per malamnya mulai dari Rp 874.000 saja.

Hotel bintang 3 ini menawarkan fasilitas yang cukup lengkap seperti kolam renang, wifi, sarapan pagi, bar dan lain-lain.

3. Hostel Bukit Sangcure Penida

Selain itu, bagi Anda yang memiliki budget pas-pasan, penginapan dengan harga terjangkau di Bukit Sangcure Penida Hostel bisa menjadi pilihan yang tepat.

Penginapan ini hanya menawarkan harga sewa kurang dari 100.000 per hari. Fasilitas yang wisatawan dapatkan dari penginapan ini adalah AC, parkir dan wifi.

Fasilitas yang tersedia di Nusa Penida Bali

FasilitasNusa Penida BaliSumber gambar: Google Maps Katarzyna Wręga

1. Pelabuhan

Jalur laut merupakan pintu masuk utama menuju kawasan wisata. Nusa Penida menawarkan 4 pelabuhan sebagai jalur transportasi wisata, yaitu pelabuhan Buyuk, Toya Pakeh, Banjar Nyuh dan Sampalan.

2. Transportasi

Pengelola wisata di pulau cantik ini telah memberikan fasilitas berupa mobil pikap yang dimodifikasi. Penjemputan ini bisa digunakan wisatawan untuk berkeliling dengan rombongan.

3. Restoran dan kafe

Restoran yang direkomendasikan di sini adalah Poh Manis Restaurant, yang menawarkan berbagai jenis makanan dan minuman. Makanan yang tersedia termasuk makanan laut dan steak.

4. Penyewaan sepeda motor

Belum puas berwisata melalui Nusa Penida? Anda dapat meningkatkan rasa perjalanan Anda di pulau eksotis ini dengan mengendarai sepeda motor. Harga sewa motor di kawasan Toyapakeh berkisar antara 80.000 hingga 120.000.

Nusa Penida Bali memiliki pesona luar biasa yang menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Keindahan alam yang eksotis, akses yang menantang, fasilitas yang tersedia, harga yang terjangkau dan keramahan penduduknya akan membuat wisatawan tak terlupakan dan membuat semua orang kembali lagi.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button