Tempat Wisata

Central Island Tapanuli Kalimantung – Tempat Wisata, Aktivitas Liburan, Lokasi dan Biaya Perjalanan

Pemandangan, Aktivitas Liburan, Fasilitas, Tempat & Biaya Perjalanan – pulau kalimantung salah satu pulau eksotis dan tiba Tapanuli sedang yang menawarkan pesona alam yang mempesona, keindahan bawah laut, gugusan pulau karang dan pantai berpasir putih.

Biaya Tur: Mulai dari Rp 1.500.000, Waktu aktif: 24 jam, Alamat: Tapian Nauli I, Tapian Nauli, Kab Tapanuli Tengah, Sumatera Utara; map: Cek lokasi

Pulau Kalimantung terletak di salah satu kabupaten di Sumatera Utara, tepatnya di Kabupaten Tapanuli Tengah. Dari semua destinasi wisata, pulau ini menjadi salah satu destinasi terpopuler karena keindahannya. Selain itu, pulau ini menjadi semakin populer ketika dipromosikan di media sosial.

Pulau ini bisa dikategorikan sebagai pulau perawan, karena kawasan wisata ini sangat jauh dari hiruk pikuk suasana perkotaan. Sehingga setiap orang yang datang kesini bisa menghilangkan rasa lelah. Bahkan jika Anda datang ke pulau eksotis ini, Anda tidak akan menemukan sampah di sekitarnya.

Keadaan pulau yang demikian tentunya tidak lepas dari perawatan dan pemeliharaan kebersihannya. Selain itu, wisatawan masih jarang datang karena belum mengetahui lokasi Pulau Kalimantung.

Tempat wisata pulau kalimantung

Tempat Wisata di Pulau KalimantungSumber gambar: Google Maps Maul

Seiring berjalannya waktu, destinasi wisata bahari ini semakin dikenal oleh masyarakat luas. Ini memiliki daya tarik yang tidak dimiliki pulau lain. Untuk itu, Anda bisa menyimak ulasan di bawah ini tentang objek wisata pulau kalimantung yang akan membuat Anda semakin ingin berlibur ke sana.

1. Pasir pantai yang lembut

Padahal, kawasan alam ini sangat terkenal dengan panoramanya yang mempesona, bahkan ketika datang ke pantai di pulau Kalimantan, Anda akan menemukan hamparan pasir yang cukup lembut. Pasir pantainya sendiri memiliki warna agak kecoklatan yang selalu menjadi dambaan para wisatawan yang ingin berkunjung ke pantai tersebut.

Banyak turis yang mengoleskan pasir di wajahnya karena tidak percaya dengan kehalusannya. Pastinya Anda akan puas ketika datang ke pantai ini untuk bermain pasir.

2. Memiliki laut yang sangat indah

Bukan hanya pantai berpasir yang memukau para wisatawan, tapi juga pemandangan laut di pantai ini tidak terlupakan. Lautnya memang sangat bersih dan berwarna biru, begitu memanjakan mata yang melihatnya.

Dengan deburan ombak laut dan penerapan langit yang cukup cerah, tentu akan menjadi pemandangan yang indah untuk dilihat. Menikmati keindahan ini sambil bersantai di pantai adalah sesuatu yang bisa Anda lakukan bersama dengan orang yang Anda cintai. Jika ingin menikmati keindahan bawah laut, Anda bisa berenang di perairan pulau ini.

3. Pulau Tak Berpenghuni

Pulau Kalimantung merupakan pulau yang tidak berpenghuni, tentunya hal ini menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Jadi Anda tidak akan menemukan limbah pabrik di pulau atau area pantai.

Meski demikian, kondisi pulau ini terlihat seperti pulau yang terawat dan bersih. Sementara itu, belum ada yang menyentuh pulau ini atau melakukan perawatan rutin.

4. Pulau Sunyi

Karena pulau ini merupakan pulau yang tidak berpenghuni, maka tidak heran jika kawasan alam ini tampak tenang dan sepi. Jadi jika Anda ingin menghilangkan penat, maka pulau ini adalah tempat yang tepat untuk Anda.

Alamat, Lokasi Rute & Biaya Perjalanan ke Pulau Kalimantung

Alamat Pulau KalimantungKredit foto: Google Maps Siahaan XV

Tentu bagi sebagian orang yang belum pernah ke Tapanuli Tengah akan bingung rute mana yang harus ditempuh untuk menuju Pulau Kalimantung. Pulau ini terletak di Kepulauan Mursala, Tapanuli Tengah, Provinsi Sumatera Utara.

Untuk menuju tempat pulau dari kota Medan, dibutuhkan waktu sekitar 2 jam. Namun, ini bisa lebih lambat ketika jalan macet.

Jika anda ingin mengunjungi pulau ini, sangat menguntungkan jika anda berwisata secara rombongan. Karena kapal yang digunakan sebagai alat transportasi menuju pulau ini menawarkan ruang maksimal sekitar 20 orang. Jadi ongkosnya akan sangat mahal jika Anda bepergian dengan sedikit orang.

Untuk mengunjunginya, wisatawan perlu menyewa perahu sebagai alat transportasi. Itu biaya sekitar 1,5 juta rupiah per hari untuk menyewa perahu dan membayar kru untuk mencari tahu rute ke pulau itu.

Jika tidak ingin diganggu, wisatawan bisa menggunakan jasa tour trip, yaitu membuka tour ke pulau kalimantung. Sehingga nantinya Anda bisa dengan mudah mencari tempat makan atau keluarga angkat.

Hal menarik yang bisa dilakukan di Pulau Kalimantung

Hal menarik yang bisa dilakukan di Pulau KalimantungSumber gambar: Google Maps Maul

1. Bermain pasir di pantai

Seperti yang kita ketahui, Pulau Kalimantung memiliki pantai dengan pasir yang sangat lembut. Nah aktivitas seru yang bisa kamu lakukan tentunya bermain pasir. Kegiatan ini akan sangat menyenangkan saat Anda dan anak-anak Anda membangun istana pasir. Tidak ada salahnya untuk tidak ikut bermain bersama anak agar mereka tetap bahagia.

2. Menyelam untuk melihat kehidupan laut

Bagi Anda yang penasaran dengan apa yang ada di laut di pulau ini, Anda hanya bisa menyelam di dekat pantai. Meski tidak sampai ke tengah laut, Anda bisa melihat terumbu karang dan beberapa biota laut. Tentu sangat sayang jika melewatkan kegiatan ini.

3. Abadikan momen dengan berfoto

Karena Pulau Kalimantung adalah instage tour, sayang sekali jika tidak berfoto dengan background laut. Selain itu, laut di pulau itu berwarna biru cerah. Bahkan, Anda juga bisa berfoto dengan latar belakang matahari terbenam.

Penginapan murah selanjutnya dari pulau kalimantung

Penginapan murah selanjutnya dari pulau kalimantungSumber gambar: Google Maps Maul

1. Hotel wisata yang indah

Untuk akomodasi, ini adalah hotel bintang 3 yang terletak persis di nomor 51 Jalan Brigjen Katamso, Kota Sibolga.

Penginapan ini sendiri merupakan hotel yang sangat diminati wisatawan. Karena menawarkan pemandangan pantai dan taman yang sangat bagus. Kemudian kamarnya juga sangat bagus dan bersih.

Selain itu, pelayanan yang diberikan oleh staf hotel juga sangat profesional. Meskipun mereka selalu memberikan bantuan ketika pengunjung mengalami kesulitan.

2. Akomodasi PIA Hotel Pandan

Kedua, ini adalah hotel yang terletak di 10A Jalan Padang Sidempuan, Kabupaten Tapanuli Tengah. Hotel ini sendiri menawarkan banyak fasilitas umum yang digunakan oleh tamu hotel. Dari restoran hingga kolam renang outdoor hingga sarapan gratis.

Walaupun mendapatkan kamar standar, namun pemandangan yang didapatkan cukup bagus yaitu pemandangan pantai dan juga laut. Lokasi hotel juga sangat strategis karena sangat dekat dengan Pulau Kalimantung dan beberapa pulau lainnya.

3. Akomodasi Hotel Pasar Baru

Pulau yang terletak di Kota Sibolga tepatnya di Jalan Junjungan Lubis No 41 ini menawarkan fasilitas terbaik bagi para pengunjungnya. Dimana ada kamar yang bersih, dengan toilet yang bersih.

Soal harga, penginapan ini mematok harga yang cukup terjangkau. Apalagi jika melihat bagaimana fasilitas yang bisa digunakan.

4. Akomodasi di Hotel Prima Indah

Untuk hotel ini masih berada di Kota Sibolga, namun berada di Jalan Brigjen Katamso nomor 45. Penginapan ini berkonsep rumah besar sehingga terlihat megah.

Selain itu, setiap kamar memiliki view yang sangat bagus, kemudian ada sirkulasi udara serta pencahayaan yang baik. Anda tidak perlu khawatir dengan jaminan sarapan, karena pengunjung sudah terlayani.

Fasilitas yang tersedia di Pulau Kalimantung

Fasilitas Pulau KalimantungSumber gambar: Google Maps Maul

1. Layanan Excursion ke Pulau Kalimantung

Beberapa orang yang datang ke Kabupaten Tapanuli Tengah tidak tahu bagaimana cara mengunjungi pulau yang indah ini. Anda dapat menggunakan layanan tamasya untuk ini, yang akan memudahkan Anda untuk sampai ke pulau itu. Ada cukup banyak layanan tamasya di luar sana, jadi pastikan Anda menyendok anggaran yang tepat.

2. Penyewaan Feri

Untuk menuju Pulau Kalimantung, wisatawan perlu menyewa perahu. Nah, fasilitas ini selalu disediakan pengelola untuk wisatawan. Harganya juga sangat terjangkau, apalagi jika Anda datang dengan rombongan.

3. Banyak fasilitas umum di seluruh pulau

Seperti yang kita ketahui, pulau ini tidak berpenghuni. Namun, di dekat Pulau Kalimantung sendiri terdapat beberapa fasilitas umum yang tidak akan menyulitkan Anda. Misalnya akomodasi yang bisa dipilih tergantung budget.

Lalu ada toko suvenir di mana Anda dapat menelusuri untuk membeli hadiah untuk teman atau kerabat di rumah. Bahkan ada beberapa supermarket yang memudahkan Anda untuk membeli snack atau makanan siap saji. Ada juga ATM center sehingga Anda tidak perlu bingung lagi jika ingin membawa uang tunai. Ada sesuatu atau ATM.

Nah, itulah sedikit sekilas informasi yang bisa diberikan untuk anda tentang Pulau Kalimantung. Meski merupakan pulau tak berpenghuni, destinasi wisata ini wajib masuk dalam daftar itinerary saat berkunjung ke Kabupaten Tapanuli Tengah. Pastikan untuk menyiapkan budget agar bisa menyewa perahu untuk banyak orang.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button