Tempat Wisata

Pantai Sawangan Bali – Atraksi, Aktivitas, Lokasi & Harga Tiket

harga tiket: Gratis, Waktu aktif: 24 jam, Alamat: JL Gunung Payung I, Benoa, Kec. Kuta Selatan, Cab.Badung, Bali; map: pemeriksaan situs

Ada banyak tempat wisata yang bisa anda temukan di pulau Bali. Salah satunya terletak di Nusa Dua Selatan dan disebut Pantai Sawangan. Pantai ini memiliki banyak atraksi yang menarik wisatawan untuk mengunjunginya.

Meski tidak sepopuler pantai lainnya, destinasi laut ini menawarkan keindahan alam yang indah. Jika anda sedang merencanakan liburan di kawasan Bali khususnya bagian Kuta Selatan, jadikan pantai ini sebagai tujuan liburan anda. Anda pasti tidak akan bosan dengan pemandangan yang ditawarkan pantai ini.

Beragam aktivitas seru juga bisa Anda nikmati selama berlibur di Pantai Sawangan Badung. Sehingga tidak ada lagi alasan bagi Anda untuk tidak mampir ke sana.

Daya Tarik Pantai Sawangan

Objek wisata Pantai SawanganKredit foto: Google Maps 素潜り屋バリ

1. Pantai yang tenang dan sepi

Pantai Sawangan memang tidak sepopuler pantai-pantai lain di Bali. Karena itulah, pantai ini masih lebih sering dikunjungi wisatawan. Sehingga ketika anda berkunjung ke tempat ini anda bisa menemukan suasana yang sangat tenang.

Bagi anda yang berasal dari luar kota terutama dari kota besar yang sudah penat dengan kesibukan dan aktivitas kerja, pantai ini bisa anda jadikan tempat untuk mencari ketenangan.

Suasana kantor di sekitar Nusa Dua agak jarang. Itu karena tempatnya memang cukup tersembunyi.

Karena tempat ini belum terlalu populer, tidak heran jika Anda mengunjungi tempat ini Anda tidak akan menemukan kafe atau warung makan. Oleh karena itu, bagi Anda yang memang ingin mencari ketenangan bersama pasangan atau keluarga bisa mengunjungi pantai ini saat berlibur.

2. Pasir putih halus

Yang perlu Anda ketahui tentang daya tarik Pantai Sawangan adalah pasir putihnya. Sebagian besar pasir pantai berwarna hitam, tetapi tidak di pantai di Nusa Dua ini. Pantainya memang sangat putih dan mulus.

Ini adalah daya tarik lain dari pantai ini. Berjalan-jalan di pantai sambil menikmati pasir yang lembut dan indah tentu menjadi ide yang menarik. Apalagi jika dilakukan setelah matahari terbenam. Maka pemandangan yang bisa Anda dapatkan akan sangat luar biasa.

3. Pantai dengan air jernih dan hijau

Tentunya menjadi hal yang sangat menyenangkan untuk berlibur di pantai yang agak tenang dan sepi serta kondisi lingkungannya juga sangat bersih. Kenyamanan tersebut tentunya bisa anda rasakan saat berada di pantai. Air di pantai ini sangat jernih dan memiliki warna hijau kebiruan.

Selain itu, ombak dari pantai ini cukup kecil dan kontur pantainya cukup landai. Hal ini menjadikan pantai ini salah satu pantai yang cukup aman dan tempat Anda dan keluarga bisa berenang dengan baik.

Sebagian besar wisatawan yang datang ke tempat ini justru akan melakukan aktivitas berenang ini. Jadi jangan lewatkan saat Anda berada di sana.

Alamat dan rute menuju lokasi

Rute menuju lokasi Pantai SawanganSumber gambar: Google Maps Андрей Сoбетов

Bagi anda yang ingin mengunjungi Pantai Sawangan, pantai ini terletak di Kabupaten Badung, Bali. Jika anda berangkat dari kawasan wisata Denpasar, jarak yang harus anda tempuh untuk sampai ke pantai ini sekitar 22 km. Jika menggunakan kendaraan pribadi, dibutuhkan waktu sekitar 43 menit.

Sedangkan lokasinya cukup jauh dari kawasan wisata Kintamani untuk mencapai pantai ini. Lagi pula, Anda menempuh jarak sekitar 81 km atau dua setengah jam dengan mobil.

Jarak pantai dari pelabuhan Ngurah Rai atau hotel dekat bandara sangat dekat yaitu hanya berjarak 16 km saja. Dan waktu tempuh dari bandara ke pantai sekitar 28 menit.

Pantai di Nusa Dua Bali ini buka setiap hari dan bisa anda kunjungi selama 24 jam setiap harinya. Lokasinya sendiri masih berada di dalam pesisir Nusa Dua. Oleh karena itu akses ke tempat ini kurang lebih sama dengan jika ingin ke pantai Nusa Dua.

Untuk menuju Pantai Sawangan, Anda bisa menggunakan kendaraan umum. Namun, disarankan agar Anda membawa kendaraan sendiri. Namun jika tidak membawa kendaraan pribadi, Anda bisa menyewa sepeda motor atau mobil yang sudah umum di daerah Bali.

Bagi Anda yang berkendara secara pribadi, Anda bisa menuju kawasan wisata dengan mengikuti petunjuk arah Google Maps. Fitur-fitur ini akan membantu Anda menemukannya dengan lebih mudah.

Namun sebenarnya Anda akan menemukan papan petunjuk di pinggir jalan yang menunjukkan arah menuju pantai. Dengan begini Anda tidak perlu khawatir akan diincar saat mencari lokasi pantai cantik ini.

Biaya masuk ke objek wisata

Biaya masuk ke Pantai SawanganKredit foto: Google Maps 素潜り屋バリ

Tentunya bagi anda yang berencana mengunjungi Pantai Sawangan, ini adalah keputusan yang tepat. Karena nantinya kamu tidak perlu membayar biaya masuk alias disini kamu bisa masuk gratis sesuka hatimu.

Meski masuk ke pantai di Nusa Dua ini gratis, namun ada biaya parkir jika Anda memiliki kendaraan pribadi. Untuk kendaraan roda dua dikenakan biaya parkir sebesar Rp 2.000 untuk setiap sepeda motor.

Aktivitas seru yang bisa dilakukan di Pantai Sawangan

Aktivitas Seru Pantai SawanganKredit foto: Instagram oleh Hui Xian Kwee

1. Refleksologi

Ada banyak aktivitas menarik yang bisa Anda lakukan di Pantai Sawangan, salah satunya pijat refleksi. Di pantai ini nantinya Anda akan menemukan pijat dan pijat refleksi yang ditawarkan oleh ibu-ibu yang merupakan masyarakat yang tinggal di dekat pantai.

Tentu saja, kegiatan ini cukup menyenangkan. Terutama bagi Anda yang merasa lelah di sekujur tubuh. Nantinya Anda bisa menikmati pijat sambil menikmati pemandangan pantai. Ini tentu sesuatu yang bisa Anda nikmati.

2. Keliling pantai dengan perahu nelayan

Pemandangan yang seru dan unik tentunya tidak akan lengkap jika hanya bermalam di pantai ini. Untuk menikmatinya lebih memuaskan, Anda bisa menjelajahi kawasan pantai dengan menggunakan perahu.

Di sekitar pantai Anda akan menemukan perahu nelayan yang bisa disewa untuk berkeliling kawasan. Harga sewanya sendiri cukup terjangkau.

Dan Anda bisa menjelajahi kawasan pantai hanya dengan biaya terjangkau ini. Apalagi bagi anda yang sengaja datang ke pantai eksotik ini untuk mengabadikan keindahan pantainya.

3. Naik unta

Aktivitas seru di Pantai SawanganSumber Gambar: Google Maps Lil Valz

Untuk kegiatan selanjutnya juga tidak boleh dilewatkan di Pantai Sawangan yaitu menunggang unta. Ini bisa menjadi kegiatan yang cukup unik dan hanya bisa ditemukan di pantai ini.

Unta siap untuk Anda tunggangi. Anda harus membayar biaya untuk menggunakan layanan ini. Karena besaran biayanya sendiri berbeda-beda, karena sangat tergantung dari durasinya.

Namun sekedar informasi, kisaran harga bagi yang ingin naik unta selama 1 jam sekitar Rp 175.000. Sedangkan jika ingin berkendara selama 30 menit, biaya yang dibutuhkan adalah Rp 120.000. Namun, perlu diketahui bahwa ini adalah harga yang ditetapkan untuk anak-anak.

Anda juga bisa menggunakan unta untuk foto prewedding. Sesi foto pernikahan dengan layanan ini juga memiliki harga tersendiri. Namun dibandingkan dengan hasil yang bisa Anda dapatkan, harga yang harus Anda bayar masih cukup terjangkau. Oleh karena itu, Anda tidak akan merasa seperti pecundang dalam hal membelanjakan uang.

4. Berenang dan bermain air

Kegiatan selanjutnya yang tidak boleh dilewatkan di pantai adalah berenang dan bermain air. Kegiatan tersebut tentunya akan membuat liburan Anda semakin seru. Karena ombak di pantai ini tidak terlalu besar, kegiatan ini memang sangat memungkinkan dan aman juga.

Fasilitas area pantai tersedia

Fasilitas di Pantai Sawangan BaliSumber gambar: Google Maps Александр Горюнов

Fasilitas di Pantai Sawangan sebenarnya tidak selengkap di pantai lainnya. Ini karena pantai ini belum terlalu populer di kalangan wisatawan. Oleh karena itu, pengelolaannya sendiri belum dilakukan secara optimal.

Bagi Anda yang ingin berkunjung ke tempat ini, pastikan untuk membawa makanan sendiri. Karena sebenarnya Anda tidak akan menemukan warung makan di sana.

Itu tadi ulasan lengkap Pantai Sawangan di Bali yang perlu Anda ketahui. Tentunya jika anda mengetahui informasi tentang objek wisata, harga tiket, lokasi, dll yang berkaitan dengan tempat wisata tersebut, anda tidak perlu ragu lagi jika ingin mengunjunginya. Jadi jika anda berada di pulau Bali, jadikan pantai ini sebagai tempat liburan anda.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button