Tempat Wisata

Aek Sijorni: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan spot

Kegiatan traveling bukan hanya sekedar cara untuk membuang uang dan bersenang-senang. Sebagai orang yang disibukkan dengan aktivitas kita sehari-hari, baik itu sekolah, kuliah, bekerja atau mengurus keluarga, pasti lama kelamaan kita akan merasa bosan, diliputi rasa lelah dan jenuh. Hal ini sebenarnya tidak baik karena dapat mempengaruhi kesehatan mental dan emosional. Salah satu cara untuk menghindarinya adalah dengan pergi berlibur atau bepergian. Gak usah jauh-jauh ke luar kota atau ke luar negeri juga, cari aja di kota sendiri, pasti ada tempat atau tempat yang bisa santai-santai aja. Seperti Anda yang berada di Tapanuli Selatan, Sumatera Utara, Anda bisa mengajak keluarga ke tempat wisata Aek Sijorni.

Objek wisata Aek Sijorni sendiri terletak di Desa Aek Libung, Kecamatan Sayurmatingi, Kabupaten Tapanuli Selatan, Sumatera Utara. Wisata alam selalu menjadi pilihan favorit para pecinta travel. Hal ini tidak mengherankan, karena wisata alam biasanya menawarkan pemandangan yang jauh dari hiruk pikuk kota.

Salah satu destinasi wisata di Sumatera Utara tak kalah dengan Danau Toba atau Pulau Samosir. Banyak juga wisatawan terutama pada hari libur nasional dan akhir pekan, dari berbagai daerah bahkan dari luar pulau Sumatera. Suara gemericik air yang merdu dan sangat menenangkan akan menyambut kedatangan Anda di Aek Sijorni. Air terjun tempat wisata ini tidak terlalu tinggi, hanya sekitar 10 meter saja. Airnya juga mengalir keluar dari bebatuan yang agak kekuningan, sangat cantik di bawah sinar matahari karena airnya berkilau seperti berlian.

Karena air terjun ini memiliki ketinggian yang rendah, maka aman bagi pengunjung untuk mencapainya. Pengunjung juga bisa mandi di bawahnya sambil duduk di bebatuan besar. Anda akan jarang mengalami perasaan seperti ini. Di sekitar air terjun yang jernih ini Anda akan menemukan banyak pohon rindang, termasuk pohon kelapa. Ini juga yang menjadi alasan mengapa udara di sana tidak panas, melainkan sejuk. Anda dijamin akan sangat menikmati waktu Anda di Aek Sijorni.

Fasilitas di Aek Sijorni

Fasilitas objek wisata Aek Sijorni memang tidak terlalu banyak atau lengkap namun ada beberapa yang bisa anda temukan seperti diantaranya;

– Area parkir

Anda yang datang dengan kendaraan pribadi baik itu mobil atau motor tidak perlu khawatir dengan masalah parkir karena tersedia tempat parkir mobil yang cukup luas dan luas.

– Paviliun

Dengan dibangunnya paviliun, Anda bisa bersantai bersama keluarga sambil menikmati pemandangan air terjun yang jernih dan pepohonan yang asri serta mendengarkan suara gemericik air.

– Bilik atau tempat makan

Setelah bermain-main di air terjun, pasti akan membuat Anda lapar. Tak perlu bingung jika tidak sempat atau lupa menyiapkan bekal. Di sekitar kawasan wisata ini Anda akan menemukan warung-warung lokal yang menjual makanan dan minuman dengan harga terjangkau.

– Akomodasi

Di kawasan wisata ini, Anda yang sedang mencari akomodasi bisa menemukan yang sesuai dengan budget dan kebutuhan Anda.

– Toko hadiah

Bepergian terasa kurang tanpa membawa oleh-oleh. Ada toko oleh-oleh di Aek Sijorni di mana Anda bisa membeli pernak-pernik khas Tapanuli untuk dibawa pulang.

– Tempat peristirahatan umum

Salah satu fasilitas penting tersebut juga telah disediakan di sana, sehingga Anda tidak perlu repot mencari kamar mandi di luar area air terjun.

Berburu foto di Aek Sijorni

Berkunjung ke tempat wisata alam yang indah tentunya akan terasa kurang lengkap jika Anda lupa membawa kamera. Saat berlibur, wajib untuk membawa kamera, baik itu ponsel atau kamera profesional yang memungkinkan Anda mengambil foto. Di Aek Sijorni ada beberapa spot foto menarik yang bisa Anda dan keluarga manfaatkan, misalnya bermain atau mandi di bawah air terjun. Tentunya, pastikan kamera Anda tahan air agar tidak perlu khawatir jatuh ke dalam air. Selain itu, Anda juga bisa berfoto selfie atau mengajak seseorang untuk mengabadikan momen saat Anda berjalan-jalan di sekitar kawasan Aek Sijorni. Berfoto dengan background air terjun yang indah juga menjadi pilihan yang tepat. Pemandangan di sekitar tempat ini juga tidak kalah indahnya, pepohonan yang menghiasinya bisa menjadi incaran jepretan kamera Anda.

Cara mengakses Aek Sijorni

• Melalui Udara : Sesampainya di Bandara Aek Godang, Anda dapat langsung memulai perjalanan dengan kendaraan bermotor melalui Jl. Gunung Tua – Pal Sabolas – Jl. Lintas Tengah Sumatera – Jl. Jenderal Besar A Haris Nasution – Jl. Lintas Sumatera Barat – Aek Sijorni

• Melalui jalur laut : Sesampainya di pelabuhan ASP Sibolga, anda dapat langsung melanjutkan perjalanan dengan kendaraan bermotor melalui jalur : Jl. Mojopahit – Jl. Midin HT Galung – Jl. Lintas Sumatera Barat – Jl. Ahmad Yani – Jl. Parman-Jl. Letjen Suprapto – Jl. Sisingamangaraja-Aek Sijorni

• Jalur darat: Dari pusat kota Anda tinggal mengikuti rute berikut: Jl. Lintas Tengah Sumatera – Jl. Jenderal Besar A Haris-Jl. Lintas Sumatera Barat – Aek Sijorni

Biaya masuk ke Aek Sijorni

  • Biaya masuk untuk anak-anak: Rp 10.000
  • Biaya masuk untuk dewasa: Rp 20.000

(Diperbarui Mei 2023)

Jam buka Aek Sijorni

  • Buka setiap hari dari jam 7 pagi hingga 6 sore

Peta situs Aek Sijorni

Tips mengunjungi Aek Sijorni

Jadikan liburan Anda dan keluarga di Aek Sijorni semakin menyenangkan dan berkualitas. Berikut beberapa tips dari kami yang bisa Anda gunakan sebagai referensi liburan Anda:

  • Waktu terbaik untuk mengunjungi Aek Sijorni adalah saat liburan panjang.
  • Datanglah ke Aek Sijorni bersama orang tersayang dan rasakan sensasi liburan yang tak terlupakan.
  • Gunakan jasa biro perjalanan untuk liburan praktis dan bebas stres di Aek Sijorni.
  • Bawa kamera dan cari foto terbaik dengan kamera terbaik.
  • Usahakan agar tubuh tetap bugar saat berlibur di Aek Sijorni.

Galeri foto Aek Sijorni di Padang Sidempuan

Selamat datang di Aek SijorniAneka bunga di area pintu masukSuasana dengan pengunjung yang ramaiberburu fototempat kolamFasilitas spot fotoBerenang di Aek Sijorni

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button