Tempat Wisata

Tiket AEK SIJORNI & berbagai wahana Desember 2022

Tiket AEK SIJORNI & berbagai wahana Desember 2022

Harga Tiket Masuk Aek Sijorni : Rp 20.000 – Rp 30.000. Jam buka : 07.00 – 18.00. Nomor telepon: 082162962922. Alamat: Simpang Tolang, Sayur Matinggi, Tapanuli Selatan, Sumatera Utara, Indonesia, 22774.

Aek Sijorni merupakan destinasi wisata alam di Sumatera Utara yang berbeda dengan air terjun pada umumnya. Air terjun ini mengalir di atas bebatuan bertingkat dengan semburan air yang dahsyat. Debit air tidak berubah meski musim kemarau. Uniknya lagi, airnya selalu jernih, meski sedang musim hujan.

Di Aek Sijorni air terjun setinggi 10 meter dan terdapat 2 pancuran yang tersebar. Pengunjung tidak perlu mendaki untuk mencapai lokasi karena dekat dengan tempat parkir. Sebelum tiba, pengunjung melewati jembatan gantung yang panjang. Jembatan ini dibangun di atas Sungai Sayur Matinggi dan aman untuk dilalui.

Harga tiket masuk Aek Sijorni

Untuk memasuki Aek Sijorni, pengunjung harus membayar tiket sederet. Lalu siapkan juga biaya untuk membeli sembako atau oleh-oleh. Jika membawa kendaraan pribadi, ada biaya parkir.

Harga tiket masuk periode 24 Desember 2022 sampai dengan 7 Januari 2023
Tiket masuk untuk anak usia 7-12 tahun Rp 20.000
Tiket dewasa Rp30.000

Baca: Tiket Masuk & Atraksi SIKULICAP WATERFALL

Waktu pembukaan Aek Sijorni

Aek Sijorni buka setiap hari dari pagi hingga sore.

jam operasi
Senin minggu 07.00-18.00

Pesona air terjun bertingkat

Air terjun bertingkat Aek SijorniAek Sijorni berbentuk terasering dan aliran airnya selalu deras meski di musim kemarau. Foto: Google Maps/Hafiz Wahyu

Biasanya, air terjun terletak di dataran tinggi dan harus dicapai dengan mendaki. Namun berbeda dengan air terjun Sijorni yang tidak terlalu tinggi. Air terjun ini memiliki ketinggian 10 meter dan 2 air terjun. Uniknya, air terjun ini mengalir menyebar dan terdapat bebatuan bertingkat di dasarnya.

Pesona lain dari air terjun ini adalah suasana air terjunnya juga terasa sejuk dan rindang. Banyak pohon kelapa tumbuh di sekitar air terjun. Selain itu, di sekitar kawasan wisata ini juga terdapat pasir putih. Air terjun ini bisa menjadi tempat wisata yang menenangkan. Suasana alam dan riak air membuat tubuh dan pikiran rileks.

Baca: Tiket Masuk & Pesona TERJUN SIPISO PISO WATERFALL

Selalu hapus Aek Sijorni

Air selalu jernih di Aek SijorniSelain debit air yang selalu deras, kondisi air di Aek Sijorni selalu jernih meski sedang musim hujan. Foto: Google Maps/EAP

Aek Sijorni memiliki air yang selalu jernih, baik saat musim hujan maupun kemarau. Ini karena sungai di atasnya mengalir melalui bebatuan dan tidak mengandung lumpur. Kemudian limpasan air selalu deras meski di musim kemarau.

Karena kondisi tersebut, penduduk setempat menamakan air terjun ini Sijorni yang berarti jernih. Aek Sijorni dapat dicapai dengan berjalan kaki dari pinggir jalan. Dalam perjalanan, pengunjung harus melewati jembatan gantung yang aman namun agak panjang. Jembatan ini terdiri dari dan dibangun di atas Sungai Sayur Matinggi yang mempesona.

Baca: Air Terjun DUA WARNA Masuk & Pesona

Taman air dengan air dari pegunungan

Pengunjung berenang di taman airSelain bermain air di bawah air terjun, pengunjung Aek Sijorni juga bisa berenang di kolam taman air ini. Foto: Google Maps/Herjani Novira

Pengunjung tidak hanya bisa berenang di bawah air terjun, tapi juga berenang ke dalamnya Taman air konsep alami. Air di kolam ini berwarna jernih karena berasal dari mata air langsung di pegunungan. Disini terdapat 2 jenis kolam dengan kedalaman yang berbeda antara satu kolam dengan kolam lainnya. Ada kolam yang dalamnya kurang dari 1 meter dan ada kolam yang lebih dalam.

Kolam ini dilengkapi dengan beberapa seluncuran air yang menarik, sayang jika dilewatkan begitu saja. Wahana seperti perosotan, ayunan, dan komidi putar mini. Selain itu, terdapat beberapa pendopo yang terbuat dari kayu dan beratap rumbia. Pengunjung dapat bersantai atau beristirahat di sini setelah berenang.

Baca: Tiket Masuk dan Tempat Wisata Air Terjun Ponot

panorama

Pengunjung berfoto di air terjunSelain berenang dan bermain air, pengunjung juga bisa berfoto di bawah air terjun Aek Sijorni. Foto: Google Map/Pandji 007

Di Aek Sijorni, pengunjung tidak hanya bisa berenang tapi juga berjalan-jalan sambil menikmati pemandangan alam. Pada hari yang cerah langit terlihat biru dengan sedikit awan putih. Pemandangan langit terlihat indah karena berpadu dengan pegunungan yang hijau dan asri. Selain itu, pohon kelapa yang menjulang tinggi dari pintu masuk air terjun juga turut memeriahkan suasana.

Sambil melihat-lihat pemandangan, pengunjung juga bisa berfoto atau berfoto bersama teman dan keluarga. Tempat unik yang bisa dijadikan obyek foto adalah melintasi jembatan gantung. Dari sini, pemandangan pegunungan dan pohon kelapa menjadi latar foto yang bagus.

Kemudian pengunjung juga bisa berfoto disini di area air terjun sambil bermain air. Bentuk air terjun yang unik dan airnya yang jernih dan deras, sayang jika tidak diabadikan. Juga, area kolam masuk Taman air bisa juga jadi spot foto lainnya. Di sini pengunjung bisa mengambil foto saat berada di dalam kolam pribadi menghadap perkebunan milik warga.

Fasilitas di Aek Sijorni

Aek Sijorni memiliki beberapa warung makan yang menjual berbagai makanan khas daerah. Ada juga banyak gubuk yang bisa disewa untuk minuman. Kemudian jika ingin berfoto, fasilitas lainnya disini adalah toilet, ruang ganti, mushola, tempat sampah dan tempat parkir mobil yang cukup luas.

Lokasi Aek Sijorni

Aek Sijorni terletak di Desa Aek Libung, Kecamatan Sayurmatinggi, Kabupaten Tapanulis Selatan, Sumatera Utara. Pengunjung perlu menempuh perjalanan 12 jam jika berangkat dari pusat kota Medan. Namun jika Anda berangkat dari pusat kota Padangsidimpuan, hanya membutuhkan waktu 1 jam untuk sampai ke sini. Lokasi kawasan ini berada di pinggir jalan raya, sehingga dapat dijangkau dengan kendaraan umum maupun kendaraan pribadi.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Back to top button