Berita Wisata

7 air terjun di NTT dengan pemandangan alam yang indah

Nusa Tenggara Timur (NTT) terkenal dengan Pulau Komodo. Namun, NTT juga memiliki ribuan destinasi indah tersembunyi yang sayang untuk dilewatkan. Destinasi wisata berikut ini dijamin bisa membuat Anda terpesona dan ragu untuk pergi. Simak rekomendasi tujuh air terjun di NTT berikut ini.

Daftar aksi terbaik NTT

1. Air Terjun Tanggedu

Air terjun di NTT.Foto: dok. Desa Wisata Kemenparrakraf

Air terjun ini terletak di Ndapayami, Kanatang, Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur. Air Terjun Tanggedu mampu menyuguhkan pemandangan yang luar biasa indah dengan air berwarna biru kehijauan dan tebing yang menjulang tinggi. Sesampainya di tempat parkir, pengunjung harus berjalan sekitar satu jam menyusuri sungai, melewati sungai, melewati sabana Puru Kambera, dan turun lagi untuk sampai ke air terjun utama.

Rasa lelah terbayar dengan keindahan airnya yang membuat pengunjung tak kuasa menahan keinginan untuk terjun ke air. Dijamin Anda akan puas mencium kesegaran air terjun. Namun bagi pengunjung yang ingin berendam disarankan untuk mencari tempat yang aman karena di beberapa tempat tidak diketahui kedalamannya.

Sekedar tips, usahakan datang lebih awal agar bisa berfoto di air terjun saat sepi. Ingatlah untuk membawa perbekalan karena tidak ada yang menjual makanan dan minuman di air terjun, hanya ada beberapa penjual air kelapa.

2. Air Terjun Wai Marang

Terletak di Ngaru Kanoru, Umalulu, Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur. Air terjun ini memiliki keindahan yang tersembunyi. Surga lereng bukit yang tersembunyi ini memiliki medan trekking yang cukup berat, jadi jika Anda belum pernah mendaki sebelumnya, ada baiknya Anda mengemas tongkat kayu dan sandal yang kokoh agar tidak terjatuh.

Dari tempat parkir, pengunjung perlu berjalan kaki sekitar 20-30 menit untuk sampai ke air terjun, kurang lebih harus berjalan kaki sejauh tiga kilometer dengan kemiringan sedang. Tapi trekking jauh akan terbayar dengan pemandangan yang indah!

Air terjun ini tidak sebesar Tanggedu, namun tetap indah dengan air berwarna biru jernih dan sangat sejuk. Sesampainya di sana, Anda pasti akan terkagum-kagum dengan keindahan kolam berwarna biru kehijauan tosca.

3. Air Terjun Lapopu

Air terjun di NTT.Foto: dok. Pemerintah Kabupaten Sumba Barat

Lokasi Air Terjun Lapopu berada di Taman Nasional Menupeu Tanah Daru dan Laiwangi Wanggameti (ManaLawa) di Pulau Sumba tepatnya Manurara, Katikutana Selatan, Sumba, Nusa Tenggara Timur. Air terjun Lapopu selalu sangat indah dan dikenal sebagai air terjun yang mengalir seperti tangga.

Jarak dari tempat parkir ke lapangan lumayan dan tidak terlalu sulit, kurang lebih memakan waktu sekitar 10-15 menit. Namun, jalan tersebut memang terdiri dari bebatuan yang agak licin. Ada baiknya jika ingin berkunjung, gunakan sendal atau sepatu anti selip.

Dalam perjalanan menuju air terjun, terdapat jembatan bambu yang hanya bisa dilintasi oleh dua orang di jembatan tersebut. Hanya membutuhkan waktu sekitar 10-15 menit trekking dari tempat parkir, kami sampai di air terjun Lapopu. Air terjunnya selalu tenang dan jernih, sehingga pengunjung bisa menikmati pemandangan bahkan berenang.

Ketinggian air terjun ini sekitar 90 meter. Aliran air terjun ini tetap penting meski musim kemarau. Air yang jatuh di kolam berubah menjadi warna hijau tosca, menambah eksotis pemandangan di sekitar air terjun.

Namun sayangnya, kecantikan ini membuat sebagian pengunjung berpikir dua kali karena dilihat dari review Google, masih ada pungutan liar dari masyarakat setempat dengan harga yang cukup menguras tenaga.

4. Air Terjun Cunca Wulang

Lokasi di Pota Wangka, Boleng, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur. Letaknya tidak jauh dari Labuan Bajo dan bisa ditempuh dengan kendaraan roda empat. Perjalanan dari Labuan Bajo dengan sepeda motor dapat ditempuh sekitar 1h30, dengan jalan yang berkelok-kelok dan terkadang cukup tinggi.

Anda dapat melihat air jatuh dari ketinggian yang sangat tinggi ke jurang yang dalam. Pemandangannya sangat bagus dari atas. Dengan cara ini Anda dapat mengikuti jalur antara akar pohon dan tebing untuk mencapai tempat yang tinggi dan melihat air terjun dari atas.

Air terjun ini sangat menarik karena dihiasi bebatuan besar di kiri kanan aliran airnya. Menambah eksotisnya air jernih dan suasana sejuk.

5. Air Terjun TTS Oehala

Lokasinya di Oehala, Batu Putih, Kabupaten Timor Tengah Selatan, Nusa Tenggara Timur. Pemandangan alamnya begitu mempesona. Air terjun ini memiliki potensi wisata yang bagus, karena airnya bersih, biru kehijauan dan menyegarkan. Meski karena keindahannya yang tersembunyi, fasilitas dan perawatannya masih kurang.

6. Air Terjun Mauhalek

Air terjun di NTT.Foto: dok. Desa Wisata Kemenparrakraf

Air terjun ini bernama Siata Mauhalek. Pasalnya, letaknya tepat di pertemuan dua sumber air, yakni Siata dan Mauhalek. Terletak di Dusun Fatumuti, Raiulun, Lasiolat, Belu, Nusa Tenggara Timur. Pemandangan di sekitarnya juga indah, mudah dijangkau, ada tangga turun ke air terjun dan banyak penjual makanan ringan.

Jarak dari kota Atambua sekitar 1-2 jam perjalanan atau sekitar 35 kilometer. Tempat parkirnya luas, ada tempat untuk foto-foto dan juga ada tempat bersantai bersama keluarga. Tempat bersantai berupa gazebo atau lopo yang dilengkapi dengan toilet.

Air terjun yang indah ini cocok untuk perenang dan anak-anak. Keindahannya begitu luar biasa, seperti surga yang tersembunyi di tengah hutan. Pengunjung harus berhati-hati saat menuruni tangga untuk mengakses Mauhalek, terutama saat musim hujan, karena tangga akan licin.

Dari Atambua, hanya membutuhkan waktu sekitar satu jam untuk mencapai tempat ini. Jika dari Kupang, ibu kota provinsi Nusa Tenggara Timur, sekitar 230 kilometer jaraknya bisa ditempuh dalam waktu 5-6 jam dengan mobil.

Pintu gerbang air terjun ini berada persis di pinggir jalan poros Atambua-Weluli sehingga memudahkan siapa saja untuk mengenali tempat ini. Pesona air terjun ini masih alami, sumber airnya langsung berasal dari tanah yang merupakan sumber air utama desa Dualasi Raiulun.

Jaraknya cukup dekat dengan kota So’e, sebelah selatan Timor tengah. Hanya saja untuk mencapai lokasi air terjun yang tepat, pengunjung harus menuruni beberapa anak tangga dan jalan menurun. Tempat ini sejuk, airnya dingin dan segar, meski memang fasilitas di sekitar lokasi air terjun masih perlu diperhatikan.

7. Air Terjun Ogi

Akses ke air terjun ini harus melewati pedesaan dengan pemandangan yang indah. Terletak di Faobat, Bajawa, Ngada, Nusa Tenggara Timur. Air terjun Ogi merupakan sumber listrik bagi wilayah Ngada. Tempatnya tidak jauh dari Bajawa.

Lokasi air terjun ini berjarak beberapa ratus meter dari jalan raya, sehingga akses parkir kendaraan berada di bahu jalan dan jalan menuju lokasi melalui pematang sawah.

Air terjunnya tinggi dan deras dengan lokasi yang masih asri dan sejuk. Ingatlah untuk membawa perbekalan karena tidak ada yang menjual makanan dan minuman di air terjun, hanya ada beberapa penjual air kelapa.

Demikian detikers, itulah tadi penjelasan tentang air terjun yang ada di NTT. Tertarik menghabiskan akhir pekan trekking ke air terjun? Selamat berlibur!

Simak video “Rasa Makan Raos Pisaan Euy, Cuisine du Palais Cimahi”
[Gambas:Video 20detik]
(aau/fds)

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button