Berita Wisata

Di depan Nataru, kondisi jalan menuju pantai Balekambang rusak parah

Kondisi jalan di kawasan Jurang Klampok, Desa Srigonco, Kecamatan Bantur, Kabupaten Malang mengalami kerusakan cukup parah. [cahyono/Bhirawa]

Kabupaten Malang, Bhirawa

Menjelang Hari Raya Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2023, para pejabat pariwisata di wilayah Kabupaten Malang telah menyiapkan berbagai fasilitas dan hiburan untuk menarik wisatawan ke tempat wisata mereka. Sementara itu, persiapan yang dilakukan pihak pengelola tempat wisata tidak didukung oleh kondisi jalan. Khususnya resort-resort di kawasan Malang Selatan. Salah satunya tempat wisata yang menuju ke Pantai Balekambang, Desa Srigonco, Kecamatan Bantur, Kabupaten Malang.

Akibat jalan menuju pantai Balekambang, kondisi jalan di kawasan Jurang Klampok Desa Srigonco rusak parah yang tak jauh dari Jembatan Pelangi Jurang Mayit. Jadi tidak hanya penduduk desa setempat tetapi juga wisatawan yang akan berkunjung ke pantai Balekambang. Padahal, jalan ini juga merupakan jalan yang menghubungkan kawasan wisata selatan Malang. Ditambah dengan rusaknya jalan tersebut, tidak hanya membuat warga tidak nyaman, tetapi juga para wisatawan yang menuju ke tempat-tempat wisata pantai.

Seorang warga Desa Srigonco, Kecamatan Bantur, Kabupaten Malang Mariyono pada Rabu (14/12) membenarkan kepada Bhirawa bahwa kondisi jalan di desanya kini rusak parah. Sehingga mengganggu aktivitas warga sekitar, karena jalan yang berlubang cukup panjang. Selain itu, jalan rusak tersebut berfungsi sebagai jalan penghubung ke berbagai tempat wisata dan juga menghubungkan akses ke Jalan Lingkar Selatan (JLS). Sementara itu, kerusakan jalan juga akibat seringnya melintas truk pengangkut sampah dan tebu.

“Jika Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang tidak segera memperbaiki jalan yang rusak di kawasan Desa Srigonco akan mengganggu perekonomian masyarakat. Memang jalan yang rusak juga sangat mengganggu kenyamanan warga dan wisatawan yang akan berkunjung ke Balekambang pantai,” katanya.

Hal senada juga dikatakan, salah satu wisatawan asal Desa Turirejo, Kecamatan Lawang, Kabupaten Malang Suherman, usai menumpang ke pantai Balekambang, mengatakan kondisi jalan di kawasan Jurang Klampok rusak cukup parah, dan jalan menanjak. Sedangkan potensi terjadinya kecelakaan dan dapat mengakibatkan korban jiwa. Sedangkan destinasi wisata Balekambang merupakan pantai favorit wisatawan. Meski di sekitar Patan juga terdapat beberapa pantai, namun tujuan utama pengunjung wisata adalah Pantai Balekambang.

“Beberapa hari yang lalu saya sekeluarga jalan-jalan ke pantai Balekambang, namun kenyamanan perjalanan terganggu dengan kondisi jalan rusak berat di kawasan Ngarai Klampok, hanya di jalan menanjak,” ungkapnya.

Padahal, lanjut Suherman, Jembatan Pelangi dibangun cukup baik, namun tidak diimbangi dengan jalan yang mulus. Memang banyak kendaraan bermotor yang terjebak macet karena harus melaju pelan untuk menyeberang jalan. Dan tidak lupa nanti saat libur Natal dan Tahun Baru 2023, jika kondisi jalan tetap sama[ seperti itu, maka akan terjadi kemacetan yang cukup panjang ketika memasuki Desa Srigonco yang menuju Pantai Balekambang.

“Saya sebagai warga Kabupaten Malang berharap kepada Pemkab Malang segera memperbaiki jalan rusak yang menuju wisata pantai di wilayah Malang Selatan. Karena wisata pantai di Kabupaten Malang sangat digemari para wisatawan,” tandasnya. [cyn.bb]

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button