Tempat Wisata

Pantai Matras Bangka – Tempat Wisata, Aktivitas, Lokasi & Harga Tiket

harga tiket: Rp5.000 Waktu aktif: 06.00-15.00 WIB, Alamat: Pantai J L. Matras, Sinar Baru, Kec. Sungai Liat, Cab.Bangka, Kepulauan Bangka-Belitung; map: pemeriksaan situs

Pulau Bangka merupakan salah satu pulau yang masuk dalam 10 besar pulau terbesar di Indonesia. Pulau ini memiliki banyak sekali keindahan alam, salah satunya adalah wisata pantai. Pantai yang paling populer di pulau yang ada di provinsi Bangka Belitung ini adalah Pantai Matras.

Pantai eksotik ini menyimpan banyak keunikan yang memikat. Keindahan alamnya menjadi salah satu daya tarik utama di tempat ini. Kebersihan pantai di Bangka terjaga dengan perairan yang tenang memberikan suasana liburan yang aman dan nyaman.

Banyak wisatawan dari dalam dan luar negeri datang ke pantai populer ini. Pantai dengan pasir putih bersih bak mutiara ini memiliki fasilitas yang cukup baik dan dapat menunjang kegiatan wisata yang menyenangkan sehingga cocok untuk wisata keluarga.

Daya tarik itu milik Pantai Matras

Obyek wisata di Pantai KasurSumber Gambar: Google Maps Apeade _e

Pantai Matras merupakan destinasi populer yang wajib dikunjungi di Pulau Bangka. Banyak wisatawan yang telah mengunjungi masyarakat baik lokal maupun mancanegara untuk berlibur bersama keluarga dan kerabat. Banyak hal yang menjadi daya tarik tersendiri dari pantai yang disebut Pantai Kuta Bangka ini.

1. Permukaan pasir putih

Pantai indah ini memiliki hamparan pasir putih yang bertekstur halus dengan bidang miring yang menarik banyak wisatawan. Karena pasirnya yang lembut dan bersih, pantai ini disebut sebagai mutiara dan surga tersembunyi Bangka.

2. Makanan khas Bangka

Ada banyak rumah makan dan rumah makan yang menjual menu seafood dengan resep ala Bangka. Selain itu, ada berbagai macam makanan yang bisa dijadikan oleh-oleh khas Bangka, seperti kecalok, kerupuk ikan, rusip, keretek cumi/ikan, belacan/trasi, kempang bakar dan lada bubuk.

3. Kuta Bali di Bangka

Pantai ini sering disebut sebagai Pantai Kuta Bali oleh banyak wisatawan yang berlokasi di Bangka. Bukan tanpa alasan pantai ini memiliki garis pantai sepanjang 5 km yang terbentang dari ujung utara hingga selatan. Masing-masing sisi juga memiliki keindahan tersendiri.

4. Panorama indah di sisi utara dan selatan

Pantai Matras memiliki panorama yang indah yang terbagi menjadi dua bagian yaitu di sisi utara dan sisi selatan pantai. Panorama di sisi utara meliputi hamparan pasir pantai yang sangat luas dan tak berujung ke arah selatan. Pemandangan laut lepas dengan pasir putihnya mampu memanjakan mata para wisatawan.

Pemandangan di sisi selatan berupa bongkahan batu granit yang tersusun rapi dengan latar belakang pohon kelapa dan birunya air laut menunjukkan keindahan tersendiri. Lokasi ini bisa dijadikan spot foto yang menarik.

5. Banyak pilihan akomodasi

Pengunjung dari luar kota tidak perlu khawatir untuk menginap di mana. Ada banyak pilihan akomodasi yang bisa dipilih pengunjung, mulai dari bungalow sederhana hingga hotel bintang empat yang nyaman.

6. Julukan Pantai Rakyat

Pantai eksotis ini tidak jauh dari pusat kota sehingga mudah dijangkau. Selain itu, harga tiket yang sangat terjangkau menyebabkannya dinamai Pantai Rakyat oleh masyarakat setempat.

Alamat, lokasi rute dan harga tiket

Alamat wisata Pantai MatrasKredit Foto: Google Maps Ramadhani Prastyantoro

Pantai Matras terletak di Kabupaten Bangka, Provinsi Bangka Belitung, tepatnya di Desa Sinar Baru, Kecamatan Sungai Liat. Jaraknya hingga 40 km dari Pangkalpinang atau dapat ditempuh melalui jalan darat dalam waktu sekitar 1 jam.

Sedangkan jika wisatawan berangkat dari Kota Sungai Liat hanya membutuhkan waktu sekitar 20 menit berkendara atau menempuh jarak sekitar 13 km. Wisatawan yang ingin mengunjunginya tidak perlu khawatir dengan akses menuju pantai cantik ini.

Salah satu tempat wisata unggulan Bangka Belitung itu mendapat perhatian khusus dari pemerintah dengan membuat jalan beraspal lebar dan datar agar bisa dilalui berbagai jenis kendaraan.

Pengunjung dapat mengakses pantai dengan kendaraan yang membentang sepanjang 5 km dari semenanjung utara hingga ujung selatan. Untuk mengetahui itinerary, pengunjung dapat dengan mudah mengakses lokasi Pantai Matras dengan mencarinya di kotak pencarian di Google Maps karena informasi lengkap tersedia.

Wisatawan yang tidak membawa kendaraan bisa menuju pantai menawan ini dengan menyewa atau memesan kendaraan. Jika titik penjemputan di bandara Depati Amir, tersedia kendaraan yang disewakan hingga ke pantai yang disebut mutiara indah ini.

Ada pilihan lain dengan angkutan umum seperti Angkot yaitu Angkutan Kota Colt dari arah Pangkalpinang atau dengan ojek on line. Jalan yang dilalui dari arah Pangkalpinang memiliki tingkat bergelombang.

Untuk mengakses kawasan pantai cantik ini, pengunjung hanya perlu membayar tiket masuk yang relatif murah, yakni sekitar Rp2.000 hingga Rp5.000 per orang.

Aktivitas seru yang bisa dilakukan di pantai Matras

Aktivitas wisata di Pantai KasurKredit foto: Google Maps Krysna K. Manggala

1. Berenang

Pantai Matras memiliki ombak air yang tenang, sehingga aman bagi mereka yang ingin berenang dan bermain air. Sangat aman terutama bagi pengunjung yang membawa anak-anak selama masih dalam pengawasan orang dewasa.

2. Piknik

Menghampar tikar, membawa perbekalan sambil menikmati suasana sekitar pantai dengan semilir angin sepoi-sepoi merupakan kegiatan menarik yang sangat menyenangkan. Bersantap bersama orang tersayang sambil menikmati makanan lezat di atas butiran pasir yang lembut akan menjadi pengalaman yang tak terlupakan.

Agar piknik semakin menyenangkan, ada baiknya pengunjung menyiapkan perbekalan seperti tikar, tabir surya, kacamata hitam, sandal dan perlengkapan lainnya dari rumah.

3. Ambil foto Ria

Salah satu kegiatan wajib yang tak boleh dilewatkan pengunjung adalah berfoto di pantai yang mempesona ini. Ada banyak spot foto yang menunjukkan keindahan foto yang diambil. Bebatuan granit dengan pasir putih di depan pepohonan bisa menjadi tempat terbaik untuk berfoto.

4. Berkemah dan BBQ

Yang bisa dilakukan di Wisata Pantai KasurKredit foto: Google Maps Irwan Syah

Sangat menarik bermalam bersama teman bahkan keluarga di pantai Matras dengan mendirikan tenda camping sambil memanggang ikan segar hasil tangkapan nelayan. Suasana malam di pantai juga indah dengan perahu nelayan yang bertebaran di tengah laut dengan lampu seadanya membuat malam semakin gemerlap.

Selain menikmati ikan bakar sendiri, pengunjung juga dapat menikmati pisang goreng keju, ubi goreng keju, kolak labu merah, dan berbagai minuman panas yang tersedia di restoran terdekat.

5. Nikmati ikan segar

Pengunjung dapat menikmati ikan segar hasil tangkapan nelayan setempat. Ada banyak rumah makan yang menjual olahan air laut dengan bumbu khas Bangka.

Pengunjung tidak hanya bisa menikmati olahan ikan, tetapi juga membeli ikan segar di tempat pelelangan ikan yang berlangsung dari pukul 06:00 WIB hingga 07:00 WIB di pinggir pantai. Ikan yang tersedia antara lain ikan bawal, ikan tyrian, cumi-cumi, udang, bahkan kepiting.

6. Nikmati panoramanya

Aktivitas menarik selanjutnya yang bisa dilakukan wisatawan di pantai Matras adalah bersantai menikmati pemandangan di sore hari. Momen matahari terbenam yang mempesona di atas laut biru yang tak berujung sungguh menakjubkan.

Panorama indah lainnya, yakni banyaknya bongkahan batu granit di sekitar pantai yang terbentang di atas pantai berpasir putih dengan latar belakang pohon kelapa dan di bawah langit biru adalah komposisi yang pas. Pengunjung dapat bersantai sambil menikmati keindahan alam ciptaan Tuhan.

7. Bermain pasir

Wisatawan yang datang bersama keluarga dan membawa anak-anak sangat cocok mengunjungi pantai menawan ini. Pasir putihnya yang lembut sangat aman sebagai tempat bermain anak-anak.

Kegiatan ini bisa melatih kreativitas si kecil dengan membangun bangunan seperti istana mini atau sekadar menuliskan namanya di atas pasir.

8. Bermain bola atau voli pantai

Pantai berpasir lembut ini menjadikannya tempat yang aman untuk bermain bola atau voli pantai. Bagi pengunjung yang membawa rombongan, kegiatan ini bisa dijadikan pilihan untuk menikmati waktu di pantai. Kegiatan ini tidak hanya menyenangkan, tetapi juga dapat menyehatkan dan menguatkan tubuh.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Sumber gambar: Google Maps KL Enzo

Pantai Matras yang memikat ini sudah terekspos masyarakat mancanegara sehingga fasilitas yang ada cukup baik untuk mendukung aktivitas liburan wisatawan.

Fasilitas yang ada antara lain penginapan, tempat hiburan, pusat penjualan cinderamata dan oleh-oleh serta pelayanan wisata dan perjalanan, serta restoran. Ada berbagai macam akomodasi, baik dalam bentuk hotel maupun di bungalow sederhana.

Fasilitas penunjang lainnya seperti toilet, tempat parkir, tempat cuci piring, kamar mandi dan tempat ibadah juga tersedia. Oleh karena itu, pengunjung masa kini dapat merasakan liburan yang lebih nyaman di pantai unik ini.

Itulah berbagai atraksi, tiket masuk, rute dan fasilitas yang ada di kawasan wisata Pantai Matras. Pantai ini mendapat banyak perhatian dari pemerintah setempat sehingga fasilitas yang ada dapat mendukung kegiatan liburan. Jika Anda tertarik, buatlah janji untuk bersantai di pantai yang tenang ini.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button