Tempat Wisata

Pantai Kukup, pantai andalan Gunung Kidul Jogja yang indah

Pantai Kukup merupakan salah satu wisata pantai eksotis yang sayang untuk dilewatkan saat berkunjung ke Gunung Kidul, Jogja. Pantai indah yang menampilkan pesona pulau-pulau karang dan keindahan alam yang memanjakan mata.

harga tiket: Rp 10.000, Waktu aktif: 05.00-21.00, Alamat: JL Ngepung, Kemadang, Kec. Tanjungsari, Kab.Gunung Kidul, DI Yogyakarta; map: Cek lokasi

Sebagai negara kepulauan, Indonesia memiliki bentang alam yang berbentuk seperti perairan. Oleh karena itu, negara ini memiliki kekayaan laut yang tidak ada duanya. Menariknya, banyak tempat yang kini juga dijadikan sebagai andalan sektor wisata pantai asal Indonesia. Di salah satu provinsi yaitu Yogyakarta, terdapat sebuah pantai yang indah bernama Pantai Kukup.

Pantai indah ini terletak di kabupaten Gunung Kidul, sehingga banyak orang menyebutnya Pantai Kukup. Pantai ini merupakan destinasi wisata bahari yang indah. Dimana terdapat panorama alam yang tiada duanya. Tak heran, banyak yang menjadikan ini sebagai destinasi wisata alam saat liburan tiba.

Daftar pengunjung juga tidak hanya terdiri dari wisatawan domestik tetapi juga wisatawan asing. Hal ini tidak terlepas dari daya tarik dan keunikan Pantai Kukup. Segala sesuatu di dalamnya seolah membangkitkan hasrat liburan yang menggebu-gebu. Liburan pantai memang menjadi pilihan yang tepat bagi Anda yang ingin menikmati keindahan alam alam dan melakukan berbagai aktivitas pantai.

Atraksi Pantai Kukup

Atraksi Pantai KukupSumber gambar: Google Maps Novie Eviany

1. Pemandangan Laut Eksotis

Meski daya tarik Pantai Kukup banyak, yang tidak boleh dilewatkan adalah penampakan alam laut biru yang memanjakan mata. Jangan lupa juga untuk melapisi pantai dengan pepohonan yang rindang, yang akan membuat suasana sejuk semakin terasa.

Meski tempat wisata ini tidak memiliki garis pantai yang luas, Anda akan dimanjakan dengan suasana pedesaan di sekitarnya dalam waktu singkat. Pengunjung dijamin betah di sini. Apalagi saat cuaca cerah biasanya Anda bisa melihat langit biru di antara gemerlap air laut. Seperti dipecah menjadi setetes air tampak seperti permata di lautan.

Pantai di Gunung Kidul, seperti pantai Laut Selatan pada umumnya, dikelilingi oleh tebing-tebing tinggi. Semilir angin sepoi-sepoi yang menerpa tubuh nampaknya mampu menenangkan rasa lelah yang sedang kamu rasakan.

2. Terumbu Karang Asli

Keindahan Pantai Kukup yang tidak boleh Anda lewatkan adalah keindahan terumbu karang di bawah lautnya. Inilah primadona di pantai Gunung Kidul, Yogyakarta. Bagaimana tidak di permukaan air laut yang begitu jernih Anda bisa melihat ikan-ikan berenang hilir mudik di antara terumbu karang.

Jika dilihat lebih dekat, pantai ini termasuk dalam perairan dangkal, dan di sini masih terdapat bebatuan karang yang sepertinya sudah ada sejak zaman dahulu. Selain itu, di pinggir pantai Anda bisa melihat batu karang besar yang hampir menjorok ke laut, batu karang ini terkadang menjadi sasaran suara ombak laut.

Kawasan terumbu karangnya sendiri berjarak sekitar 100 meter dari bibir pantai. Untuk bisa melihat biota laut, pastikan Anda menggunakan sandaran seperti pelampung.

Apalagi dengan air surut di pantai ini akan menjadi objek yang ditunggu-tunggu. Karena dengan begitu Anda bisa melihat terumbu karang dari luar permukaan air. Biasanya juga ada beberapa biota laut yang terdampar akibat surutnya air.

3. Pulau Karang di wilayah pesisir

Di Pantai Kukup sendiri ada pemandangan yang membuatnya seperti Tanah Lot Bali. Yakni dengan adanya sebuah pulau di lepas pantai timur yang bernama Pulau Karang. Ya, pulau ini menjadi tempat yang menarik untuk menikmati keindahan laut di Gunung Kidul, Yogyakarta.

Pengunjung juga dapat dengan mudah mengakses Pulau Karang dengan melintasi jembatan penghubung yang telah disediakan. Di ujung Pulau Karang anda akan menemukan view yang seolah-olah membuat mata mati rasa sehingga yang tercipta hanyalah rasa kagum pada ciptaan Tuhan.

Selain itu, di tempat ini, pengunjung dapat melihat fenomena alam berupa matahari terbit yang tampak berangsur-angsur muncul di ufuk timur. Tak heran, saat liburan tiba, pantai populer ini sudah dipadati wisatawan yang ingin bersantai dan menikmati liburan keluarga.

Alamat Pantai Kukup, lokasi rute dan harga tiket masuk

Alamat Pantai KukupSumber foto: Facebook Pantai Kukup, Gunungkidul, Yogyakarta

Wisata Pantai Kukup terletak di Desa Kemadang, Tanjungsari, Gunung Kidul, Yogyakarta. Tempat ini sangat mudah ditemukan karena tidak jauh dari tempat wisata pantai lainnya. Sangat direkomendasikan adalah pantai yang dikenal memiliki pantai berpasir putih yang indah dan cukup luas. Apalagi bagi pecinta wisata alam, Anda pasti akan betah saat tiba di tempat ini.

Pertama Anda bisa melewati jalur Jogja – Solo menuju monumen Candi Prambanan. Setelah sampai di pertigaan, ambil jalur kanan, lurus saja hingga sampai di Jalan Baron. Nah lokasi pantai ini berjarak 1 km ke Pantai Baron. Koneksi jalan menuju Pantai Kukup cukup baik, sehingga dapat dilalui tanpa kendala.

Sama seperti tempat wisata pada umumnya, pengunjung dikenakan biaya masuk untuk mengakses keindahan alam pantai ini. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena pada akhirnya hanya dikenakan biaya Rp 10.000.

Sudah dengan membayar tiket di awal pintu masuk, pengunjung tidak hanya bisa menikmati keindahan Pantai Kukup. Namun juga dua pantai lainnya di tempat yang sama, yaitu Pantai Krakal dan Pantai Sudak.

Ada biaya parkir bagi Anda yang membawa kendaraan pribadi. Harganya sekitar Rp 2000 untuk rak motor, Rp 5000 untuk mobil, Khusus untuk minibus, biaya parkirnya Rp 20.000.

Aktivitas di pantai Kukup

Atraksi Pantai KukupSumber gambar: Google Maps Benidict Satriyo

1. Ikuti tradisi lokal

Jika Anda datang ke sini saat bulan Muharram, Anda akan melihat budaya berupa sedekah laut yang dilakukan oleh warga sekitar. Aneka sesajen dihempaskan ke laut di pantai Kukup sebagai persembahan kepada ratu pantai selatan.

Untuk melaksanakan upacara, warga dipimpin oleh seorang kepala adat atau juru kunci. Jadi acara itu sakral. Jika beruntung, Anda juga bisa mengikuti upacara yang satu ini, yang hanya berlangsung setahun sekali.

2. Snorkeling untuk melihat keindahan terumbu karang

Seperti yang sudah disebutkan, pantai ini memiliki panorama bawah laut yang indah. Letaknya tidak jauh dari pantai. Sehingga pengunjung bisa membawa peralatan snorkeling sendiri untuk menikmati pemandangan bawah laut.

Namun, hal menyenangkan akan terjadi saat laut sedikit surut. Kemudian pengunjung tidak perlu menyelam untuk melihat gugusan terumbu karang. Karena biota laut yang ada seolah bertebaran di perairan dangkal di dekat pantai yang indah ini. Selain itu, banyak makhluk laut yang terdampar di pasir, seperti bulu babi, rumput laut, kerang dan bahkan ikan kecil.

3. Berburu foto keren

Yang tidak boleh Anda lewatkan di Pantai Kukup adalah menjelajahi tempat-tempat menarik. Anda bisa memilih Pulau Coral yang memiliki view point yang menakjubkan. Atau berpose di pasir dan melihat laut lepas. Atau pengunjung bisa menunggu hingga matahari perlahan terbenam di ufuk barat. Kemudian berfoto dengan latar belakang langit senja yang eksotis.

Akomodasi hemat terdekat ke Pantai Kukup

Akomodasi di dekat Pantai KukupSumber gambar: Twitter pegipegijuk

1. Resor Inez

Bagi Anda yang ingin menikmati liburan Anda di Pantai Kukup, Anda bisa menginap di Inez Resort. Penginapan ini termasuk hotel terdekat dari kawasan pantai. Inez Resort dibangun secara strategis untuk menghadirkan pengunjung tidak hanya dengan keindahan Pantai Kukup tetapi juga dengan tampilan alam Pantai Baron yang indah.

Apalagi ketika Anda bangun di pagi hari dan melihat ke timur dari jendela kamar tidur, Anda akan melihat matahari terbit di pantai yang indah. Cahaya tampak memantul di kaca untuk menyetrum mata.

Sedikit demi sedikit tubuhmu merasakan hangatnya mentari pagi. Dari segi fasilitas, Inez Resort terbilang cukup memadai, antara lain kolam renang, bumi perkemahan, restoran, dan lainnya.

Perlu Anda ketahui juga bahwa kolam yang juga merupakan bumi perkemahan dari resort ini yang bertengger di atas tebing. Untuk membuat pengunjung merasa seperti sedang berenang di tepi tebing sambil menikmati keindahan laut Pantai Kukup. Berkemah menjadi lebih tak terlupakan karena Anda bisa langsung menikmati semilir angin khas pantai. Perawatan diambil untuk memastikan bahwa pengunjung selalu merasa betah di sini.

2. Akomodasi Kukup yang bagus

Akomodasi terdekat adalah Kukup Indah Inn. Tempat ini terletak di Tanjungsari dimana bangunannya didesain dengan desain yang epic. Bagaimana tidak, sesampainya di sana Anda akan menemukan bangunan berwarna-warni yang didominasi warna pink.

Sejauh ini, Kukup Indah Inn memiliki 30 kamar yang bisa digunakan untuk pengunjung pantai. Bagi anda yang tidak tahan panas bisa memilih kamar yang ber AC, untuk kamar yang ber AC hanya ada 8 unit.

Sedangkan kamar lainnya hanya memiliki fasilitas berupa kipas angin. Namun demikian, ada fasilitas lain seperti TV, ruang tamu dan tempat duduk yang nyaman.

3. Pondok wisata Kukup

Pondok Wisata Kukup terletak di desa Krambit Awit yang harganya cukup ramah kantong. Oya, harga per malamnya mulai dari Rp 100.000 – Rp 250.000. Meski demikian, penginapan yang satu ini juga dilengkapi dengan kamar ber-AC. Karena lokasinya yang dekat dengan pantai Kukup, wisatawan juga memilih Pondok Wisata Kukup sebagai tempat menginap.

Fasilitas yang tersedia di Pantai Kukup Gunung Kidul

Fasilitas pantai KukupKredit Foto: Google Maps Amanina Syahida Anwar

Padahal, berkunjung ke Pantai Kukup kurang memuaskan jika tidak membawa oleh-oleh dari sana. Untuk itulah, pantai yang satu ini juga dihuni oleh beberapa toko oleh-oleh yang berjejer di sepanjang tepi pantai. Selain itu, ada restoran yang bisa menjadi tempat mengisi perut saat lapar menyerang.

Fasilitas lain di pantai ini adalah toilet, tempat parkir pengunjung dan tempat ibadah. Saat berkunjung ke sini, Anda bisa memakai pelindung kaki seperti sandal atau sepatu. Hal ini untuk meminimalisir terjadinya cedera kaki akibat menginjak biota laut yang ada.

Nah itulah beberapa hal yang berbeda tentang Pantai Kukup di Gunung Kidul, Yogyakarta. Jika Anda penasaran, datang saja mengunjungi kami saat liburan tiba. Revitalisasi tempat wisata Indonesia untuk menunjang perekonomian negara. Selamat berlibur.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button