Tempat Wisata

Tiket & Tempat Wisata DANAU CIBEUREUM Garut Desember 2022

Harga Tiket Masuk Danau Cibeureum : Rp 10.000. Jam buka: 24 jam. Nomor telepon : -. Alamat : Sarimukti, Pasirwangi, Garut, Jawa Barat, Indonesia, .

Danau Cibeureum adalah sebuah danau alami di kaki Gunung Kamojang, Kabupaten Garut. Berbeda dengan Situ Cibeureum di Bekasi, danau ini berada di tengah kawasan hutan. Keindahan alamnya masih sangat hidup.

Biaya masuk ke Danau Cibeureum

Tiket masuk kawasan wisata Danau Cibeureum cukup terjangkau. Pengunjung hanya perlu membayar 10.000 rupiah per orang untuk beristirahat di sini. Harga tersebut belum termasuk biaya parkir dan berkemah. Untuk camping ada tambahan biaya 10.000 rupiah.

Biaya masuk
tiket masuk Rp 10.000/orang

Baca Juga : 25 Destinasi Wisata Terbaik Di Garut

jam buka

Danau Cibeureum dibuka untuk umum setiap hari. Adapun daerah tempat perkemahan, tempat wisata ini memberlakukan jam operasional 24 jam. Kunjungan wisatawan cenderung meningkat pada akhir pekan.

jam operasi
Setiap hari 24 jam

Rekreasi di Danau Cibeureum

Tempat wisata alam yang indahMeski minim perawatan, Situ Cibeureum yang sempat dijadikan objek wisata di awal tahun 2000-an ini tetap menawarkan suasana alam yang damai dan menyejukkan – Foto: Gmap/Jaka Satria Budiman

Potensi wisata yang ada di wilayah Kamojang Kabupaten Garut belum banyak diketahui orang. Kawasan ini memiliki bentang alam yang bervariasi. Ada kawah, hutan pinus, danau, dan sumber air panas di sini. Sebagai cagar alam, konservasi alam di Kamojang masih terjaga dengan sangat baik.

Salah satu wisata alam yang sudah lama ada di sini adalah Danau Cibeureum. Danau alami ini terletak di kaki Gunung Kamojang. Dan masih masuk dalam wilayah Kampung Legok Pulus, Desa Sukakarya, Kecamatan Samarang.

Lokasinya memang agak di dalam hutan. Pantas saja aksesnya tidak mudah. Namun, Danau Cibeureum dulunya merupakan tempat wisata yang tidak pernah sepi. Seiring waktu, kurangnya perawatan membuat tempat ini kurang menarik.

Pesona Danau Cibeureum terletak pada keindahan alam sekitarnya. Danau yang berada di ketinggian 2.124 mdpl ini diselimuti oleh kawasan hutan pinus yang cukup lebat. Airnya tetap jernih, meski danau tertimbun lumpur akibat sedimen. Ketenangan dan ketenangan yang ada di sini menjadi pesona dan daya tarik tersendiri.

akses ke pintu masuk

Jalan menuju danauKeterbatasan akses jalan menjadi kendala lain yang membuat objek wisata ini sepi – Foto: Gmap/Cong On

Yang perlu diperhatikan sebelum mengunjungi Danau Cibeureum adalah konektivitas jalan. Sebagai obyek wisata, danau ini hanya mengandalkan jalur sempit menembus hutan. Jarak dari jalan raya ke lokasi danau sekitar 1,5 kilometer.

Medan jalan sebagian beraspal dan cukup mulus. Lainnya adalah jalan makadam yang masih belum sempurna. Ada bagian yang kotor dan becek setelah hujan. Tantangan yang beragam membuat danau ini menjadi tujuan yang menarik bagi para pesepeda.

Selain medan yang berat, sempitnya jalan menjadi tantangan lain. Beberapa titik pertemuan ditutupi semak yang dapat menggores bodywork. Oleh karena itu, disarankan menggunakan kendaraan roda dua untuk menuju ke sini. Lebih bagus lagi jika jenis kendaraan yang digunakan adalah off-road.

Dingin dan tenang

Pemandangan dari Situ CibeureumJernihnya air di Situ Cibeureum menyejukkan mata – Foto: Gmap/Sidik Triadi

Sekitar 1 kilometer sebelum lokasi danau, pengunjung akan menemukan tempat perkemahan. Kawasan tersebut merupakan hutan pinus yang sejuk dan asri. Berada di dataran tinggi membuat suhu udara di sini lebih sejuk. Suhu terukur tertinggi di wilayah laut hanya 18 derajat Celcius.

Di tempat parkir, wisatawan menemukan pipa irigasi. Jalur ini dimodelkan pada air terjun buatan. Sebelum memasuki kawasan danau, terdapat hutan pinus yang harus dilalui.

Danau Cibeureum merupakan salah satu hulu Sungai Cimanuk. Airnya jernih dan sejuk. Sayangnya, danau ini tertimbun lumpur dan menyempit. Banyak tanaman air menutupi sebagian besar permukaan.

Fasilitas masih lengkap

Fasilitas yang tersediaKawasan wisata Danau Cibeureum menawarkan fasilitas seperti cottage dan villa bergaya tradisional – Foto: Gmap/Zamil Abdul Aziz

Obyek wisata ini memiliki fasilitas penunjang yang lengkap meski kondisinya tidak terawat. Fasilitas seperti toilet, mushola dan warung sudah tersedia. Ada sebuah vila sederhana tak jauh dari tepi danau.

Ada beberapa pondok peristirahatan di sekitar danau. Jangan lewatkan viewpoint dan spot foto di tengah danau. Tempat ini menawarkan pemandangan danau yang indah dikelilingi oleh hutan.

rekreasi di alam

Berkemah di hutan sekitar danauArea hutan di sekitar danau yang sejuk menjadi tempat perkemahan yang sempurna – Foto: Gmap/ZAHRAN FAIRUZ

Rekreasi yang bisa dinikmati di sekitar salah satunya adalah piknik. Pengunjung dapat memilih situs kabin di tepi danau atau sebidang tanah datar. Nikmati kebersamaan sambil makan di tengah alam.

Bagi pecinta foto, Danau Cibeureum adalah tempat berburu yang sempurna. Pemandangan alam yang masih asri dan asri menghadirkan objek foto alam yang menarik. Ada banyak spot menarik untuk para penggila selfie, seperti area di tengah danau. Pengunjung harus menyeberangi jembatan bambu sederhana untuk mencapainya.

Pilihan aktivitas lainnya adalah berkemah. Tanah di sekitar danau merupakan dataran miring yang nyaman untuk mendirikan tenda. Kawasan ini tidak hanya landai tetapi juga luas dan rindang karena dinaungi oleh pepohonan. Wisatawan bisa merasakan suasana tidur ditemani suara alam yang menenangkan.

Fasilitas Danau Cibeureum

Fasilitas penunjang di Danau Cibeureum terbilang lengkap, meski dalam kondisi seadanya. Terdapat fasilitas umum seperti tempat parkir, toilet, mushola dan warung. Di beberapa tempat terdapat gazebo atau gazebo untuk istirahat. Ada juga vila yang bisa disewa untuk bermalam dan tempat perkemahan yang luas.

Lokasi Danau Cibeureum

Danau alami ini terletak di Desa Sukakarya, Kecamatan Samarang, Kabupaten Garut. Hotel ini terletak kurang lebih 20 kilometer dari pusat Kota Garut. Rute dari kota melalui Jalan Samarang, kemudian belok di pertigaan menuju Kamojang. Sesampainya di objek wisata Puncak Parabon, belok kanan dan ikuti jalan menuju tempat tersebut.

Batas angkutan umum hanya sampai pertigaan Samarang-Kamojang. Disarankan menggunakan sepeda atau motor pribadi. Akses jalan menuju lokasi danau hanya cukup untuk mobil dengan medan yang berat. Tidak disarankan untuk menggunakan mobil kecuali itu adalah kendaraan off-road.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Back to top button