Tempat Wisata

Happy Farm Ciwidey, Taman Rekreasi & Lembaga Pendidikan Favorit di Bandung

harga tiket: Rp 10.000 Waktu aktif: 08.00-22.00 WIB Alamat: J L. Raya Ciwidey No. km 33,7, Panundaan, Kec. Ciwidey, Cab.Bandung Jawa Barat.; map: pemeriksaan situs

Mengunjungi tempat wisata alam yang dipadukan dengan edukasi sepertinya menarik, terutama bagi anak-anak. Happy Farm Ciwidey adalah salah satunya. Tempat wisata ini dirancang khusus bagi mereka yang ingin merasakan petualangan bermain sambil belajar. Ternyata tidak hanya anak-anak saja, orang dewasa pun banyak yang senang bermain di sini.

Lokasinya yang berada di ketinggian membuat suasana semakin asri. Ciwidey sendiri merupakan salah satu kawasan di Bandung yang cukup tinggi letak geografisnya. Selain keren dan asri, salah satu daya tarik utamanya adalah pemandangan pepohonan dan taman yang asri.

Tempat wisata di Bandung ini tidak pernah sepi pengunjung. Pada hari-hari tertentu, banyak rombongan wisatawan yang berasal dari lembaga sekolah. Bukan berarti tidak terbuka untuk umum, bahkan bagi Anda yang membawa rombongan keluarga pun bisa berkunjung. Namun sebelumnya, pastikan datang di hari yang tepat, yakni di hari-hari yang tidak terlalu ramai dikunjungi turis.

Daya Tarik Happy Farm Ciwidey

Atraksi yang dimiliki oleh Happy Farm CiwideyKredit foto: Google Maps Catharina Rumawas

Alasan banyak orang mengunjungi Happy Farm Ciwidey setiap hari tak lain karena daya tariknya. Konsep wisata yang unik misalnya, belum banyak yang menerapkannya. Tak hanya itu, tentunya ada berbagai atraksi yang akan membuat Anda betah berlama-lama.

1. Taman Kelinci

Bagi anak-anak, hewan menggemaskan seperti kelinci tentu memiliki daya tarik tersendiri. Apalagi saat mereka diperbolehkan berinteraksi langsung dengan hewan-hewan lucu tersebut. Daya tarik ini bukan satu-satunya, tetapi bisa dianggap sebagai daya tarik utama. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya pengunjung yang selalu berduyun-duyun ke wilayah taman kelinci.

Nyatanya, kelinci tidak hanya disukai anak-anak, tetapi juga orang dewasa. Pada umumnya para pecinta binatang sering menjadikan kawasan ini sebagai tempat khusus untuk mengamati tingkah laku kelinci. Selain permainan langsung seperti mengejar atau membawa, kamu juga bisa menyediakan makanan yang dipasok khusus oleh pengelola.

2. Kebun binatang mini

Daya tarik Happy Farm Ciwidey Bandung selanjutnya adalah kebun binatang mini. Seperti namanya, Anda tidak akan menemukan banyak koleksi hewan di sini. Selain itu, jenis hewan yang dimaksud juga spesifik, hanya berupa hewan ternak seperti kambing, sapi, dan kuda. Kawasan ini disebut petting zoo, sehingga pengunjung hanya bisa melihatnya dari luar kandang.

Menariknya ada sesi feeding jika datang tepat waktu. Jenis makanannya sendiri akan disesuaikan dan saat masuk akan gratis. Adanya kebun binatang mini membuat tempat wisata ini semakin menarik. Selain itu, Anda dapat mengajari anak-anak cara merawat dan mencintai hewan dengan memberi mereka makan.

3. Rumah permen

Daya Tarik Happy Farm CiwideyKredit foto: Google Maps Rita Rahmawati

Hampir semua atraksi di Happy Farm Ciwidey dirancang khusus untuk anak-anak. Selain yang sudah disebutkan, ini juga termasuk wahana Candy House. Dari namanya sudah jelas bahwa tempat ini merupakan rumah permen yang di dalamnya terdapat banyak sekali jenis permen.

Bertempat di lahan seluas 10×5 meter, anak-anak disuguhi konsep kombinasi pink dan biru. Dari sekian banyak jenis permen yang dihias, Cotton Candy adalah yang paling banyak diminati. Anda dan anak-anak Anda bisa menyulap wahana ini menjadi objek foto yang indah. Selain itu, ada kelas pembuatan arum manis yang termasuk dalam paket tiket masuk.

4. Sebagai wisata edukasi

Dari semua tempat wisata yang disebutkan, dapat disimpulkan bahwa Happy Farm Ciwidey merupakan tempat wisata edukasi di Bandung yang layak untuk dikunjungi. Dengan luas kavling kurang lebih 3 hektar banyak keseruan yang bisa didapat. Tidak hanya seru tentunya, tapi juga banyak belajar.

Konsep alam terbuka membuatnya semakin menarik, pemandangan alam yang indah tak luput dari pandangan. Pepohonan yang hijau dan asri begitu menyegarkan, begitu pula dengan udaranya. Lahannya yang luas sangat baik digunakan untuk berbagai aktivitas menyenangkan bagi anak-anak maupun orang tua.

5. Taman bunga untuk spot foto selfie

Tak cukup dengan atraksi di atas, taman bunga seakan menambah keasrian dan keindahan Happy Farm Ciwidey. Pengunjung bisa melihat indahnya bunga berwarna-warni dari jauh, baik disengaja maupun tidak. Di depan pintu masuk, pemandangan ini seolah menyambut Anda.

Berbagai jenis bunga ada di sini, juga warnanya bervariasi untuk mengungkapkan keindahan yang sempurna. Biasanya taman ini tidak hanya dinikmati keindahannya saja, tetapi juga dijadikan latar foto. Yang harus Anda lakukan adalah memilih taman mana yang akan menjadi subjek foto, tetapi pastikan Anda tidak menginjak pagar.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Happy Farm CiwideyKredit foto: Google Maps Cha Salsabila

Happy Farm Ciwidey berlokasi di Jalan Raya Ciwidey, Panundaan, Ciwidey, Bandung, Jawa Barat. Mengunjungi tempat wisata keluarga di Bandung ini tidaklah sulit karena lokasinya yang cukup strategis. Meski jarak tempuh dari pusat kota Bandung cukup jauh, namun rutenya tidak terlalu memusingkan dan mudah ditemukan.

Jarak dari Alun-alun Bandung sekitar 35 kilometer dengan perkiraan waktu tempuh 1 jam berkendara. Ini saat kondisi jalan tidak macet, tentu butuh waktu lebih lama jika sedang sial karena terjebak macet. Jika Anda sedang berada di pusat kota Bandung, ambil arah menuju Stadion Si Jalak Harupat.

Ambil Alun-alun Soreang untuk rute selanjutnya, lalu menuju ke Jalan provinsi. Tonggak berikutnya mengarah ke Ciwidey Square dan masih di jalan utama. Lalu pergi ke Jalan Raya Ciwidey dan belok kanan di perempatan dekat Alfamart. Dari sini harap ikuti rambu-rambu, resor wisata berjarak sekitar 1 km.

Harga Tiket Masuk Happy Farm Ciwidey

Harga Tiket Masuk Happy Farm CiwideySumber gambar: Google Maps Slamet Riyanto

Biaya masuk ke Happy Farm relatif murah untuk pengunjung. Anda hanya perlu merogoh kocek sebesar 10.000 rupiah untuk masuk ke kawasan wisata ini. Namun perlu diketahui bahwa tiket tersebut tidak termasuk wahana dan beberapa area yang disiapkan.

Misalnya Taman Kelinci, untuk masuk harus membayar tambahan 15.000 rupiah. Dengan harga yang diberikan Anda mendapatkan dua wortel besar. Sedangkan jika ingin menaiki wahana Rumah Permen, dibutuhkan uang sebesar 20.000 rupiah. Biaya tersebut belum termasuk biaya sewa kostum sebesar 20.000 rupiah.

Jika total biaya yang harus dikeluarkan cukup besar, dijamin akan terasa liburan yang berbeda. Anak-anak tentunya akan dengan senang hati diajak berlibur ke sini, apalagi kamu bisa datang kapan saja kapan saja. Pastikan untuk mengetahui jam buka yang buka dari jam 10 pagi – 6 sore WIB.

Aktivitas menarik di Happy Farm Ciwidey

Aktivitas menarik di Happy Farm CiwideyKredit foto: Google Maps Rita Rahmawati

Tentunya jika Anda menyimak ulasan tempat wisata di atas, Anda pasti tahu bahwa ada banyak hal yang bisa dilakukan di Happy Farm Ciwidey. Semua kegiatan menjamin kesenangan bagi orang dewasa dan anak-anak.

1. Nikmati keindahan alam

Sebelum melakukan aktivitas lain, alangkah baiknya jika Anda menyempatkan diri untuk menikmati pemandangan lokal yang indah. Banyak objek yang bisa menyejukkan mata, misalnya pepohonan rindang yang hijau dan taman bunga yang indah. Selain itu, udaranya yang bersih dan jauh dari polusi membuat terasa menyegarkan.

2. Bermain dengan kelinci

Keberadaan taman kelinci di Happy Farm Ciwidey bukan hanya untuk dekorasi dan atraksi. Bagian ini termasuk permainan yang paling populer di kalangan wisatawan. Bermain dengan kelinci merupakan kegiatan yang menarik. Anda bisa menggendongnya sambil memeluknya, namun tetap memperhatikan kenyamanan hewan-hewan lucu ini.

3. Beri makan ternak

Aktivitas menarik di Happy Farm CiwideyKredit foto: Google Maps Redmetic 924

Seperti yang sudah disebutkan, Anda bisa memberi makan ternak dari paket tiket petting zoo yang disediakan panitia. Makanan di sini sebagian besar terdiri dari sayuran segar. Jika jatah dari pengelola tidak cukup, silakan beli lagi di tempat yang disediakan. Bagi anak-anak, memberi makan hewan adalah kegiatan yang tak terlupakan.

4. Berburu spot foto

Secara keseluruhan, Happy Farm Ciwidey memiliki pemandangan yang indah dari berbagai sudut. Artinya, Anda bisa mencari spot foto di hampir seluruh bagian lokasi. Namun, tidak bisa dipungkiri bahwa taman bunga menjadi spot foto yang paling menarik. Selain itu, terdapat fasilitas khusus berupa bangku-bangku yang didesain menarik sebagai alun-alun utama.

5. Berkuda

Aktivitas selanjutnya yang bisa Anda lakukan saat mengunjungi tempat wisata edukasi di Bandung ini adalah menunggang kuda. Anak-anak diundang untuk mengunjungi situs di jalur yang telah ditentukan. Anda tidak perlu takut jatuh atau hal buruk terjadi pada Anda, karena selama perjalanan Anda akan selalu ditemani oleh seorang pawang yang disediakan oleh pihak pengelola.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas Happy Farm CiwideySumber gambar: Google Maps Adhie Viro

Untuk memenuhi kebutuhan wisatawan, Happy Farm Ciwidey menyediakan fasilitas yang memadai. Misalnya, tempat parkir yang luas, toilet, dan mushola dalam satu tempat. Selain itu, ada juga konsep kantin saat perut lapar. Bagi yang berasal dari luar kota tidak sulit mencari penginapan yang dekat dengan tempat tersebut.

Dari semua penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa objek wisata untuk anak-anak kali ini akan diprioritaskan. Namun anda sebagai orang tua tidak hanya melihat keceriaan buah hati anda bermain di situs Happy Farm Ciwidey, anda juga ikut serta dalam setiap kegiatan yang dilakukan.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button