Berita Wisata

Wisatawan diimbau untuk menghindari pergi ke pantai dan pegunungan Garut

Bisnis.comGARUT – Bupati Garut Rudy Gunawan mengimbau wisatawan untuk menghindari objek wisata pantai dan gunung di daerah tersebut karena kondisi cuaca yang ekstrim sebelum dan sesudah awal tahun.

“Kami tidak merekomendasikan ke pantai dan gunung, karena menurut laporan BMKG kondisi cuaca sebelum dan sesudah malam tahun baru sangat ekstrim, sehingga disarankan untuk pergi ke kota-kota yang dianggap lebih aman,” kata Rudy, Kamis (12/12). /29/2022).

Dia mengatakan, kondisi laut saat ini cukup ganas sehingga aktivitas laut tidak diperbolehkan karena dianggap berbahaya.

Pemkab Garut, kata dia, mengeluarkan larangan dan juga menyiagakan satuan Brimob, satuan polisi perairan, untuk memastikan keamanan di wilayah pesisir selatan Garut.

“Anginnya kencang, jadi angin laut kencang, jadi tidak boleh. Kita juga larang, ada juga Brimob dan polisi perairan, kita tidak bisa, kita larang,” ujarnya.

Bupati juga menyampaikan kepada BPBD Garut tentang ancaman cuaca yang dapat membahayakan wisatawan di kawasan pegunungan dan laut.

“Kami sampaikan ke BPBD, sekarang mendaki gunung dihindari, melaut juga dihindari,” ujarnya.

Ia menyarankan agar masyarakat yang ingin berkunjung ke Kabupaten Garut pada musim liburan tahun baru dapat mengunjungi tempat wisata di kawasan perkotaan Garut.

Menurutnya, kawasan wisata Garut yang dekat dengan perkotaan antara lain Situ Bagendit di Kecamatan Banyuresmi dan Cipanas di Kecamatan Tarogong Kaler.

“Ya kalau jalan-jalan bisa ke daerah itu, kotanya Bagendit,” ujarnya.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Klimatologi Jawa Barat memprediksi berbagai kota dan kabupaten di provinsi itu akan dilanda cuaca buruk sebelum dan sesudah malam tahun baru.

Kepala Stasiun Klimatologi Jabar Indra Gustari mengatakan, selama sepekan ke depan diperkirakan akan terjadi beberapa fenomena lagi yang akan berdampak pada penambahan uap air dan/atau pembentukan awan serta peningkatan curah hujan di sebagian wilayah barat. Jawa.

Hingga Kamis (29/12/2022), menurut dia, ada 24 kota dan kabupaten di Jabar yang berpotensi dilanda hujan sangat deras hingga ekstrem yang disertai petir dan angin kencang.

Kemudian pada Jumat (30/12/2022), ia memprediksi kondisi cuaca ekstrem diperkirakan melanda 25 kota dan kabupaten. Kemudian pada Sabtu (31/12) atau malam tahun baru 2023, menurut dia, diprediksi ada 21 kota dan kabupaten yang kemungkinan akan terdampak kondisi cuaca ekstrem.

Sementara pada Minggu (1/1/2023), menurut dia, 14 kabupaten dan kota diperkirakan akan terdampak cuaca ekstrem ini.

Lihat berita dan artikel lainnya di berita Google

Tonton videonya di bawah ini:

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button