Berita Wisata

Ditemukan, pencarian remaja tenggelam di Pantai Prigi semakin melebar

Trenggalek (ANTARA) – Pencarian Angga Jefri (16), turis lokal asal Kediri yang tersesat terbawa arus dan tenggelam di perairan Pantai Prigi, Trenggalek, Jawa Timur, diperpanjang hingga radius 8 mil laut dari titik kejadian.

Koordinator Pos SAR Trenggalek Yoni Fahriza di Trenggalek mengatakan, Senin, pencarian remaja yang masih duduk di bangku SMK itu masih terkendala cuaca buruk. Hujan disertai angin dan gelombang tinggi.

“Area pencarian kami mencakup sepanjang pantai Teluk Prigi. Sekitar 6-8 mil dari titik tenggelamnya,” kata Yoni kepada awak media.

Selain menugaskan dua sampan dibantu perahu nelayan, tim SAR gabungan juga mengerahkan dua unit jet ski untuk menyisir seluruh perairan.

Pencarian difokuskan pada area di mana tubuh korban terlempar, dengan mempertimbangkan arus laut.

“Tim SAR gabungan menerjunkan dua perahu karet. Satu perahu menyusuri pantai, sementara yang lain melakukan pencarian hingga ke tengah laut,” kata Yoni.

Pencarian wisatawan yang tenggelam di hari pertama libur tahun baru, Minggu (1/1), dikawal Kapolres Trenggalek AKBP Alth Alarino.

Penelitian pada H+2 melibatkan lebih banyak personel yang bekerja sama dalam kombinasi. Di luar Basarnas, potensi SAR dari kepolisian, TNI, BPBD hingga relawan dan nelayan dilibatkan dalam pencarian. Total tim SAR yang terlibat dalam pencarian hari kedua berjumlah 80 orang.

Peristiwa wisatawan tersapu ombak di Pantai Prigi itu terjadi pada Minggu (1/1) pagi, sekitar pukul 09.30 WIB.

Ada empat korban yang terbawa arus. Tiga di antaranya berhasil diselamatkan petugas SAR Gabungan yang bersiaga saat liburan Tahun Baru 2023, sementara satu korban lagi bernama Angga Jefri hilang dan tenggelam di air yang dalam.

Petugas saat itu berusaha membantu, namun jenazah Angga Jefri tiba-tiba hilang diterjang derasnya arus laut.

Untuk tiga wisatawan yang masih hidup, mereka sekarang diperbolehkan pulang. Mereka sempat menjalani rawat inap untuk pulih dan mengurangi dampak trauma.

“Alhamdulillah mereka sudah diperbolehkan pulang kemarin (Minggu 1/1) siang setelah kondisinya membaik,” kata Kapolres Watulimo AKP Suyono.

Korban Angga Jefri datang ke Pantai Prigi dengan rombongan tujuh orang. Mereka ingin menikmati liburan tahun baru di pantai dengan mengendarai sepeda motor.

Sesampainya di Pantai Prigi, tiga orang tampil mengitari panggung 360 derajat, sementara empat orang lainnya tampil mengelilingi pantai, termasuk Angga Jefri.

Naas, saat bermain empat orang hanyut terbawa arus. “Kami telah memasang rambu dan peringatan untuk tidak berenang, karena kondisi ombak yang tidak menentu akibat cuaca buruk,” ujarnya.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button