Tempat Wisata

Pantai Jikomalamo Ternate – Atraksi, Aktivitas, Lokasi dan Harga Tiket

harga tiket: Gratis, Waktu aktif: 24 jam, Alamat: J L. Syaikh Muhammad Al-Khidhir, Sulamadaha, Kec. Ternate Barat, Kota Ternate, Maluku Utara; Bahan pengikat: pemeriksaan situs

Memang saat musim liburan tiba, pergi ke pantai adalah salah satu hal yang paling menyenangkan untuk dilakukan. Wisatawan bisa melihat keindahan alam, berenang, bermain pasir atau sekedar bersantai dan berjemur. Salah satu destinasi pantai yang belum banyak diketahui orang ada di Maluku.

Padahal, Provinsi Maluku memiliki banyak destinasi wisata alam indah yang mampu memukau siapa saja yang melihatnya. Lokasi destinasi wisata ini masih tersembunyi, sehingga sedikit sekali wisatawan lokal maupun mancanegara yang mengetahui berbagai destinasi wisata tersebut.

Salah satu destinasi wisata pantai yang menawarkan keindahan surga bawah laut adalah Pantai Jikomalamo di Ternate. Pantai populer ini sedang naik daun dengan turis. Penasaran dengan atraksi yang dimiliki, harga tiket masuk, alamat dan rute menuju ke pantai di Ternate ini. Simak ulasannya di bawah ini.

Daya tarik yang dimiliki Pantai Jikomalamo

Obyek wisata Pantai JikomalamoKredit foto: Google Maps Wagi No

1. Garis pantai yang sempit menyimpan berjuta keindahan

Pantai indah ini hanya memiliki garis pantai sepanjang 100 meter, namun jangan khawatir dengan garis pantai yang sempit ini, yang justru merupakan keuntungan karena pasir pantai yang terbentang di teluk ini masih sangat bagus. Jika Anda berjemur di sini sepanjang hari, wisatawan tidak akan bosan.

2. Keindahan bawah laut yang eksotis

Pantai Jikomalamo memang tidak sepopuler tempat wisata lain di Maluku. Lokasinya masih sangat sulit dijangkau karena berada di teluk. Meski tergolong destinasi wisata alam baru, setelah mencoba menyelam dan melihat ke dalam, wisatawan akan melihat keindahan alam bawah laut yang eksotik.

3. Air laut yang jernih dari permukaan terlihat oleh semua orang

Daya tarik utama dari pantai baru ini adalah permukaan airnya yang sangat jernih sehingga wisatawan dapat melihat apa yang ada di dalam air dari permukaan. Hal ini jelas menguntungkan bagi wisatawan yang tidak hobi diving atau snorkeling karena masih bisa melihat keindahan laut yang tersaji.

4. Permukaan pasir putih

Pelestarian keindahan bawah laut yang eksotis juga dibantu dengan keberadaan pasir putih yang ada. Daya tarik selanjutnya dari pantai cantik ini adalah diapit oleh dua pantai berpasir hitam. Pantai pasir putih ini membentang sepanjang 100 meter. Warna pasirnya putih bersih dan lembut sehingga cocok untuk bermain.

5. Akses pantai 1 pintu

Lokasi Pantai Jikomalamo tidak jauh dari Teluk Sulamadaha. Pengunjung sekarang dapat menggunakan tanah untuk sampai ke situs. Jalan beraspal menuju lokasi Jikomalamo 1 sudah tersedia sejak 2016 dan pembangunan jalan dari Jikomalamo 1 hingga Jikomalamo 2 juga sudah dimulai sejak 2017.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat wisata di pantai jikomalamoSumber gambar: Google Maps Andreas Muljadi

Secara administratif, Pantai Jikomalamo terletak di Desa Sulamadaha, Kecamatan Pulau Ternate, Maluku. Nama Jikomalamo diambil dari nama desa yang terletak di depan teluk pantai ini, lebih tepatnya di Pulau Hili. Pantai indah ini mengalami perkembangan sejak tahun 2015 hingga saat ini.

Untuk menuju pantai indah ini, pengunjung harus menempuh jarak sekitar 10 km dari pusat Kota Ternate atau memakan waktu sekitar 20 hingga 30 menit. Jarak dari bibir pantai ke Pantai Sulamadaha hanya 2 km, sehingga banyak wisatawan yang menyempatkan diri untuk sekedar mampir setelah mengunjungi Pantai Sulamadaha.

Bagi wisatawan yang datang dari luar pulau, setibanya di Bandara Sultan Babullah harus menempuh perjalanan sekitar 30 menit dengan jarak tempuh sekitar 13 kilometer untuk sampai ke destinasi wisata. Rute utara dari bandara adalah melalui Wisata Batu Angus dan juga melalui Pantai Sulamadaha.

Bagi wisatawan yang sudah berada di Danau Tolire Besar, jarak menuju lokasi sekitar 5,2 kilometer dengan waktu tempuh sekitar 11 menit. Lebih tepatnya, pengunjung bisa menggunakan Google Maps atau fungsi GPS untuk menuju pantai.

Biaya masuk untuk wisata pantai

Tiket Wisata Pantai JikomalamoKredit foto: Google Maps Abe Wicaksono

Pantai Jikomalamo merupakan pantai baru yang menarik wisatawan dengan berbagai keindahan alamnya. Namun, biaya masuk ke hamparan pantai yang menakjubkan ini GRATIS atau gratis, pengunjung hanya perlu membayar berbagai fasilitas seperti parkir dan sewa peralatan untuk menyelam dan snorkeling.

Besaran biaya yang akhirnya dikeluarkan berbeda dengan tahun 2015 ketika pantai belum memiliki akses darat, sehingga pengunjung yang ingin ke pantai harus menyewa speedboat dengan biaya sewa sekitar 250.000 rupiah. Kini biayanya sangat terjangkau seiring dengan akses ke tempat-tempat yang semakin mudah dan mudah.

Dengan tiket masuk gratis, pengunjung hanya perlu membayar biaya parkir untuk mengamankan kendaraannya. Biaya parkir untuk kendaraan roda dua adalah Rp5.000 sedangkan untuk kendaraan roda empat hanya Rp10.000. Harga tersebut tentunya sangat terjangkau dibandingkan dengan keindahan yang akan dipamerkan.

Pengunjung juga harus mengeluarkan biaya lain jika ingin membeli makanan atau minuman dari warung-warung yang ada di sekitar pantai. Pengunjung yang tidak membawa peralatan scuba atau snorkeling juga bisa menyewa peralatan di La Cona yang disediakan oleh manajemen.

Aktivitas seru yang bisa dilakukan di Pantai Jikomalamo

Kegiatan wisata di pantai JikomalamoKredit foto: Google Maps Muhammad Ikhsan Setyadi

1. Menjelajahi keindahan bawah laut

Wisatawan yang datang ke tempat pantai dengan keindahan alam bawah laut ini tentunya tidak boleh melewatkan aktivitas diving atau snorkeling. Wisatawan dapat membawa perlengkapan diving atau snorkeling dari rumah atau menyewanya di tempat wisata. Kegiatan ini populer di kalangan wisatawan.

2. Berenang juga menyenangkan

Memang liburan ke pantai paling enak kalau bisa main air sepuasnya. Wisatawan bisa bermain air dan berenang di Pantai Jikomalamo. Fitur air sangat cocok untuk pagi hari sebelum matahari terik atau sore hari saat cuaca tidak terlalu panas agar kulit tetap nyaman. Selalu gunakan tabir surya atau sunblock untuk melindungi kulit Anda.

3. Bermain pasir

Hamparan pasir putih menjadi daya tarik utama pantai di Ternate ini. Pasir pantainya putih bersih dan halus. Pengunjung dapat mengukir nama, membangun istana pasir, mengubur diri di dalam pasir, dan lainnya. Meski relatif mudah, kegiatan ini menyenangkan dilakukan bersama keluarga tercinta.

4. Berjemur sekaligus menikmati panorama yang ada

Anda benar-benar dapat berjemur di pantai yang menakjubkan ini. Cuaca yang tidak terlalu panas dipadu dengan angin sepoi-sepoi membuat berjemur semakin nyaman. Keadaan pantai Jikomalamo masih sepi sehingga aktivitas berjemur sepi.

5. Foto keren

Kegiatan selanjutnya yang perlu dilakukan adalah mengambil foto. Ada banyak spot foto cantik yang bisa digunakan yaitu lengkungan dua batu karang, tulisan “Selat Ternate” di tengah pantai, agak ke kanan ada spot foto bertuliskan “LOVE”, dan di bagian depan adalah La Cona teras dengan monumen kecil patung penyelam.

6. Naik banana boat dan kano

Bagi pengunjung yang ingin mencoba bermain air yang cukup menantang adrenalin bisa menyewa banana boat yang akan membawa rombongan menjelajahi pantai.

Pengunjung yang ingin lebih bersantai di atas air bisa menyewa kano. Ombak di pantai cantik ini terbilang tenang sehingga aman untuk bermain kano.

7. Menikmati sunset yang indah

Momen sunset atau matahari terbenam merupakan keindahan wisata pantai yang sayang untuk dilewatkan. Sunset di Pantai Jikomalamo juga sangat ditunggu-tunggu oleh para wisatawan. Pemandangan Pulau Hiri menjadi semakin mengesankan saat matahari terbenam. Jangan lupa mengabadikan momen ini dengan rekaman kamera.

Fasilitas area pantai tersedia

Fasilitas wisata di pantai JikomalamoSumber Gambar: Google Maps Totok Orisa

Mulai tahun 2015 hingga sekarang, berbagai fasilitas terus dikembangkan oleh pengelola Pantai Jikomalamo. Fasilitas tersedia untuk mendukung kegiatan liburan wisatawan. Fasilitas yang ada antara lain tempat parkir untuk menitipkan kendaraan agar anda bisa menikmati suasana pantai. Ada juga fasilitas umum berupa toilet untuk mandi dan ganti baju.

Letak toilet ada di setiap warung makan. Ada juga warung makan untuk memuaskan perut pengunjung yang lapar setelah bermain. Fasilitas selanjutnya yang tak kalah pentingnya adalah adanya jasa persewaan alat.

Toko persewaan alat ini berada di sisi utara kawasan wisata. Penyewaan menawarkan berbagai peralatan untuk menyelam dan snorkeling. Selain kemungkinan menyewa di sini, ada juga petugas berpengalaman yang bisa memandu pengunjung untuk menyelam atau snorkeling. Petugas akan melakukan pengawasan untuk memastikan keselamatan penyelam.

Tips berkunjung ke Pantai Jikomalamo adalah membawa kamera anti air agar kegiatan yang dilakukan di sana dapat terekam dengan baik. Pengunjung harus membawa peralatan yang diperlukan, terutama tabir surya untuk menghindari luka bakar matahari langsung pada kulit.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button