Tempat Wisata

Tiket & Aktivitas BUKIT HOLBUNG Januari 2023

Biaya Masuk Bukit Holbung: Rp 5.000. Jam buka: 24 jam. Nomor telepon : -. Alamat : Dolok Raja, Harian, Samosir, Sumatera Utara, Indonesia, -.

Holbungsberg merupakan tempat wisata alam di Huta Holbung, Samosir. Bukit ini terkenal sebagai salah satu tempat terbaik untuk menikmati alam Toba. Tak hanya itu, banyak wisatawan yang memanfaatkan kawasan perbukitan ini untuk berkemah.

Huta Holbung adalah sebuah desa di Kabupaten Samosir. Desa Holbung memiliki suasana yang cukup tenang dan nyaman. Jumlah penduduknya juga tidak terlalu banyak, yakni sekitar 500 jiwa. Banyak turis datang hanya untuk bersantai, dan tempat yang paling populer adalah kawasan perbukitan hijau ini.

Biaya masuk ke Bukit Holbung

Untuk bisa bermain di kawasan wisata ini, biaya masuknya cukup terjangkau. Biaya tenda bukanlah sewa tenda, melainkan biaya keamanan berkemah.

Biaya masuk
tiket masuk Rp5.000
Harga tiket parkir kendaraan
sepeda motor Rp5.000
mobil Rp 10.000

Baca: Tiket Masuk dan Tempat Wisata PANTAI BATU HODA Samosir

jam operasi

Layaknya wisata alam pada umumnya, Bukit Holbung buka setiap hari dari pagi hingga malam.

jam operasi
Senin minggu 24 jam

Aktivitas Wisata di Bukit Holbung

Lihat keindahan Danau Toba dan sekitarnya dari Puncak HolbungInilah keindahan Danau Toba dilihat dari puncak Bukit Holbung – Foto: googlemaps/Leonardo FW

Pengunjung tidak hanya bisa mengamati fenomena alam di sini, tapi juga melakukan berbagai aktivitas menyenangkan. Berikut hal-hal menarik yang terjadi di kawasan perbukitan hijau ini.

Baca: 5 Tempat Wisata Terbaik di Kawasan Danau Toba

Bersantai di puncak bukit

Jalur pendakian menuju Holbung Bukti Summit yang bisa dilalui pengunjungJalan menuju puncak bukit menghadap padang savana yang hijau – Foto: Googlempas/ Andr Tv

Kegiatan yang satu ini merupakan kegiatan yang paling banyak dinikmati wisatawan. Terletak di atas Bukit Holbung, pengunjung dapat merasakan birunya perairan Danau Toba dengan deretan pegunungan di sekitarnya. Udara yang sejuk dan suasana yang bising dapat menenangkan Anda.

Perjalanan menuju puncak bukit cukup melelahkan dan menyita waktu. Dibutuhkan sekitar 10-15 menit untuk sampai ke puncak bukit melalui jalur semen yang menghadap ke rumbia di sisinya. Begitu sampai di puncak, aktivitas menarik lainnya adalah menyaksikan matahari terbit atau terbenam.

Baca: 4 Tempat Wisata Terbaik di Samosir

berkemah

Tenda pengunjung berkemah di atas bukitDaerah perbukitannya sering dijadikan tempat perkemahan para wisatawan – Foto: Googlemaps/ Ari Yansyah

Banyak pendaki yang sengaja datang ke sini untuk berkemah. Rasakan udara malam yang menyenangkan dari atas bukit sambil menikmati keindahan alam sekitar. Tempat perkemahan yang paling banyak digunakan adalah puncak yang paling dekat dengan pintu masuk. Meski tidak menutup kemungkinan ada pendaki yang mendirikan tenda di puncak terakhir.

Sayangnya belum ada persewaan tenda di objek wisata ini, sehingga pengunjung yang ingin berkemah harus mempersiapkan dan membawa tenda sendiri. Demi kenyamanan pendaki, sangat disarankan juga untuk memakai sepatu selama pendakian. Untuk alasan keamanan, situasi cukup aman dan nyaman pada malam hari.

Baca: Tiket Masuk TELE PANDANG TOWER dan Atraksi Terbaik

Keajaiban alam Bukit Holbung

Pengunjung berfoto dengan latar belakang Danau Toba di kawasan perbukitanKeindahan pemandangan Danau Tobase dilihat dari kawasan perbukitan. – Foto: Googlemaps / Ayu Ariska

Bukit Holbung ini dijuluki oleh saudara kembar Bukit Padar di Labuan Bajo. Meski tidak identik, keindahan alam yang disajikan cukup mirip. Bukit berumput yang membentang di sepanjang danau dengan ngarai terjal di sisinya mungkin mengingatkan pengunjung pada Bukit Padar.

Keindahan alam yang disuguhkan sangat terabaikan. Tak sedikit wisatawan yang mengabadikan momen tersebut dalam foto. Dengan latar belakang Danau Toba, rerumputan hijau membuat foto menjadi sangat menarik.

Meski musim kemarau tiba, keindahan Bukit Teletubbies tidak berkurang. Padang rumput dan ilalang yang sebelumnya hijau menjadi cokelat keemasan yang lebih indah.

Baca: Tiket Masuk EFRATA WATERFALL dan Beragam Aktivitasnya

Mitos Bukit Holbung

Sebenarnya Bukit Holbung sudah ada sejak lama, usia bukit ini sudah mencapai 200 tahun. Meski demikian, keindahan alam yang ada tetap terjaga hingga saat ini. Pengunjung bisa menghabiskan waktu sekedar untuk menenangkan diri saat berada di puncak bukit.

Meneliti kalibrasi, ada mitos yang berhubungan dengan puncak bukit. Konon, siapa pun yang berhasil mendaki bukit kedelapan hingga puncak, perjalanan cintanya akan mulus. Kedengarannya sederhana tetapi butuh banyak waktu dan usaha untuk menyelesaikan misi ini.

perabot

Sebagai objek wisata alam terbuka, fasilitas yang ditawarkan Bukit Holbung cukup lengkap dan bagus. Fasilitas tersebut terdiri dari tempat parkir kendaraan, toilet di dekat pintu masuk, dan warung yang menjual makanan dan minuman di sekitar pintu masuk. Tempat ibadah berjarak kurang lebih 10 sampai 15 menit dari lokasi.

Baca: Tiket Masuk Batu Kursi Raja Siallagan dan Ragam Atraksinya

Lokasi Bukit Holbung

Tempat wisata bukit hijau ini terletak di Huta Holbung, Dolok Raja, Kecamatan Harian, Kabupaten Samosir, Sumatera Utara. Ada dua jalur yang biasa digunakan pengunjung untuk mencapai situs Bukit Holbung. Rute pertama dari Kota Medan menuju Tele dan rute kedua dari Kota Medan menuju Siantar, Parapat dan berakhir di Samosir.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Back to top button