Tempat Wisata

15 Tempat Wisata di Pemalang Terbaru & Lebih Hits Dikunjungi

Pemalang merupakan salah satu destinasi liburan bagi wisatawan lokal maupun mancanegara. Kota berjuluk Grombyang ini memang cukup terkenal dengan banyaknya tempat yang bisa dikunjungi baik untuk fotografi maupun untuk berlibur.

Kota dengan penduduk yang cukup padat ini mampu mendatangkan wisatawan setidaknya 300 ribu pengunjung setiap tahunnya. Hal ini dapat meningkatkan pendapatan kota Pemalang dari sektor pariwisata.

Tempat wisata di Pemalang sangat beragam karena kota ini secara geografis terletak di dataran tinggi dan sebagian berada di dataran rendah. Dengan demikian tidak menutup kemungkinan terbentuknya banyak tempat yang pada akhirnya akan diresmikan sebagai tempat wisata. Berikut adalah daftar beberapa wisata:

1. Taman Air Widuri

Taman Air WiduriSumber gambar: Google Maps Ricko Safera

Arena bermain akan banyak diminati, jika anda berwisata bersama keluarga besar maka Widuri Water Park adalah pilihan yang tepat. Di sini kamu bisa menikmati berbagai jenis wahana baik di dalam gedung maupun wahana air.

Untuk masuk ke taman bermain ini Anda hanya perlu menyiapkan Rp 20.000 pada hari biasa dan Rp 25.000 pada hari libur. Setiap harinya tempat ini selalu ramai pengunjung, terutama pada hari libur nasional dan libur tahun baru.

harga tiket: Rp20.000; Bahan pengikat: pemeriksaan situs
Alamat: JL.Yos Sudarso, Widuri, Kec. Malang, Cab Pemalang, Jawa Tengah.

2. Gunung Slamet

Puncak Gunung SlametKredit foto: Google Maps Jay Xprm

Bagi pecinta alam atau yang senang mendaki gunung, belum lengkap rasanya jika belum merasakan keindahan puncak Gunung Slamet. Dengan ketinggian 3.428 mdpl, gunung ini memiliki medan yang cukup menantang untuk didaki.

Letaknya yang berada di antara 5 kabupaten di Provinsi Jawa Tengah menjadi daya tarik tersendiri bagi gunung aktif ini. Harga pendakian Gunung Slamet cukup terjangkau yaitu Rp 30.000.

harga tiket: Rp30.000; Bahan pengikat: pemeriksaan situs
Alamat: Sawah dan Kebun, Gunungsari, Kec. Pulosari, Cab Pemalang, Jawa Tengah.

3. Pantai Widuri

Pantai WiduriKredit foto: Google Maps Dian Nafi

Siapa yang tidak tahu Pantai Widuri? Pantai yang terkenal dengan keindahan ombaknya ini menjadi salah satu destinasi wisata yang banyak dikunjungi. Keunikan lain dari pantai ini adalah adanya jembatan kayu panjang yang membentang hingga ke bibir pantai.

Lokasinya tidak jauh dari pusat kota, yaitu di Jl. Yos Sudarso, Widuri, Kec. Pemalang membuat pantai ini mudah ditemukan. Jalur yang dilalui terbilang mudah jika menggunakan kendaraan roda 4.

harga tiket: Rp5.000; Bahan pengikat: pemeriksaan situs
Alamat: JL.Yos Sudarso, Widuri, Kec. Malang, Cab Pemalang, Jawa Tengah.

4. Pantai Joko Tingkir

Pantai Joko TingkirSumber gambar: Twitter Kabar baik dari Indonesia

Ada banyak pantai di Pemalang, salah satunya Pantai Joko Tingkir, ombaknya tidak terlalu tinggi sehingga Anda bisa bermain air laut. Namun, jika Anda membawa anak-anak, pengawasan orang tua tetap diperlukan.

Tarif masuk kawasan pantai ini adalah Rp 5.000 per orang. Dengan luas 1,5 hektar, kawasan pantai ini menawarkan kebebasan bagi setiap pengunjung untuk bermain dan kejar-kejaran. Pantai ini tidak kalah indahnya dengan pantai-pantai lain di kota pemalang.

harga tiket: Rp5.000; Bahan pengikat: pemeriksaan situs
Alamat: J L. Raya Joko Tingkir, Nyamplungsari, Kec. Petarukan, Cab Pemalang, Jawa Tengah.

5. Danau Rengganis

Danau RengganisKredit foto: Google Maps Nji-ng

Destinasi wisata selanjutnya yaitu Telaga Rengganis merupakan telaga yang menyimpan banyak legenda dan mitos yang dipercayai oleh masyarakat Pemalang. Namun dari segi wisata, danau ini sangat menarik untuk dikunjungi.

Berada di kawasan Watu Kumpul, Pemalang membuat tempat ini cukup mudah ditemukan. Selain pemandangan danau di tempat ini, Anda juga bisa menikmati pemandangan alam lainnya seperti tumbuhan yang tumbuh di sekitarnya.

harga tiket: Rp5.000; Bahan pengikat: pemeriksaan situs
Alamat: Kadedelan, Gapura, Kec. Watukumpul, Cab.Pemalang, Jawa Tengah.

6. Hutan Mangrove Mojo Pemalang

Hutan Mangrove Mojo PemalangKredit foto: Google Maps Heri Riyanto Suryokartojoyo

Selain wisata pantai, Kota Pemalang juga memiliki hutan mangrove Mojo seluas 410 hektar. Di lokasi ini juga terdapat areal tambak yang cukup luas yaitu 1.940 hektar.

Untuk langsung masuk dan menikmati hutan mangrove ini, Anda hanya perlu menyiapkan Rp 10.000 untuk setiap pengunjung. Tempat ini selalu ramai dikunjungi wisatawan yang kebanyakan penduduk lokal, namun wisatawan dari luar daerah juga tidak kalah antusiasnya.

harga tiket: -; Bahan pengikat: pemeriksaan situs
Alamat: Sigedang, Mojo, Kec. Ulujami, Cab Pemalang, Jawa Tengah.

7. Gunung Gajah

gunung gajahSumber Gambar: Google Maps Irwan Agus

Jika Anda ingin mencoba mendaki gunung namun belum siap dengan medan terjal dan ketinggian gunung yang luar biasa, maka Anda bisa mencoba Gunung Gajah. Dengan ketinggian 1.110 mdpl, gunung ini sangat cocok untuk para pemula yang ingin merasakan sensasi mendaki.

Disebut Gunung Gajah karena bentuk gunung ini menyerupai gajah jika dilihat dari atas. Di tempat yang masih terjaga kealamiannya ini, masih ada beberapa kera yang menampakkan diri kepada para pengunjung yang datang.

harga tiket: Rp5.000; Bahan pengikat: pemeriksaan situs
Alamat: Ngrancah, Gajah, Kec. Sambit, Cab.Ponorogo, Jawa Timur.

8. Air Terjun Sibedil

Air Terjun SibedilKredit foto: Google Maps Syahrul Arifin

Bagi yang suka bermain air wajib mengunjungi Curug Sibedil yang letaknya tidak jauh dari kota sehingga untuk menemukannya tidak akan sulit. Meski tidak cukup tinggi, air terjun ini sangat menarik untuk dikunjungi.

Ada beberapa spot foto yang bisa Anda gunakan untuk mengabadikan momen indah selama berkunjung. Dengan ketinggian 10 meter, air yang berasal dari atas akan jatuh ke dalam kolam yang menyatu dengan tebing air terjun ini, sangat menarik bukan?

harga tiket: Rp5.000; Bahan pengikat: pemeriksaan situs
Alamat: J L. Mandiraja, Karangbulu, Sima, Kec. Semoga Cab Pemalang Jawa Tengah.

9. Air Terjun Pitu

Air Terjun PituKredit foto: Google Maps Fian

Curug, yang berarti air terjun dalam bahasa Indonesia, dan Pitu, yang berarti tujuh. Salah satunya adalah Curug Pitu atau Air Terjun Tujuh, disebut demikian karena keunikannya terdapat aliran tujuh tingkat di air terjun ini.

Selain menikmati air terjun, Anda juga bisa melihat pemandangan alam yang masih sangat alami. Cara menuju tempat ini cukup sulit, selain harus menggunakan kendaraan juga harus berjalan kaki.

harga tiket: Rp5.000; Bahan pengikat: pemeriksaan situs
Alamat: Sawah dan hutan, Rhino, Kec. Belik, Cab.Pemalang, Jawa Tengah.

10. Mata Air Moga, Pemalang

Mata Air Moga, PemalangKredit foto: Google Maps Mr. D

Mata Air Moga merupakan mata air alami berupa cekungan yang sudah ada sejak lama namun baru diresmikan sebagai objek wisata sekitar tahun 2008. Tempat ini selalu ramai dikunjungi wisatawan yang ingin berlibur atau berobat dengan mata air.

Harga untuk menikmati mata air ini adalah Rp 2.000 untuk parkir. Pemerintah setempat terus membenahi fasilitas objek wisata di Pemalang ini, salah satunya dengan menambah fasilitas umum seperti tempat ibadah dan warung makan.

harga tiket: Rp5.000; Bahan pengikat: pemeriksaan situs
Alamat: J L. Raya Moga – Pulosari Gamprit, Banyumudal, Kec. Semoga Cab Pemalang Jawa Tengah.

11. Kerudung Bening

Bening HoodKredit foto: Instagram Rozikin.nf

Disebut Kedung Bending karena airnya sangat jernih, air ini berasal dari mata air pegunungan. Tempat ini banyak diminati oleh para wisatawan, terutama anak muda yang gemar berfoto di tempat ini.

Meski aksesnya tidak mudah, pemandangan yang disajikan tidak akan mengecewakan. Untuk mendapatkan nuansa tabir bening ini, pengunjung dikenakan tiket masuk sebesar Rp 5.000.

harga tiket: Rp5.000; Bahan pengikat: pemeriksaan situs
Alamat: Sawah, hutan, Watukumpul, Kec. Watukumpul, Cab.Pemalang, Jawa Tengah.

12. Gua Gunung Wangi

Gua Gunung WangiSumber gambar: Facebook Arya Rohitkusuma

Bagi Anda yang menyukai petualangan, mengunjungi Gua Gunung Wangi merupakan pengalaman yang tak terlupakan. Gua ini merupakan gugusan dari beberapa gua lainnya seperti Gua Siluman, Gua Pengantin, Gua Buyung, Gua Laren dan Gua Bandung.

Di dalam goa ini anda akan melihat pemandangan yang sangat indah yaitu deretan stalagmit yang berbentuk seperti tirai, tidak hanya itu ketika anda memasuki goa ini anda akan merasakan suasana yang sangat alami.

harga tiket: Rp5.000; Bahan pengikat: pemeriksaan situs
Alamat: Area persawahan/kebun, Kuta, Kec. Bantarbolang, Cab Pemalang, Jawa Tengah.

13. Silating Lake

Danau SilatingSumber gambar: Google Maps Andri Firmans

Danau Silating terletak di Desa Sikasur, Kecamatan Belik, Kabupaten Pemalang. Berbeda dengan danau pada umumnya, disana anda bisa berkeliling danau dengan menaiki perahu angsa, juga terdapat beberapa wahana bermain untuk anak-anak.

Untuk mengunjunginya Anda hanya perlu merogoh kocek Rp2.000 hingga Rp4.000 tergantung harinya. Dengan harga yang cukup terjangkau, Anda sudah bisa menikmati wahana yang ada di danau ini.

harga tiket: Rp2.000; Bahan pengikat: pemeriksaan situs
Alamat: Belik, Sikasur, Pemalang, Kab.Pemalang, Jawa Tengah.

14. Kebun Teh Semugih

Perkebunan teh SemugihSumber gambar: Google Maps Pranoto Noto

Jika ingin sedikit bersantai saat berlibur, Anda bisa mencoba datang ke Kebun Teh Semugih yang terletak di Kecamatan Moga, Kabupaten Pemalang.

Tak hanya menikmati suasana kebun teh, Anda juga bisa berfoto di beberapa spot berlatar belakang kebun teh. Sangat menarik bagi pengunjung, terutama wanita.

harga tiket: Rp25.000; Bahan pengikat: pemeriksaan situs
Alamat: J L. Raya Moga, Simadu Barat, Banyumudal, Kec. Semoga Cab Pemalang Jawa Tengah.

15. Bukit Sukawera

Bukit SukaweraKredit foto: Facebook Faruq Nur Habibi

Destinasi selanjutnya adalah Bukit Sukawera, sebuah bukit yang tidak terlalu tinggi yang terletak di desa Gombong. Bukit ini memiliki keunikan tersendiri yaitu seringkali terdapat kabut yang menyelimuti kawasan tersebut.

Banyak penduduk lokal dan pengunjung dari luar terus merevitalisasi bukit ini. Lokasinya tidak jauh dari kota dan mudah dijangkau. Tarif biayanya juga cukup terjangkau yaitu Rp 3.000.

harga tiket: Rp3.000; Bahan pengikat: pemeriksaan situs
Alamat: Desa Sikasur, Kec. Belik, Cab.Pemalang, Jawa Tengah.

Demikian gambaran beberapa destinasi wisata di Pemalang. Bagi Anda yang suka traveling, wajib memasukkannya ke dalam daftar kunjungan. Jangan lupa menabung untuk liburan ke tempat-tempat indah di Indonesia.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button