Tempat Wisata

Cibodas Sakura Park, destinasi wisata unik dengan konsep khas Jepang di Cianjur

harga tiket: Rp 15.500 Waktu aktif: 08.00 – 16.00 WIB, Alamat: Taman J L. Cibodas, Sindangjaya, Kec. Cipanas, Cab.Cianjur, Jawa Barat; Bahan pengikat: pemeriksaan situs

Taman Sakura Cibodas, bagi para traveller sejati tentu tahu dengan objek wisata yang sedang hits ini. Keindahan dan keindahan alam yang luar biasa menjadi daya tarik tersendiri. Seperti namanya, tempat ini menampilkan keindahan bunga sakura yang mekar sepanjang musim. Bunga ini dikenal khas dari negeri matahari terbit.

Dengan suhu udara dan kondisi iklim yang hampir mirip, bunga berwarna merah muda ini bisa tumbuh subur di daerah Cianjur. Sebenarnya tidak semua, hanya di daerah yang berhawa dingin dan ketinggian tertentu dimana bunga ini bisa tumbuh. Tentu bukan itu saja yang menarik, disini selalu ramai karena banyak yang bisa dilihat.

Di Jepang, bunga sakura bermekaran setiap tahun dan terlihat sangat menakjubkan. Baru setahun lalu, masyarakat Jepang mempraktekkan hanami, yaitu budaya piknik bersama menikmati indahnya bunga sakura yang bermekaran. Di sini Anda bisa melihatnya mekar tidak hanya sekali setahun, tapi dua kali setahun.

Daya tarik Taman Sakura Cibodas

Daya tarik Taman Sakura Ciboda CibodaKredit foto: Facebook Purima Travel

Kebun Raya Cibodas, inilah tempat objek wisata Taman Sakura Cibodas berada. Warga Cianjur tentu sangat familiar dengan taman ini karena sangat terkenal. Tempat yang akan kita bahas kali ini hanya sebagian saja dengan atraksi yang berbeda.

1. Taman Bunga Sakura

Daya tarik yang pertama tentu saja ada taman bunga sakura yang sangat cantik. Di sepanjang jalan setapak di kawasan ini Anda akan melihat bunga-bunga cantik dengan warna merah jambu yang khas. Tidak tanggung-tanggung, taman ini memiliki luas 7.000 meter persegi. Sebenarnya bunga ini sudah ada sejak tahun 1963.

Namun saat itu jumlahnya tidak terlalu banyak, hanya beberapa tanaman yang ditanam. Pada tahun 2007, Taman Sakura Cibodas diresmikan dan dibuka untuk umum. Lokasinya tidak jauh dari Lembah Cibogo yang juga merupakan bagian dari Kebun Raya Cibodas.

Perlu diketahui bahwa kebun raya yang menjadi ikon kota Cianjur ini terletak di kaki gunung Gede Pangrango. Kondisi ketinggian dan suhu semakin mendukung kemegahan bunga sakura. Pengunjung yang datang rata-rata tidak hanya melihat keindahannya, tetapi juga piknik santai bersama keluarga atau pasangan.

2. Mekar dua kali setahun

Seperti yang sudah disebutkan di awal, bunga sakura umumnya hanya mekar setahun sekali. Tidak demikian halnya di Taman Sakura Cibodas, karena bisa berbunga dua kali dalam setahun. Juga durasinya cukup lama dibandingkan bunga sakura yang mekar di Jepang.

Setidaknya Anda bisa menentukan waktu berkunjung selama sebulan. Karena bunga sakura mekar pada bulan Januari hingga Februari. Periode pembungaan berikutnya berjarak 6 bulan, lebih tepatnya dari Agustus hingga September. Dengan keunikan tersebut anda lebih leluasa dalam menentukan waktu kunjungan anda.

3. Jalur air yang unik

Daya tarik lainnya adalah Taman Sakura Cibodas CianjurSumber Gambar: Google Maps Erwan Prasetyo

Obyek wisata di Cianjur ini tidak hanya memiliki daya tarik diatas saja, ada hal lain yang mungkin akan menarik minat anda. Jalan Air adalah salah satu yang ada di Taman Sakura Cibodas yang biasanya sangat populer di kalangan anak-anak. Disebut jalur air karena sebenarnya tempat itu adalah tempat lalu lintas kendaraan.

Namun aliran air cukup deras di jalan ini dan kondisinya sangat jernih. Di tengah aliran airnya terdapat bebatuan yang tersusun tidak rata sehingga terlihat semakin eksotis. Dari kejauhan mungkin terlihat seperti sungai, tetapi sebenarnya tidak. Debit airnya hanya sebatas mata kaki saja dan tidak terlalu lebar.

Bermain disini sangat aman, kondisi air tidak mengkhawatirkan. Selain bermain game, biasanya banyak pengunjung yang memanfaatkan eksotismenya untuk mengabadikan momen. Lebih bagus kalau dalam bentuk foto, tapi tidak masalah juga kalau diabadikan dalam bentuk video, karena suara air mengalir yang merdu bisa terdengar.

4. Air Terjun Cibogo

Objek wisata Taman Sakura Cibodas selanjutnya adalah Air Terjun Cibogo. Curug berarti air terjun dalam bahasa setempat. Meski tidak berada di satu tempat, jaraknya sangat dekat bahkan bisa ditempuh dengan berjalan kaki. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 8 meter yang dipenuhi tumbuhan hijau di sisi kanan dan kirinya.

Seperti halnya air terjun pada umumnya, di sini juga terdapat kolam yang dihiasi bebatuan dengan ukuran berbeda. Beberapa kolam ini tidak terlalu dalam sehingga aman digunakan untuk aktivitas air. Jika Anda mengunjungi Kebun Raya Cibodas tanpa mampir ke air terjun ini, liburan Anda akan dianggap jauh dari sempurna.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Cibodas Sakura Park, CianjurSumber gambar: Facebook N Siti Nurjanah HIbramsyah

Bagaimana menuju ke Taman Sakura Cibodas? Mungkin pertanyaan ini penting bagi Anda, terutama bagi mereka yang tinggal di luar wilayah Cianjur. Pertama-tama yang perlu anda ketahui alamat lengkapnya yaitu Jalan Taman Cibodas, Sindangjaya, Kecamatan Cipanas, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

Ada banyak cara untuk menuju alamat ini, namun cara tercepat adalah melalui Jalan Labuan – Cianjur. Jarak dari alun-alun sekitar 24 kilometer, Anda juga membutuhkan waktu setidaknya 1 jam untuk sampai ke lokasi. Dengan asumsi Anda berada di alun-alun, silakan menuju Jalan Labuan – Cianjur dan kembali lagi ke Jalan Pahlawan.

Destinasi selanjutnya adalah Jalan Kemang yang kondisi jalannya tidak begitu bagus. Pasalnya, banyak tikungan yang harus dilalui. Belum lagi kemiringannya dijamin seperti gunung lainnya. Namun untuk menemukan Taman Sakura Cibodas dari titik ini tidaklah sulit karena terdapat banyak penunjuk jalan.

Jika Anda menemukan pintu masuk, jarak ke tempat wisata ini kecil. Dari pintu masuk Kebun Raya Cibodas III jarak tempuh menuju tempat wisata sekitar 750 meter. Anda tidak perlu berjalan kaki untuk sampai ke lokasi karena Anda dapat menemukan tempat parkir di tempat-tempat wisata utama. Jika masih bingung, pertimbangkan untuk menggunakan peta digital seperti GPS atau Google Maps.

Biaya masuk ke objek wisata

Tiket masuk Cibodas Cianjur Sakura ParkKredit foto: Google Maps Firdaus M Noor

Taman Sakura Cibodas terbuka untuk umum, artinya semua wisatawan bisa menikmati keindahannya. Tidak hanya turis lokal, tapi juga turis mancanegara. Namun, Anda perlu menyiapkan tiket masuk sebelum berkunjung. Untuk wisatawan domestik dan mancanegara tidak ada perbedaan dalam hal biaya masuk, namun untuk hari yang berbeda.

Jika Anda datang pada hari kerja maka siapkan uang sebesar 15.500 rupiah per orang. Jika datang pada hari libur, tiket masuknya naik menjadi 25.500 per orang, baik untuk wisatawan lokal maupun mancanegara. Atraksi ini juga menawarkan penyewaan sepeda dengan biaya terpisah.

Pada hari-hari aktif, Anda bisa menyewa sepeda hanya dengan 15.000 rupiah untuk berkeliling kawasan. Namun jika datang pada akhir pekan, harga tiket sepeda naik menjadi 25.500 rupiah. Semua biaya di atas belum termasuk biaya parkir. Anda harus membayar 5.000 jika membawa sepeda motor sedangkan mobil biayanya 20.000 rupiah.

Kegiatan menarik di Cibodas Sakura Park

Kegiatan di Cibodas Cianjur Sakura ParkKredit foto: Google Maps Maeen Alfaqeeh

Mengunjungi Cibodas Sakura Park belum lengkap jika belum melakukan berbagai aktivitas di dalamnya. Harap dicatat bahwa ada banyak kegiatan yang dapat dilakukan di sini, semuanya dijamin menarik. Baik Anda datang bersama keluarga atau pasangan, kegiatan ini sepertinya wajib dilakukan!

1. Piknik bersama keluarga

Sebagian besar pengunjung yang datang ke sini ingin piknik bersama keluarga. Sebenarnya bukan hanya wisatawan yang datang bersama keluarga, melainkan untuk semua kalangan. Pasangan muda juga sering melakukan aktivitas ini sambil menikmati keindahan bunga sakura yang bermekaran.

Kegiatan ini mirip dengan yang dilakukan orang Jepang saat musim bunga sakura. Hanami adalah nama budaya yang diadakan setahun sekali. Tentunya tidak hanya menikmati keindahannya saja, tetapi juga menikmati makanan dan minuman yang disajikan. Suasana pegunungan semakin mendukung kegiatan ini agar semakin menarik.

2. Mengunjungi Air Terjun Cibogo

Tidak jauh dari lokasi Taman Sakura Ciboda terdapat air terjun yang indah dan mempesona. Tak ada salahnya Anda mengunjunginya untuk mendapatkan suasana baru. Selain itu, sangat dekat dengan wisata alam utama. Tidak ada alasan untuk tidak mengunjungi dan merasakan keindahan air yang mengalir dari atas ke bawah.

3. Mainkan air

Kegiatan selanjutnya adalah bermain air, biasanya anak-anak menyukai kegiatan ini. Anda bisa bermain air di jalur air yang dijelaskan di atas. Selain itu, bisa juga saat berada di air terjun. Sebenarnya tidak ada yang perlu dikhawatirkan saat bermain di Cibodas Sakura Park karena memang datar, namun kondisinya agak licin.

4. Buat konten

Traveling bukan sekadar media penyembuhan atau refleksi diri bagi para content creator. Selain itu, mereka biasanya bertujuan untuk membuat konten yang menarik. Padahal, pada masa inilah konten wisata mulai populer. Tergantung pada kebutuhan Anda, Anda dapat membuat konten dalam bentuk foto atau video.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas Taman Sakura Cibodas CianjurSumber gambar: Facebook Model Photostudio

Fasilitas di Taman Sakura di Cibodas ini sangat lengkap, kamu tidak perlu khawatir selama berkunjung. Jika Anda kehabisan perbekalan dalam perjalanan, ada warung yang menjual makanan. Ada juga toilet dan tempat ibadah, silakan gunakan jika perlu. Selain itu tentunya terdapat tempat parkir dan beberapa titik dilengkapi dengan gazebo atau tempat duduk.

Mengunjungi objek wisata bukanlah program wajib bagi kebanyakan orang. Namun banyak hal penting yang bisa didapat melalui perjalanan, salah satunya adalah penyembuhan atau sebagai media relaksasi. Demikian halnya ketika Anda mengunjungi tempat wisata alam seperti Taman Sakura Cibodas yang akan kami bahas kali ini.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button