Berita Wisata

Tjong A Fie Mansion, rumah megah saudagar Tionghoa yang menjadi objek wisata di kota Medan Page semua

KOMPAS.com – Tjong A Fie Mansion atau Rumah Tjong A Fie sering direkomendasikan sebagai tujuan wisata saat berkunjung ke kota Medan.

Rumah yang pernah menjadi tempat tinggal seorang tokoh masyarakat bernama Tjong A Fie ini terletak di Jalan Ahmad Yani No. 105, Kesawan, Medan, Sumatera Utara.

Seperti yang dikatakan Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Wamenparekraf) Angela Tanoesoedibjo saat berkunjung ke tempat bersejarah ini, keberadaan Tjong A Fie Mansion memiliki daya pikat yang kuat. storynomics-miliknya.

Baca Juga: Tjong A Fie Mansion Medan Dikunjungi Turis Asing Jelang Imlek

“Saya senang bisa mengunjungi Tjong A Fie Mansion yang sarat akan sejarah perjuangan tokoh-tokoh dalam perjuangan ekonomi kerakyatan di Medan,” kata Angela dalam keterangan resmi Kementerian Pariwisata dan Pariwisata Ekonomi Kreatif, Kamis (26/2). /1/2023)

Dia melanjutkan, storynomics apa yang disajikan juga begitu kuat sehingga bisa menjadi daya tarik wisata.

Penyebutan Tjong A Fie Mansion sebagai “Permata bersejarah di Medan bukan tanpa alasan.

Tjong A Fie Mansion kaya akan sejarah

Banyak nilai sejarah yang terkandung dalam bangunan cagar budaya tersebut, dan diharapkan tidak luntur serta membawa manfaat ekonomi bagi masyarakat sekitar.

Seperti pemilik sebelumnya yang sangat berpengaruh terhadap peningkatan perekonomian dan kemajuan Kota Medan.

Baca Juga: Harga Tiket Rute Medan-Jakarta Januari 2023

Dilaporkan Kompas.comSelasa (7/6/2022) Tjong A Fie, warga negara China, menguasai berbagai komoditas perkebunan dan sektor perdagangan.

Ia juga sosok yang membangun pertokoan di sepanjang Jalan Kesawan (sekarang Jalan Ahmad Yani) dan dikenal mendongkrak perekonomian kota Medan.

Siapakah Tjong A Fie?

Tjong A Fie diketahui merantau ke Medan saat masih berusia 18 tahun. Awalnya, dia bekerja serabutan. Namun berkat kerja keras, semangat juang dan kebaikannya, kehidupan Tjong A Fie perlahan membaik.

Singkat cerita, Tjong A Fie akhirnya bisa membeli perkebunan. Bahkan ia menyumbang sepertiga dari biaya pembangunan Masjid Agung Medan, pembangunan candi, jembatan, dan sejenisnya. Kota Medan juga berkembang dengan karya Tjong A Fie.

Salah satu sudut Tjong A Fie Mansion atau Rumah Tjong A Fie di Medan.SHUTTERSTOCK/Ibenk_88 Sudut Tjong A Fie Mansion atau Rumah Tjong A Fie di Medan.

Sepeninggal Tjong A Fie, rumah yang terdiri dari bangunan utama dengan sayap tambahan di kiri dan kanan ini dibuka untuk umum pada tahun 2009.

Di gedung berlantai dua ini pengunjung bisa melihat berbagai detail arsitektur yang indah serta berbagai barang antik yang terawat baik.

Tata letak rumah juga mengikuti prinsip feng-shui. Hal itu terlihat dari ruangan-ruangan yang berada di keempat sisi bangunan dan mengelilingi pelataran terbuka yang agak luas di tengahnya, yang berarti “sumur surga”.

Kini, pengunjung diperbolehkan mengambil foto dari berbagai sudut menarik di dalam Tjong A Fie Mansion dengan tetap memperhatikan dan menjaga kelestarian bangunan cagar budaya ini.

Dapatkan pembaruan berita terpilih dan berita terbaru setiap hari di Kompas.com. Yuk gabung di grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link lalu gabung. Pertama, Anda perlu menginstal aplikasi Telegram di ponsel Anda.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button