Berita Wisata

Terjangkau dan menyenangkan, tempat yang wajib dikunjungi saat liburan di Dieng

Danau Dringo atau disebut juga Sidringo atau Sidlingo merupakan sebuah danau yang terletak pada ketinggian 2.202 m dpl. Nama danau ini diambil dari tumbuhan obat yang banyak tumbuh di kawasan danau bernama Dlingo.

Danau ini sebenarnya adalah hasil letusan Gunung Dringo purba yang dijuluki Danau Terindah Dieng sekaligus Ranu Kumbolo Banjarnegara. Memiliki ciri yang sama dengan Ranu Kumbolo di Gunung Semeru.

Terdapat 2 tempat perkemahan yang disediakan oleh Pengelola Kawasan Danau Dringo dengan fasilitas penunjang seperti tong sampah, toilet dan warung makan. Kawasan Danau Dringo juga berbatasan langsung dengan Kabupaten Batang, sehingga kawasan Danau Dringo dapat diakses melalui Batang atau dari Banjarnegara.

Gunung Bismo

Gunung Bismo merupakan wisata bagi para pecinta alam yang sedang merantau di Wonosobo. Menjadi objek wisata terbaru di Wonosobo, Gunung Satu direkomendasikan untuk Anda jelajahi.

Selain alamnya yang indah, tidak banyak pendaki yang mengetahui keindahan gunung ini. Panorama alam yang menakjubkan akan disuguhkan kepada Anda selama mendaki gunung ini bersama teman-teman.

Ketinggiannya yang hanya 2.365 meter di atas permukaan laut membuat gunung ini tidak terlalu tinggi untuk Anda para pendaki amatir ataupun pendaki wanita.

Seperti gunung lainnya, ketika ingin mendaki Gunung Bismo harus membayar biaya pendakian sebesar Rp 25.000 per orang. Lalu ada juga biaya penitipan kendaraan sebesar Rp 10.000 untuk sepeda motor.

Jika ingin menghemat waktu dan tenaga, Anda bisa menggunakan jasa Ogun (ojek Gunung Bismo). Harganya Rp 30.000 pada siang hari dan pada malam hari harganya naik menjadi Rp 35.000.

Danau Menjer

Danau Menjer merupakan surga bagi wisatawan yang berlibur di kota Wonosobo. Tempat ini menjadi destinasi favorit selain Dieng.

Banyak keistimewaan yang ditawarkan oleh objek wisata Telaga Menjer Wonosobo ini, terutama pemandangan alamnya yang indah. Wisata alam ini sangat direkomendasikan untuk kamu yang suka hunting foto instagenic, karena terdapat berbagai tempat menarik.

Bisa juga dijadikan sebagai tempat peremajaan santai dengan suasana sejuk perbukitan sekitar dan pemandangan danau yang memukau.

Salah satunya adalah Telaga Menjer, harga tiket masuk wisata ini adalah Rp 5.000 per orang. Selain itu, turis asing harus membayar tiket masuk sebesar Rp 10.000.

Sedangkan tiket parkirnya Rp 3.000 untuk sepeda motor dan Rp 5.000 untuk mobil. Kemudian, bagi pengunjung yang ingin berkeliling Menjer dengan menggunakan perahu bisa membayar Rp 15.000 dengan kapasitas 8 penumpang.

Penulis: Nila Amalia Putri

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button