Tempat Wisata

Pantai Trisik, objek wisata pantai yang menawan di Kulon Progo

Pantai Trisik merupakan salah satu tempat wisata pantai terpopuler di Kulon Progo Jogja yang menawarkan pemandangan yang mempesona. Pantai pasir hitam ini memiliki laguna dengan berbagai spot foto dan seluncuran air yang menarik.

harga tiket: Rp2.000, Waktu aktif: 05:00-18:00, Alamat: Kecamatan Banaran. Galur, Kab.Kulon Progo, DI Yogyakarta; map: Cek lokasi

Indonesia menawarkan banyak tempat wisata yang menarik bagi warganya. Karena seperti yang kita ketahui, Indonesia merupakan negara kepulauan. Oleh karena itu, wisata bahari merupakan hal yang biasa kita temukan. Semua tempat wisata ini menawarkan keindahannya masing-masing.

Sangat cocok untuk anda yang ingin menghabiskan akhir pekan bersama teman, keluarga atau pasangan. Salah satu tempat wisata yang sangat direkomendasikan untuk Anda adalah Pantai Trisik Kulon Progo. Jika anda berkunjung ke kota ini, pastikan untuk mampir sejenak menikmati keindahan dan keindahan pantai pasir hitam ini.

Mungkin nantinya kamu akan memiliki pengalaman melihat pemandangan yang tidak kamu dapatkan di tempat lain. Di tempat ini Anda dapat mematikan. Ada begitu banyak untuk Anda lihat dan lakukan.

Atraksi Pantai Trisik

Objek wisata yang dimiliki oleh Pantai TrisikFoto dari Twitter Staryogya

1. Panorama pantai yang indah

Daya tarik pertama yang dimiliki Pantai Trisik adalah panoramanya yang mempesona. Anda akan melihat perpaduan pemandangan laut dan pantai yang begitu indah dan mengasyikkan.

Semua pemandangan ini bisa memanjakan mata Anda. Angin sepoi-sepoi dengan deburan ombak yang saling berkejaran menambah indahnya suasana di pantai ini. Sangat cocok dikunjungi oleh para pecinta alam.

2. Banyak spesies burung

Daya tarik ini pasti akan sangat menyenangkan para pecinta burung. Memang, di tempat ini Anda akan menemukan banyak jenis burung. Karena Pantai Trisik merupakan tempat peristirahatan burung-burung dari berbagai daerah. Ada begitu banyak jenis burung yang bisa Anda temukan.

Misalnya Pantai Trinil, Rawa Trinil, Kuali Kalung Kecil dan masih banyak jenis burung lainnya. Jadi ketika Anda mengunjungi tempat ini, jangan heran jika Anda melihat banyak burung berkeliaran di pantai.

3. Pasir pantai yang lembut dan air yang jernih

Hal lain yang bisa Anda dapatkan adalah pantai ini memiliki pasir yang sangat lembut dan air laut yang sangat jernih. Banyak wisatawan yang datang ke tempat ini hanya untuk menikmati pemandangan. Apalagi bagi Anda yang tinggal jauh dari pantai, Anda bisa datang ke tempat ini untuk merasakan halusnya pasir di pantai ini.

4. Ada laguna

Setidaknya ada empat Laguna Pantai Trisik. Dua dari empat telah dikembangkan sebagai kawasan mangrove. Tumbuhan ini memiliki fungsi sebagai penahan erosi tanah oleh air laut. Sedangkan dua laguna sisanya digunakan sebagai seluncuran air.

Di sana Anda akan menemukan wahana berupa perahu bebek. Dan tentunya akan menarik lebih banyak pengunjung untuk datang ke tempat ini.

Alamat dan Rute Menuju Pantai Trisik Lokasi

Alamat Pantai TrisikFoto dari Google Maps Geospatial Care Abundance

Seperti namanya, Pantai Trisik terletak di kawasan Kulon Progo. Bagi yang ingin mengunjungi tempat ini, Anda bisa datang dari pusat kota Yogyakarta. Setidaknya Anda membutuhkan waktu sekitar 1,5 jam dari pusat kota Yogyakarta untuk sampai ke tempat pantai ini.

Mereka mengambil rute dari Bantul ke Purworejo. Nanti Anda akan melewati daerah seperti Srandakan dan Palbapang. Sesampainya di Srandakan Anda bisa melanjutkan perjalanan menuju Brosot. Dari kawasan ini Anda tinggal langsung di pantai Trisik yang berjarak sekitar 5 km.

Untuk mempermudah perjalanan, Anda bisa melihat rute menuju lokasi pantai menggunakan Google Maps. Dalam perjalanan menuju wisata pantai ini, pemandangannya tak kalah indah.

Akses jalan menuju tempat wisata ini sangat mudah. Karena jalannya sangat mulus, Anda tidak akan menemukan lubang besar menganga di jalan menuju pantai. Karena tempat ini tidak dilintasi kendaraan umum, Anda hanya boleh mengakses tempat ini dengan kendaraan pribadi.

Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi berupa roda empat maupun roda dua. Karena akses jalan sangat mendukung kendaraan tersebut. Jika Anda tidak memiliki kendaraan sendiri, Anda bisa menyewa mobil atau motor yang banyak tersedia di kawasan sekitar pusat kota Jogjakarta.

Harga tiket masuk Trisik Kulon Progo

Tiket Pantai TrisikFoto dari Google Maps Bayu Nugroho

Jika Anda sudah memutuskan untuk mengunjungi Pantai Trisik, hal selanjutnya yang perlu Anda ketahui adalah berapa harga tiket masuknya. Pantai indah di Kulon Progo ini merupakan salah satu tempat wisata dengan biaya masuk yang sangat murah.

Anda hanya perlu membayar antara Rp 2.000 hingga Rp 5.000 untuk memasuki kawasan wisata ini. Ada biaya parkir untuk kendaraan. Untuk sepeda motor roda dua dikenakan biaya parkir mulai dari Rp 2.000, sedangkan untuk kendaraan roda empat dikenakan biaya parkir sebesar Rp 10.000.

Anda bisa mengunjungi tempat wisata ini pada jam bukanya. Jam buka pantai ini mulai pukul 5 pagi dan tutup pada malam hari. Oleh karena itu, usahakan datang ke tempat ini sedini mungkin agar Anda bisa menikmati pemandangan pantai dengan lebih puas.

Aktivitas menarik di pantai Trisik

Aktivitas di pantai TrisikFoto oleh Google Maps Irfa’ Hasan

1. Menikmati keindahan pantai

Seperti yang sudah dijelaskan, Pantai Trisik memiliki keindahan alam yang begitu mempesona. Oleh karena itu, aktivitas pertama yang bisa Anda lakukan di tempat ini adalah berjalan-jalan sambil menikmati pemandangan alam sekitar.

Anda dapat berjalan di atas pasir, yang sangat halus sehingga Anda merasa nyaman. Ketenangan yang bertahta di tempat ini pasti akan membuat Anda rileks sejenak. Pikiran Anda akan menjadi lebih jernih dan secara alami dapat meredakan stres ringan.

2. Nikmati berbagai kuliner

Menarik juga untuk menikmati berbagai sajian kuliner di stan. Ada banyak macam menu seafood yang bisa Anda pilih sesuai dengan selera Anda.

Tentu saja, menikmati makanan lezat sambil menikmati pemandangan pantai yang indah adalah ide yang bagus. Aktivitas ini memberi Anda dua hal sekaligus.

3. Berburu foto

Sangat cocok bagi anda yang berprofesi sebagai fotografer atau mungkin hanya memiliki hobi di dunia fotografi. Pemandangan alam Pantai Trisik Kulon Progo sangat cocok sebagai background foto.

Ada juga banyak kapal nelayan dan tempat pelelangan ikan di sini yang bisa menambah nilai estetika seni fotografi Anda.

4. Belanja ikan laut

Bagi pecinta kuliner seafood, Anda tidak hanya bisa menikmati makanan di warung yang tersedia, tetapi juga membeli ikan laut yang baru ditangkap dari nelayan setempat untuk dibawa pulang.

Tentunya membeli langsung di pelelangan ikan berbeda dengan membeli di supermarket atau pasar tradisional. Selain harga yang Anda dapatkan lebih murah, tentunya Anda tetap mendapatkan ikan segar.

Padahal, ikan tersebut baru saja ditangkap oleh nelayan yang baru pulang dari melaut. Di sana Anda dapat menemukan banyak spesies ikan. Tentunya menambah pengalaman wisata seru Anda.

Akomodasi murah terdekat dari pantai Trisik

Akomodasi tepi pantai TrisikFoto oleh Google Maps Widya Parameswari

1. Hotel Cordia Yogyakarta

Untuk menginap di hotel ini Anda perlu merogoh kocek sekitar Rp 300.000+ untuk satu malam. Fasilitas yang akan Anda temukan di tempat ini adalah tempat parkir yang luas, wifi gratis, restoran, lift, resepsionis 24 jam dan masih banyak lagi.

2. OYO 2314 Hapsari homestay Syariah

Hotel ini menawarkan fasilitas berupa Wi-Fi gratis, parkir dan lain-lain. Hotel ini terletak tidak jauh dari pantai Trisik Kulon Progo. Anda yang ingin menginap di tempat ini perlu merogoh kocek sebesar Rp 200.000 per malam.

3. Hotel Raja

Menginap di tempat ini harga yang dikenakan diatas Rp 200.000 dalam satu malam. Fasilitasnya tidak jauh berbeda dengan dua hotel sebelumnya. Anda akan menemukan beberapa di antaranya seperti AC, Wi-Fi, parkir, resepsionis 24 jam, dan lainnya.

Fasilitas yang tersedia di Pantai Trisik Kulon Progo

Fasilitas Pantai Trisik Kulon ProgoFoto oleh Google Maps Rianto Slam

Adapun fasilitas yang tersedia di resor pantai ini mungkin belum cukup. Pasalnya, tempat wisata ini belum dioptimalkan pemanfaatannya oleh pemerintah setempat. Tapi tetap saja Anda tidak akan kecewa jika memutuskan untuk mengunjungi tempat ini.

Itulah ulasan singkat tentang Pantai Trisik di Kulon Progo, Jogja. Bagi anda yang kebetulan sedang berkunjung ke Yogyakarta, sempatkan untuk menghabiskan waktu di tempat wisata yang satu ini. Panorama alamnya tidak akan membuat Anda menyesal telah menjadikan tempat ini sebagai tujuan wisata.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button