Tempat Wisata

Ngarai Sianok, lembah indah yang dikelilingi tebing terjal di Sumatera Barat

Ngarai Sianok adalah sebuah lembah atau ngarai yang terjal dengan pemandangan yang sangat indah di perbatasan Bukittinggi dan Agam di Sumatera Barat. Bentang alam yang dibentuk oleh pergerakan Lempeng Sumatera menarik untuk dijelajahi.

harga tiket: Rp15.000, Waktu aktif: 08.00 – 17.00, Alamat: Taman Panorama, Kayu Kubu, Kec. Guguk Panjang, Kota Bukittinggi, Sumatera Barat; map: Cek lokasi

Di Indonesia ternyata ada sebuah ngarai yang memperlihatkan keindahan bentang alam nusantara. Sebuah lembah yang indah dengan segala panoramanya yang indah terletak di kawasan utara pulau Sumatera. Tempat yang begitu memesona sehingga layak untuk diabadikan pada bagian belakang uang kertas resmi Indonesia, 2000 rupiah.

Destinasi bagus yang tidak kalah dengan tempat sejenis lainnya di luar negeri bernama Ngarai Sianok. Secara administratif, tempat ini termasuk dalam wilayah Kota Bukittinggi, Provinsi Sumatera Barat. Melihat foto-foto yang beredar di internet saja sudah membuat semua orang takjub. Selain itu, jika Anda memiliki kesempatan untuk bertemu langsung dengannya, itu akan sangat mengasyikkan.

Lokasinya tidak terlalu jauh dari pusat keramaian. Hal ini meningkatkan minat orang untuk datang kepadanya. Orang-orang yang datang ke sana bisa mendapatkan hal yang berbeda. Tidak hanya panorama alamnya saja tetapi juga luasnya Ngarai Sianok memungkinkan pengunjung untuk bebas melakukan berbagai aktivitas seru dan menciptakan pengalaman yang tak terlupakan.

Atraksi Ngarai Sianok

Daya tarik Ngarai SianokKredit foto: Google Maps (Mang Iyus)

1. Pemandangan perbukitan yang indah

Berkunjung ke tempat itu, wisatawan disuguhi pemandangan indah yang memperlihatkan susunan bukit-bukit yang berdiri rapi. Saat pertama kali menginjakkan kaki di sana, pengunjung pasti akan dibuat takjub dengan pesona alamnya. Bentukan ngarai memanjang namun berkelok-kelok di sisi kanan dan kiri.

Itu membuatnya semakin unik dan istimewa. Tampilan meningkat berkali-kali lipat jika Anda melihatnya dari ketinggian. Ada banyak titik di perbukitan di sana, sehingga tidak sulit bagi wisatawan untuk melakukannya. Ini adalah salah satu pesona tempat yang paling efektif untuk memikat wisatawan di sana.

Ada juga sungai di Ngarai Sianok yang mengalir seolah menambah kekhasan tempat tersebut. Tidak jauh dari lokasi terdapat taman yang cocok untuk mengamati objek tersebut. Tempat itu bernama Taman Panorama. Seperti namanya, tempat ini menawarkan panorama yang sangat indah dan menyegarkan hati dan pikiran.

2. Jangkauannya yang jauh

Diukur, objek wisata alam ini membentang lebih dari 10 kilometer. Sekian lama tempat ini seakan tidak ada habisnya, terutama karena adanya berbagai bukit yang menghalangi pandangan pemirsa dari ujung tempat ini. Dari atas perbukitan, ngarai juga memiliki kedalaman yang cukup dalam.

Ngarai Sianok dikelilingi oleh daratan yang menjulang tinggi di atasnya. Dari permukaan bawah, gundukan yang menjulang tinggi ini memiliki ketinggian kurang lebih 100 meter. Angka ini terkadang membuat takut pengunjung yang memiliki fobia ketinggian. Namun, semua ini dihargai dengan apa yang menunggu untuk diamati.

3. Bagian Bukit Barisan yang Indah

Di pulau sumatera terdapat daratan yang menjulang dan berdiri berjajar membentuk barisan. Merupakan rangkaian pegunungan yang membentuk pulau yang satu ini. Di dalam ngarai yang indah, barisan pegunungan dapat terlihat dengan indah, yang tentunya menambah keunikan tempat tersebut.

Juga, bukit-bukit di sana sebenarnya adalah salah satu dari banyak dataran tinggi di pegunungan. Namun terlihat sangat berbeda dan unik karena lembah ini menawarkan sudut pandang yang berbeda pada bentang alamnya.

4. Vegetasi hijau yang menghiasinya

Atraksi Ngarai SianokFoto dari Twitter Indonesia_Location

Tampilan ngarai yang indah itu semakin cantik karena ditumbuhi berbagai jenis tanaman di permukaannya, sehingga terlihat semakin mulus. Di beberapa tempat di lembah, baik di kedalaman maupun di dekat permukaan, ditemukan tumbuh-tumbuhan alami yang menghiasinya.

Hal ini menjadikannya salah satu surga tersembunyi nusantara yang layak dijadikan tujuan wisata. Selain itu, hadirnya berbagai jenis tanaman semakin membuat spot ini semakin indah sebagai background foto yang diambil.

5. Bukti Terbentuknya Pulau Sumatera

Banyak ahli geologi berpendapat bahwa lembah yang diselingi perbukitan ini merupakan bentuk patahan lempeng yang indah pada zaman dahulu. Di sana kedua lempeng itu bergeser satu sama lain, sehingga terciptalah tanah datar di tengahnya. Seiring waktu, lembah berkembang menjadi tempat yang mempesona dan indah.

6. Tempat yang cocok untuk berbagai aktivitas menarik

Meski terletak di salah satu destinasi alam yang tak pernah berhenti memukau Anda, tempat ini juga bisa digunakan untuk berbagai aktivitas. Para pengunjung yang datang ke sana tidak hanya bisa jalan-jalan menjelajahi lingkungan sekitar atau berfoto-foto untuk mengabadikan suasana di sana, tapi juga berbuat lebih banyak.

Berbagai olahraga dapat dilakukan di setiap sudut ngarai. Ini menjadi salah satu kegiatan favorit warga sekitar untuk menghabiskan waktu di akhir pekan. Medan yang cukup ekstrim memang layak untuk diuji menjadi spot sepeda gunung.

Alamat dan rute menuju lokasi Ngarai Sianok

Alamat Ngarai SianokFoto dari Twitter Radio Elshinta

Lembah fenomenal ini berada di dekat kawasan Bukittinggi, tanah orang Minangkabau. Secara lebih rinci, tempat ini secara administratif berada di Kabupaten Agam Provinsi Sumatera Barat. Jaraknya sekitar satu kilometer di sisi barat daya distrik paling populer di provinsi itu, Bukittingi.

Waktu yang ditempuh pengunjung yang baru naik pesawat, yaitu sekitar dua jam lebih dari Bandara Minangkabau. Tapi jangan khawatir, perjalanan biasanya memakan waktu tidak lebih dari tiga jam. Dari sana, wisatawan bisa menggunakan berbagai jenis transportasi. Jika Anda menginginkan kenyamanan maka Anda dapat menyewa mobil atau kendaraan lain.

Cara untuk mencapainya dari daerah Padang adalah menuju ke arah Padang Panjang terlebih dahulu. Setelah itu, ikuti petunjuk arah yang mengarah ke Panyalaian dan kemudian berkendara ke kawasan Koto Baru. Setelah itu, pastikan perjalanan melewati tempat bernama Amor lalu Cingkariang. Jika demikian, wisatawan akan tiba di lokasi Padang Luar.

Ikuti jalan menuju tempat bernama Jambu Air menuju Bukittinggi. Jika sudah berada di sana, tidak sulit untuk mencapai Ngarai Sianok. Semua jalur menuju lokasi ini terlebih dahulu harus melewati Bukittinggi, meski secara teknis ngarai ini bukan lagi bagian dari kabupaten.

Biaya Masuk Wisata Ngarai Sianok

Harga tiket Ngarai SianokKredit foto: Google Maps (Adrian Risza Firlana)

Untuk mendapatkan akses ke kawasan ini, pengunjung harus membeli tiket masuk. Karena keindahan kawasan ini sudah tidak perlu diragukan lagi, tidak hanya penduduk lokal saja yang datang ke sini. Ada juga turis asing yang tertarik berada di sana.

Itu sebabnya ada perbedaan harga antara turis lokal dan asing. Untuk melewati salah satu dari 3 pintu masuk yang tersedia, orang Indonesia yang bepergian ke sana harus merogoh kocek Rp 15.000 untuk dewasa dan juga Rp 10.000 untuk anak-anak.

Sedangkan pengunjung asing harus membayar biaya sebesar Rp 25.000 untuk segala usia yang ingin ke sana. Tempat ini bisa dinikmati dari jam 8 pagi dan berakhir jam 5 sore. Bagi wisatawan yang ingin menginap disana didekatnya terdapat beberapa penginapan atau losmen dan juga homestay kecil yang bisa digunakan.

Aktivitas menarik di Ngarai Sianok

Aktivitas di Ngarai SianokFoto oleh Twitter Oaseminang

1. Ambil foto Ria

Berkunjung ke destinasi-destinasi indah ini tidak akan puas kecuali Anda melakukan aktivitas tersebut. Di berbagai titik, pengunjung bisa berfoto-foto di sekitar ngarai. Pemandangan yang disajikan pasti akan membuat foto yang diambil secara langsung semakin indah dan layak untuk diunggah ke media sosial pribadi.

Tak hanya di lembah atau perbukitan, taman di dekatnya juga menyuguhkan panorama eksotis, seperti namanya. Ada juga spot foto khusus untuk mempercantik hasil jepretan dan juga sebagai tempat untuk bersenang-senang.

2. Mengunjungi beberapa tempat unik

Tempat pertama yang perlu diketahui wisatawan di Ngarai Sianok adalah taman yang terletak di atas bukit di sana. Fasilitasnya lengkap, sehingga pengunjung tidak akan kesulitan melakukan aktivitas di sana untuk menikmati alam.

Memang, pengalaman bersantap yang tak terlupakan bisa tercipta karena ada restoran yang menyajikan menu spesial yang lezat. Selain itu, ada sisi lain dari tempat yang tampak indah ini. Kawasan tersebut ternyata mengandung bukti sejarah, yakni gua yang dibangun pada masa pendudukan Jepang di Indonesia.

Gua ini sebenarnya adalah bunker yang terdiri dari lorong yang membentang ratusan meter. Tempat edukasi ini dapat diakses secara gratis karena sudah termasuk tiket berbayar.

3. Berhenti di Batang atau Sungai

Aktivitas menarik di Ngarai SianokFoto oleh Google Maps Galih Wardana

Di tengah lembah terdapat sungai dengan air yang cukup bersih. Banyak pengunjung yang bermain-main di air tawar. Arusnya sebenarnya tidak kuat, tetapi saat musim hujan limpasan meningkat dan arusnya bisa digunakan untuk arung jeram.

4. Jelajahi setiap sudut lembah

Pengunjung pasti tidak akan bosan. Banyak hal yang dapat ditemukan atau dinikmati oleh wisatawan, sehingga menjelajahi setiap tempat menjadi pengalaman rekreasi yang indah.

Fasilitas wisata di Ngarai Sianok

Fasilitas di Ngarai SianokFoto oleh Instagram Irvan_6789

Lembah curam yang indah ini menawarkan berbagai hal untuk dinikmati pengunjung. Jika Anda merasa lapar, Anda bisa mampir ke restoran di sana. Berbagai menu, terutama yang khas Mingangkabau, bisa dipesan.

Ada juga banyak tempat parkir jika Anda mengemudi di sana dengan kendaraan pribadi. Ada juga penginapan dan toko yang menjual berbagai suvenir unik.

Wisata alam di sana memang akan memberikan pengalaman liburan yang istimewa, khususnya di kawasan Bukittinggi, negara Andalas. Dengan fasilitas yang lengkap di sana, para pengunjung juga tidak perlu khawatir akan apapun saat berwisata ke tempat yang menakjubkan ini. Ngarai Sianok menjadi destinasi wajib jika Anda memutuskan untuk berlibur di wilayah Sumatera Barat.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button