Tempat Wisata

Pantai Ngalur Tulungagung – atraksi, aktivitas liburan, lokasi dan harga tiket

Pemandangan, aktivitas liburan, lokasi & harga tiketPantai Ngalur salah satu wisata pantai yang eksotis di Tulungagung. Pantai berpasir putih yang menawarkan suasana alam yang menarik dan masih asri.

harga tiket: Gratis, Waktu aktif: 24 jam, Alamat: Jengglungharjo, Kec. Gunung Tanggung, Kab.Tulungagung, Jawa Timur; map: Cek lokasi

Pantai Ngalur terletak di Kabupaten Tulungagung, Provinsi Jawa Timur. Pantai ini memiliki ombak yang cukup kuat karena terletak di bagian selatan pulau Jawa. Namun, untuk sampai ke sana, wisatawan harus melalui perjalanan yang agak sulit, karena tempat tersebut tidak bisa dilalui kendaraan.

Sering disebut dengan Pantai Ngalur, pantai ini memiliki keindahan khas pasir putihnya yang bertekstur lembut. Pesona alam yang ditawarkan juga masih dalam keadaan asri dan eksotis. Pantai yang eksotis ini sangat cocok dijadikan sebagai tempat yang tepat untuk berwisata sambil menikmati waktu liburan yang Anda miliki.

Dengan pemandangan eksotis yang disuguhkan, Pantai Ngalur sering dijadikan sebagai subjek para wisatawan untuk berfoto. Gambar yang dihasilkan akhirnya dapat menarik banyak orang untuk berkunjung dan menikmati keindahan pantai di Tulungagung yang masih baru dikenal.

Atraksi Pantai Ngalur

Daya Tarik Pantai Ngalur TulungagungKredit Foto: Pelumas Google Maps 45.1

Ada beberapa daya tarik utama yang ditawarkan oleh wisata pantai Ngalur di Tulungagung. Daya tariknya terletak pada keindahan alamnya yang masih asri dan juga eksotis, menjadikannya salah satu destinasi wisata terbaik yang ditawarkan Kabupaten Tulungagung.

1. Pasir putih

Pantai ini memiliki pasir putih dan membentang di sepanjang pantai. Selain itu, pasir putih di area pantai ini juga memiliki tekstur yang halus sehingga terasa nyaman saat diinjak. Hamparan pasir putih yang ada di sana juga bisa membuat Anda menikmati keindahan alamnya yang tidak kalah dengan pantai berpasir putih lainnya.

2. Pantai yang tenang dan bersih

Pantai Ngalur masih sangat sepi untuk dikunjungi karena akses jalan yang sulit. Untuk menuju ke sana Anda harus berjalan kaki karena masih belum ada akses jalan kendaraan bermotor untuk mencapai lokasi wisata. Hal ini membuat pantai ini sepi oleh wisatawan.

Selain itu, pantai ini terkesan dengan kebersihannya yang masih sangat terjaga. Dengan masih sedikitnya wisatawan yang datang ke sana, kondisi pantai masih dalam kondisi rapi. Kebersihan ini juga membuat pantai ini menjadi tempat yang ideal untuk fotografi.

3. Lautan Biru

Pantai Ngalur juga menawarkan daya tarik untuk Anda nikmati, yaitu birunya laut disertai deburan ombak yang saling memantulkan. Anda dapat menikmati keindahan ini dalam suasana yang tenang sambil bersantai dan mengistirahatkan pikiran Anda. Ditemani dengan suara deburan ombak yang masih sedikit tebal, pantai ini sangat cocok untuk anda jadikan tempat liburan di Tulungagung.

Birunya laut di kawasan wisata tersebut seolah menambah daya tarik yang menyatu dengan kondisi alam di sekitarnya. Keindahan inilah yang pada akhirnya menggiring sebagian orang untuk mengunjungi pantai ini, meski jalur yang akan ditempuh tidaklah mudah.

Alamat, Rute Lokasi & Harga Tiket Masuk Pantai Ngalur

Tiket Masuk Pantai NgalurSumber gambar: Google Maps deni fazri

Untuk dapat mengunjungi Pantai Ngalur, Anda memiliki tiga rute yang dapat dipilih yang dapat mengantarkan Anda ke pantai ini. Pantai ini terletak di Desa Jengglungharjo, Kecamatan Tanggung Gunung, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur.

Rute pertama yang bisa Anda gunakan adalah memulai perjalanan dari Kediri. Perjalanan yang Anda tempuh saat berangkat dari Kediri memakan waktu hingga 2,5 jam. Anda diinstruksikan untuk melakukan perjalanan ke selatan untuk menemui Pantai Sanggar di Kabupaten Tulungagung. Setelah itu Anda harus melewati perbukitan.

Untuk jalur kedua, Anda meninggalkan wilayah Kabupaten Tulungagung. Anda bisa berwisata ke daerah Jengglungharjo kemudian menuju Dusun Sanggar. Setelah itu, Anda bisa berjalan kaki dengan menanyakan arah kepada warga sekitar.

Rute terakhir masih sama dari Kabupaten Tulungagung. Anda dapat melakukan perjalanan menuju Kalitatun, dari sana Anda akan diarahkan ke Pantai Sanggar. Setelah itu anda harus menuju pantai Ngalur dengan memilih jalur kiri saat bertemu perlintasan antara pantai Patok Gebang dan pantai Ngalur.

Untuk bisa menikmati keindahan pantai ini, wisatawan tidak dikenakan biaya masuk. Hal ini dikarenakan wisata pantai ini masih sangat baru, sehingga belum ada pengelolaan yang profesional oleh pemerintah.

Mereka hanya meminta uang untuk membayar hanya Rp 5.000 untuk parkir. Itupun anda harus memarkir kendaraan yang anda gunakan di Pantai Sanggar. Karena untuk menuju pantai Ngalur harus berjalan kaki melewati perbukitan di sekitarnya.

Hal menarik yang bisa dilakukan di pantai Ngalur

Hal menarik yang bisa dilakukan di Pantai NgalurKredit foto: Google Maps Rohmad Ngunut

1. Menikmati matahari terbit dan terbenam

Pantai Ngalur sangat cocok bagi Anda yang ingin mengagumi keindahan matahari terbit dan terbenam dalam suasana lingkungan yang tenang. Keindahan ini didukung oleh pemandangan tepi pantai yang luar biasa. Aktivitas menarik ini akan membuat liburan Anda di objek wisata ini semakin tak terlupakan.

2. Berkemah & Piknik

Anda juga bisa menikmati pantai yang satu ini dengan piknik atau berkemah di sana. Anda bisa piknik dengan meletakkan alas duduk di atas pasir putih dan halus ditemani semilir angin yang sejuk.

Anda tidak akan dikenakan biaya apapun untuk berkemah di sana. Tapi ingat, juga karena pantai ini masih belum dikelola secara profesional, Anda harus bertanggung jawab penuh atas kebersihan area pantai dan keselamatan Anda sendiri.

3. Ambil foto

Hal menarik yang bisa dilakukan di Pantai NgalurKredit foto: Google Maps widi nyonya via

Dengan kombinasi pemandangan yang sangat eksotis dan indah, pantai ini bisa Anda manfaatkan sebagai tempat untuk mengambil foto yang sangat bagus. Terdapat perbukitan hijau, laut biru dan pasir putih yang akan membuat bidikan Anda terlihat semakin luar biasa.

Bahkan pantainya yang masih sepi bisa membantu Anda mencari spot foto terbaik di sana. Dengan begitu, foto yang dihasilkan akan lebih bervariasi. Ada juga ayunan yang bisa kamu gunakan sebagai tempat berfoto yang sangat instagramable.

4. Joging

Pantai Ngalur sangat cocok untuk Anda yang suka berjalan-jalan di pesisir pantai. Hal ini didukung dengan lembutnya pasir pantai setempat, yang membuat olahraga semakin menyenangkan. Dan anda juga akan ditemani dengan keindahan alamnya yang sangat eksotis yang dapat menambah semangat anda untuk berolahraga.

Pengunjung pantai ini juga masih tergolong jarang, sehingga Anda bisa bebas berkeliaran tanpa takut mengganggu aktivitas wisatawan lain. Selain sebagai kesempatan untuk menjaga kesehatan tubuh, jogging di pantai juga bisa menjadi pilihan wisatawan untuk menjelajahi kawasan pantai yang eksotis ini lebih dalam.

Akomodasi Murah Terdekat Dari Lokasi Pantai Ngalur

Akomodasi di Pantai NgalurKredit foto: Google Maps hady pras

1. Hotel Prigi

Akomodasi di sekitar pantai Ngalur nyaman dengan fasilitas pendukung yang cukup lengkap disana. Hotel berdesain minimalis ini menawarkan beberapa kamar dengan banyak fasilitas. Pengunjung bisa menginap di hotel ini dengan harga yang terjangkau.

2. Hotel Lugano

Salah satu penginapan yang dekat pantai adalah Hotel Lugano. Hotel ini menawarkan berbagai fasilitas pendukung seperti sarapan, layanan internet dan kamar dengan AC. Untuk menginap di sana Anda harus membayar biaya yang sedikit mahal dari hotel sebelumnya.

3. Pondok-Prigi

Properti ini tidak terlalu jauh dari Pantai Ngalur di Tulungagung. Desain bangunan hotel ini cenderung mengutamakan arsitektur Jawa kuno sebagai tema utama penginapan ini. Fasilitas yang ditawarkan penginapan ini juga cukup lengkap dengan layanan penjemputan di bandara bagi wisatawan yang datang dari jauh.

Fasilitas yang tersedia di Pantai Ngalur Tulungagung

Fasilitas yang tersedia di Pantai Ngalur TulungagungSumber gambar: Google Maps deni fazri

Fasilitas di Pantai Ngalur sendiri masih terbilang minim. Karena akses jalan masih sulit untuk dilalui, sehingga belum ada investor yang mau melakukan wisata ini.

Bagi Anda yang ingin mengunjunginya, disarankan untuk menyiapkan berbagai perbekalan dari rumah. Perbekalan yang Anda bawa akan berguna di pantai. Dikarenakan belum tersedianya warung makan dan fasilitas penunjang lainnya. Namun, Anda harus menjaganya tetap bersih.

Itulah beberapa atraksi, rute dan aktivitas yang bisa Anda lakukan saat berkunjung ke Pantai Ngalur di Tulungagung. Sarana dan prasarana di pantai ini masih sangat minim, sehingga wisatawan yang akan mengunjunginya perlu mempersiapkan lebih banyak lagi perbekalan yang bisa berguna saat sampai di sana.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button