Tempat Wisata

Tiket Masuk dan Kegiatan Jumog Falls Maret 2023

Tiket Masuk Air Terjun Jumog: Rp 15.000 – Rp 20.000. Jam buka: 08.00 – 16.00 WIB. Nomor telepon : -. Alamat/Lokasi: Jalan Plesungan, Gandu, Berjo, Ngargoyoso, Karanganyar, Jawa Tengah, Indonesia, 57793.

Air Terjun Jumog adalah salah satu tujuan wisata paling populer di Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Di sini wisatawan bisa menikmati keindahan air terjun yang dikelilingi perbukitan dengan pepohonan yang asri. Selain itu, terdapat pula arena permainan dan kolam renang anak, restoran, dan panggung hiburan.

Obyek wisata alam di lereng Gunung Lawu ini dibuka untuk umum sejak tahun 2004. Lokasinya strategis karena hanya berjarak sekitar 30 menit dari pusat kota Karanganyar. Air terjunnya tidak terlalu tinggi, namun tetap memancarkan keindahan wisata alam yang unik.

Biaya masuk ke air terjun Jumog

Untuk menikmati keindahan air terjun ini, pengunjung perlu menyiapkan biaya masuk. Tapi tenang saja, biaya masuknya bisa dibilang cukup murah.

Biaya masuk ke air terjun Jumog
Tiket hari biasa Rp 15.000
Tiket masuk Sabtu, Minggu & hari libur nasional Rp 20.000

Baca: Tiket Masuk dan Aktivitas Grojongan Sewu

Jam buka Air Terjun Jumog

Wisatawan bisa datang ke kawasan wisata air terjun ini setiap hari. Objek wisata air terjun ini buka dari pagi hingga sore hari

jam beroperasi
Senin Jum’at 08.00 – 16.00
Sabtu Minggu 07.00 – 17.00

Beragam kegiatan wisata

Air Terjun Jumog menyuguhkan keindahan alam berupa air terjun dengan berbagai fasilitas wisata. Sedangkan jumlah wisatawan yang datang saat musim libur panjang bisa mencapai ratusan orang. Waktu terbaik untuk datang ke tempat wisata ini adalah saat masih pagi hari saat air terjun baru buka.

Trekking ke air terjun

jalan satai menuju air terjun jumogJalur trekking menuju air terjun dibuat nyaman dan mudah bagi wisatawan – Madang Mol

Akses dari pintu masuk menuju lokasi air terjun Jumog tidaklah sulit. Wisatawan hanya perlu mendaki sekitar 400 meter menyusuri jalur yang tersedia. Jarak ini bisa ditempuh dengan berjalan kaki sekitar 116 anak tangga.

Saat berkendara di sepanjang jalan setapak, wisatawan disuguhi pemandangan yang menakjubkan. Wisatawan tampak berjalan di sebuah lembah di antara dua bukit yang ditumbuhi tanaman hijau subur. Selama perjalanan Anda juga akan melihat pemandangan indah di sekitar lereng Gunung Lawu.

Begitu sampai di air terjun, langsung terasa udara dingin dan sejuk khas pegunungan. Anda juga bisa melihat muara air terjun dan jembatan penghubung antara kedua sisi jalur trekking.

Baca: Berbagai Tempat Wisata Seru di Karanganyar

Menikmati keindahan kawasan air terjun

Air terjun sungai dengan ketinggian 30 meterWisata Air Terjun Jumog memiliki air terjun di sebelahnya dengan ketinggian sekitar 30 meter – Google Maps/joeluluk

Keindahan pemandangan alam kawasan wisata air terjun yang hijau, asri dan sejuk. Pepohonan rindang dan tumbuhan pakis yang tumbuh di kawasan tersebut memberikan udara segar.

Panoramanya semakin bagus berkat adanya teras berundak yang terbuat dari bebatuan alam. Suara air terjun yang mengalir berpadu dengan kicauan merdu burung-burung yang hidup di kawasan tersebut. Karena keindahannya, banyak wisatawan yang memberinya julukan sebagai Surga yang Hilang atau surga yang hilang.

Aliran air terjun Jumog sangat deras sehingga wisatawan yang berdiri di dekatnya bisa basah kuyup. Derasnya air terjun mengalir deras ke sungai kecil di depannya. Sungai ini memiliki jembatan yang memungkinkan wisatawan menyeberang dari satu sisi ke sisi lainnya.

Baca: Beberapa Tempat Wisata di Tawangmangu Sayang untuk Dilewatkan

bermain dan berenang di air

Berenang di kejernihan air terjun Jumog Karang AnyerBermain air dan berenang di arus air terjun yang jernih dan sejuk – Google Maps/andhikayes

Air Terjun Jumog memiliki air terjun yang berdampingan dengan ketinggian sekitar 30 meter. Ceratnya mengalirkan air jernih dan percikan airnya berupa tetesan embun. Di bawah ini adalah sungai dengan air yang dingin dan jernih untuk dimainkan.

Air melimpah yang terasa menyegarkan, langsung datang dari pegunungan. Wisatawan yang ingin menikmati kesejukan dan kesegaran air terjun sebaiknya membawa pakaian ganti. Apalagi jika Anda terpeleset saat berjalan melewati bebatuan di sungai.

Saat wisatawan yang datang tidak terlalu ramai, suasana alam kawasan ini begitu kental. Apalagi saat cuaca cerah, wisatawan bisa melakukan berbagai aktivitas wisata di air terjun ini. Sedangkan jika hujan sangat deras, kawasan wisata ini akan ditutup demi alasan keamanan.

Baca: Tiket Masuk dan Aktivitas Lawu Park Tawangmangu

Kolam anak air terjun Jumog

Kolam renang anak di sekitar air terjunKolam renang anak di kawasan wisata ini sangat cocok untuk wisatawan, terutama untuk keluarga dan anak-anak – Foto: Google Maps/ Ir FX Maruwah

Terdapat kolam renang anak di belakang pintu masuk kawasan air terjun Jumog. Kolam ini sangat cocok untuk wisatawan yang membawa keluarga dan anak-anak. Kolam renang anak ini juga dilengkapi dengan seluncuran air yang membuat aktivitas berenang semakin seru.

berburu foto

spot foto menawan di depan sungai dan jembatanJembatan tepat di depan air terjun adalah salah satu tempat paling populer bagi wisatawan – Foto: Google Maps/ariesieass

Wisatawan dapat mengabadikan pemandangan indah Air Terjun Jumog dan sekitarnya melalui fotografi. Bagi pecinta foto, teknik long exposure sangat cocok untuk mendapatkan landscape air terjun dengan aliran sungai yang landai. Pada hari-hari cerah, warna air terjun dan tanaman hijau di sekitarnya menjadi lebih cemerlang.

Sebuah jembatan tepat di depan air terjun adalah tempat foto yang populer. Dari sudut ini, background air terjun pada gambar yang dihasilkan terlihat sangat jernih dan indah. Bagi yang tidak ingin terkena percikan air terjun bisa mengambil foto dari jarak yang aman.

Baca: Tiket Masuk & Zona Wisata De Tjolomadoe Karanganyar

tradisi Padusan

Sekitar bulan Ramadhan ada tradisi mandi untuk penyucian diri yang dikenal dengan “Padusan”. Saat ini banyak wisatawan yang datang untuk melakukan ritual adat di air terjun Jumog ini.

Perabot

Untuk menunjang kenyamanan, tersedia fasilitas penunjang yang cukup lengkap. Toilet dan ruang ganti juga tersedia.

Sedikit lebih tinggi, di sisi kanan air terjun terdapat area tempat makan para wisatawan. Kuliner khas daerah seperti sate kelinci disajikan dalam suasana yang unik. Wisatawan bisa menikmati makanan di tempat makan berupa meja dan tikar di tepi sungai.

Lokasi air terjun Jumog

Air terjun alami ini terletak di Jalan Plesungan, Gandu, Berjo, Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah 57793.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Back to top button