Tempat Wisata

Tiket & Atraksi TERJUN SIGERINCING

Tiket Masuk Air Terjun Sigerincing: Rp 5.000-10.000. Jam buka: 24 jam. Nomor telepon : -. Alamat/Lokasi: Desa Tuo, Lembah Masurai, Merangin, Jambi, Indonesia, 37372.

Air Terjun Sigering menghadirkan kawasan wisata di Merangin Jambi yang dikelilingi oleh keindahan alam dan masih sangat asri. Terletak pada situs geologi yang secara morfologi berbentuk gundukan dengan struktur akibat patahan. Di area air terjun terdapat bebatuan hasil letusan Gunung Masurai di depan kaldera.

Lokasi destinasi wisata ini berada di kawasan pedesaan yang tenang. Cukup jauh dari pusat kota jambi. Bagi pecinta alam, kawasan tersebut menjadi rekomendasi destinasi wisata daerah di Jambi. Karena wisatawan bisa menjelajahi alam sambil menikmati sejuknya air terjun.

Tiket masuk air terjun Sigering

Air Terjun Sigerincing dikenal sebagai destinasi wisata alam dengan harga murah. Karena menawarkan biaya masuk yang relatif murah untuk semua kalangan. Jadi jangan khawatir jika wisatawan ingin berwisata ke sana anggaran. Siapkan juga biaya parkir jika Anda datang dengan mobil.

Tiket masuk air terjun Sigering
tiket masuk 5.000 per orang
PARKIR MOTOR Bebas
area parkir 10.000

Baca: GUNUNG MASURAI masih alami dengan 4 danau

jam buka

Wisatawan dapat mengunjungi air terjun kapan saja. Karena kawasan wisata ini tidak memiliki jam buka khusus. Area ini terbuka untuk umum sepanjang waktu. Namun, tempat ini belum cukup terang sehingga wisatawan harus pulang sebelum langit gelap.

jam buka
Sehari-hari 24 jam

Objek Wisata Air Terjun Sigerincing

Kawasan Curug SigerincingKawasan Curug Sigering. Foto: Google Maps/Taharudin

Pemandian Air Terjun Sigerincing seakan menjadi primadona warga Lembah Masurai. Air terjun yang indah dan alamnya yang masih asli adalah hal yang membangkitkan minat. Inilah beberapa di antaranya.

Air terjun deras dengan perbukitan hijau

Derasnya aliran air terjun yang jatuh dari perbukitanLuapan deras air terjun yang jatuh dari perbukitan. Foto: Google Maps/Vedy Yandra

Air Terjun Sigerincing memiliki ketinggian hingga 40 meter. Tampilan air terjunnya begitu menggemaskan dan debit airnya cukup besar. Tabrakan air terjun cukup kuat untuk membuat suara gemuruh. Air terjun yang deras terlihat jelas, airnya menerjang bebatuan di bawah dengan kekuatan yang besar.

Airnya juga sangat jernih sehingga wisatawan bisa melihat kehidupan makhluk sungai seperti ikan-ikan kecil. Ditambah lagi, di ketinggian 740 mdpl, kawasan ini juga terasa teduh dan asri.

Baca: Tiket ATHAYA GARDEN dan Berbagai Wahana Bertema

Pemandangan hijau

Pemandangan hijau di sekitar air terjun SigerincingPemandangan hijau di sekitar air terjun. Foto: Google Maps/Adi Guna

Kawasan sekitar air terjun menampilkan panorama hijau yang asri dan alami. Ada pohon-pohon rimbun yang tinggi dan semak-semak yang lebat. Kawasan sekitar air terjun masih belum tersentuh tangan manusia, terlihat dari bangunan-bangunan yang nyaris berdiri. Banyaknya tumbuhan hijau membuat suasana air terjun menjadi lebih sejuk dan menyegarkan udara.

Anda bisa melihat keberadaan tebing-tebing tinggi yang mengelilingi destinasi tebing yang ditumbuhi tumbuhan hijau alami yang menyejukkan pandangan. Burung-burung yang berjongkok dari pohon ke pohon semakin memeriahkan panorama.

Baca: PULAU INDAH Keindahan pantai dan pulau yang eksotik

Pelangi di Air Terjun Sigerincing

Pelangi yang sering muncul di area air terjunPelangi yang sering muncul di sekitar air terjun. Foto: Google Maps/Maulidi Channel

Salah satu daya tarik terbaik dari air terjun ini adalah wisatawan dapat menyaksikan pelangi kapan saja. Jika pengunjung beruntung, pelangi bisa terlihat. Sisa-sisa tetesan air yang melayang di udara dapat memantulkan cahaya sehingga membentuk pelangi. Penampakan pelangi di air terjun yang begitu indah sering menjadi bahan foto.

Perjalanan seru ke air terjun

Perjalanan menuju air terjun harus melalui jalan di kedua sisi hutan dan desa. Jalurnya tergolong ekstrem karena jalannya berkelok-kelok. Pembalap harus berkonsentrasi agar tidak kehilangan kendali di setiap belokan.

Mendekati air terjun, wisatawan akan menemukan sungai yang mengalir deras. Berada di pinggir jalan, wisatawan dapat memarkir kendaraannya sejenak untuk turun ke sungai. Mata air sungai dari air terjun dan dihiasi dengan batu hitam legam. Wisatawan bisa berswafoto atau sekedar cuci muka di arus yang tidak terlalu kencang.

Digunakan sebagai PLTA

Air Terjun Sigerincing yang airnya berasal dari Sungai Siau ini berpotensi menghasilkan listrik. Sehingga warga sekitar air terjun memanfaatkan tempat tersebut untuk dijadikan Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA). Pemanfaatan sungai air terjun untuk pembangkit listrik tenaga air telah dipraktikkan sejak lama. Potensi pembangkit listrik tenaga air pada akhirnya akan digunakan sebagai sumber energi penerangan di desa tersebut.

Akses menuju air terjun Sigering

Untuk menuju air terjun, wisatawan harus berjalan kaki sekitar 500 meter dari tempat parkir. Dibutuhkan sekitar 10 menit dengan berjalan kaki. Jalannya bagus, tapi medannya cukup menguras tenaga dengan tanjakan yang cukup terjal. Bagi wisatawan yang tidak ingin lelah berjalan kaki, bisa naik ojek turun.

Ada juga tangga yang memudahkan wisatawan untuk turun ke air terjun. Ada kurang lebih 30 anak tangga yang memandu perjalanan pengunjung. Naik turun membutuhkan energi yang cukup. Oleh karena itu pengunjung disarankan untuk berada dalam kondisi fisik yang baik.

Perabot

Di kolam air terjun Sigerincing terdapat toilet yang juga berfungsi sebagai ruang ganti. Selain itu, tempat parkir cukup memadai bahkan bagi wisatawan yang membawa sepeda motor atau mobil. Fasilitas tersebut cukup membuat pengunjung merasa nyaman.

Namun, pengunjung harus membawa bekal makanan sendiri saat berkunjung ke air terjun. Demikian juga, pengunjung harus membawa perlengkapan mandi sendiri. Karena tidak ada warung atau orang yang berjualan. Sehingga sulit mendapatkan kebutuhan pokok dan tidak bisa menemukan penjual makanan saat lapar.

Lokasi air terjun Sigering

Wisata air terjun ini bertempat di Desa Tuo, Kecamatan Lembah Masurai, Kabupaten Merangin, Jambi 37372. Jarak dari pusat Kota Jambi adalah 326,8 kilometer. Dibutuhkan hingga 8 jam perjalanan untuk sampai ke air terjun. Kota terdekat dengan air terjun adalah Kota Bangkok. Dari kota ini jarak menuju air terjun sekitar 80 kilometer. Dengan waktu tempuh kurang lebih 2 jam perjalanan.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Back to top button