Tempat Wisata

Curug Cipendok: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan spot

Bagi masyarakat awam, nama air terjun ini masih asing bagi masyarakat yang tidak tinggal di mana nama air terjun ini berasal. Seperti Curug Cipendok, Pesona Terungkap. Keanekaragaman bahasa daerah yang dituturkan oleh masyarakat Indonesia menyebabkan sejumlah objek wisata diberi nama sesuai dengan bahasa daerah setempat guna menggugah rasa penasaran wisatawan domestik maupun mancanegara untuk mengunjungi kawasan wisata tersebut.

Layaknya tempat wisata lainnya, air terjun ini juga menjadi nama objek wisata khas di wilayah Jawa Barat. Seperti khas Banyu Grojog di Jawa Timur, Curug di Jawa Barat berarti nama sarana wisata air terjun. Ada banyak air terjun di kawasan Jawa Barat ini, termasuk Air Terjun Cipendok.

Air terjun ini berada di lereng Gunung Slamet dan memiliki ketinggian sekitar 92 meter. Wisata ini masih terbilang baru, sehingga belum banyak wisatawan yang mengunjungi destinasi alam ini. Kesejukan udara yang disuguhkan masih terasa jelas, ditambah dengan keheningan yang merajalela disana. Bisa dipastikan saat anda berkunjung ke sana anda akan menikmati ketenangan yang tidak akan anda temukan di kota, di kawasan wisata Curug Cipendok.

Perabot Air Terjun Cipendok

Layaknya kawasan wisata lainnya, Wisata Curug Cipedok memiliki beberapa fasilitas standar yang wajar, seperti tempat parkir, tempat peristirahatan wisatawan, tempat ibadah, toilet, dan yang terpenting Air Terjun Cipendok sendiri yang memiliki sejuta keindahan disana.

Selain itu, terdapat beberapa fasilitas utama yang sangat memikat yang tidak dimiliki oleh kawasan wisata air terjun lainnya. Merupakan tempat bermain untuk anak-anak. Oleh karena itu, sangat cocok jika Anda mengunjungi kawasan wisata ini bersama keluarga besar. Selain itu, terdapat Menara Padang yang menjulang tinggi di kawasan ini. Jadi, jika Anda menaiki menara ini, Anda bisa menikmati pemandangan kota Puwokerto yang menakjubkan dari atas menara ini.

Fasilitas seru lainnya seperti kabin, jalur outbond, jalur jogging, jungle tracking, dan yang tidak kalah dengan fasilitas khas kawasan wisata ini adalah bumi perkemahan. Jadi, bagi yang ingin menikmati sunset dan sunrise bisa bermalam di bumi perkemahan Air Terjun Cipendok. Wah, sepertinya sangat menarik untuk dicoba.

kecantikan Air Terjun Cipendok

Wisata daerah ini mengambil namanya dari legenda lokal yang berkaitan dengan sejarah Diponegoro. Curug, artinya air terjun, tempat Raden Ranusantika menemukan keris. Dan Cipendok adalah pendok berbentuk cincin yang berpendar kuning keemasan. Nama Curug Cipendok untuk air terjun ini disarankan oleh Breden Santa, seorang kepala pekerja saat itu.

Pemandangan indah yang disuguhkan mulai dari area parkir kendaraan hingga kawasan wisata itu sendiri.Perkebunan yang ada di kawasan ini sangat terawat sehingga hasil buminya sendiri seperti tomat, cabe dan seledri dijual langsung di kawasan wisata ini. Perkebunan di sepanjang jalan menuju pemandangan sangat mengesankan dan dapat dinikmati dengan berjalan-jalan santai.

Selain itu, sungai-sungai kecil yang bermuncrat dari Curug Cipendok sangat menggoda para wisatawan untuk singgah sejenak dan bermain air disana untuk merasakan dingin dan sejuknya air pegunungan. Selain Curug Cipendok yang menjadi tujuan utama kunjungan wisatawan, ada juga Telaga Pucung dan mata air yang menenangkan.

Oleh karena itu, sangat baik untuk menenangkan sejenak penat pikiran yang melanda. Selain keindahan alam yang bisa dinikmati di Telaga Pucung, terdapat burung elang dan beberapa ekor harimau yang jumlahnya semakin berkurang.

Lokasi Hshooting foto di air terjun Cipendok

Tentunya masyarakat Jawa Barat sudah tidak asing lagi dengan nama Curug Cipendok. Buat kamu yang suka jalan-jalan dan hunting foto, berikut beberapa tempat menarik untuk ditambahkan ke koleksi beranda media sosialmu. Banyak area mempesona yang sayang untuk dilewatkan.

Area air terjunnya sendiri menggoda, cocok banget untuk sekedar berada di udara terbuka. Atau di Telaga Pucung, Anda bisa berpose bak model profesional di sana. Hasil potret dengan latar belakang kawasan wisata Curug Cipendok ini tentu tidak akan mengecewakan Anda.

akses lokasi Menuju Curug Cipendok

Air Terjun Cipendok terletak di Desa Karangtengah, Kecamatan Cilongok, Kabupaten Banyumas, Jawa Barat. Jika Anda berangkat dari Purwokerto, Anda bisa berkendara hingga Jalan Jendral Sudirman menuju alun-alun.

Setelah itu, lurus saja menuju Jalan Cilongok hingga sampai di pertigaan Losari, sekitar 14 km dari arah Purwokerto. Di pertigaan itu ada tanda kuning, kamu bisa belok kanan hingga sampai di tempat yang jaraknya hanya 8 km.

Dari jalan raya Cilongok menuju lokasi harus melewati jalan berkelok dan menanjak. Namun tidak perlu khawatir karena kawasan ini sudah diaspal sehingga memudahkan wisatawan untuk berkunjung ke kawasan wisata Air Terjun Cipendok. Namun jangan khawatir bagi anda yang tidak ingin berpergian tanpa kendaraan sendiri, tersedia juga angkutan umum di kawasan wisata menuju Curug Cipendok.

Anda dapat menggunakan kendaraan umum dengan rute Ajibarang-Losari-Kalisari-Karang Tengah-lebaksiu-Curug Cipendok. Pada hari kerja, sistem angkutan umum bernama Koperades ini beroperasi pada siang hari, yang bisa dipesan wisatawan untuk menuju kawasan wisata ini.

Harga Qtiket Memasukkan Air Terjun Cipendok

  • Biaya masuk: Rp 10.000/orang
  • Biaya parkir motor: Rp 3.000
  • Biaya Parkir: Rp 5.000

(Diperbarui Juli 2023)

Jam Buka Curug Cipendok

  • Buka setiap hari dari jam 7 pagi sampai jam 4 sore

tips liburan juga Air Terjun Cipendok

Seperti halnya perjalanan liburan ke destinasi wisata lainnya, berwisata ke kawasan wisata Curug Cipendok membutuhkan persiapan dan bekal yang matang. Untuk mengantisipasi segala kemungkinan yang tak pernah terbayangkan sebelumnya. Siapkan perbekalan dan beberapa item tambahan seperti senjata untuk mendokumentasikan momen-momen di sana.

Senjata yang kita bicarakan disini adalah peralatan fotografi, bukan pistol, tajam dan berbahaya lho. Karena sayang jika melewatkan keindahan panorama Curug Payung tanpa mendokumentasikannya terlebih dahulu. Jadi, Anda harus mempersiapkan semuanya.

Jangan lupakan kit kesehatan untuk waspada saat rekan atau kerabat atau bahkan diri Anda tiba-tiba sakit. Sayang sekali nantinya Anda tidak bisa menikmati liburan dengan nyaman. Yang terpenting dari semuanya adalah Anda tetap dalam kondisi prima, jaga stamina dan periksa kendaraan Anda sebelum menuju ke kawasan wisata Air Terjun Cipendok.

Galeri Foto Air Terjun Cipendok

Potret Air Terjun Cipendok
keindahan air terjun
Fasilitas kuliner
Akses jalan menuju Curug Cipendok
Tempat foto terbaik

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button