Tempat Wisata

Pantai Batu Hiu: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan spot

Saat Anda berkunjung ke kawasan Pangandaran, jangan lupa untuk mampir ke destinasi wisata bernama Tanah Lot di kawasan Jawa Barat. Tanah Lot di Jawa Barat? Santai dulu. Pantai Batu Hiu, sebuah kawasan wisata yang panoramanya hampir menyerupai Tanah Lot di Bali, menjadikan kawasan wisata ini sebagai nama Tanah Lot di Jawa Barat. Apa persamaannya? Penasaran? Mari simak baik-baik ulasannya.

Berada di Desa Ciliang, Kecamatan Parigi, Kabupaten Pangandaran, pantai ini menjadi surga bagi wisatawan lokal. Pasalnya tidak perlu jauh-jauh ke Tanah Lot Bali namun hanya perlu menempuh jarak beberapa kilometer saja dari tempat tinggalnya untuk sampai di Tanah Lot KW yang lebih dikenal dengan Pantai Batu Hiu. Apakah ada batu hiu?

Fasilitas di Pantai Batu Hiu

Beragam fasilitas memastikan pengunjung selalu merasa nyaman berada di kawasan wisata ini. Fasilitas yang sangat diminati pengunjung tidak lepas dari pantai Batu Hiu itu sendiri yang memiliki daya tarik yang unik membuat wisatawan betah untuk menginap, bersantai dan bersosialisasi dengan keluarga atau bercengkrama dengan teman lainnya.

Selain itu, ada beberapa wisata di kawasan pantai Batu Hiu yang juga populer di kalangan wisatawan. Yakni, Wisata Pantai Laut Selatan yang tidak jauh dari Pantai Hiu Batu itu sendiri. Pantai Laut Selatan dapat dijelajahi dengan mendaki salah satu bukit pantai Batu Hiu. Semua keindahannya terungkap jika dilihat dari atas bukit.

Kembali ke eksotisme panorama Pantai Batu Hiu. Kedamaian akan terasa lengkap saat menyaksikan sunset dan sunrise di Pantai Batu Hiu. Sebelum kembali ke penginapan atau rumah, melihat sunset yang dramatis di kawasan ini merupakan momen yang dicari wisatawan dan juga tidak boleh dilewatkan.

Setelah puas menikmati sejuta wisata di kawasan Pantai Batu Hiu, Anda juga bisa datang ke kawasan wisata belanja dan kuliner yang letaknya tidak jauh dari Pantai Batu Hiu. Tersedia aneka kaos sebagai oleh-oleh dan berbagai jenis makanan khas Pangandaran untuk para wisatawan.

kecantikan Pantai Batu Hiu

Keindahan Pantai Hiu Batu memang tak terbantahkan. Jika baru pertama kali ke sana, Anda akan langsung jatuh cinta dengan panorama yang dipastikan ada di kawasan wisata ini. Ada sebuah bukit kecil yang populer di kalangan wisatawan karena saat mendaki bukit tersebut Anda bisa melihat birunya laut Indonesia ditemani deburan ombak putih yang mengiringi.

Kenapa disebut Pantai Batu Hiu? Karena dari bukit kecil tadi, kita tidak hanya disuguhi panorama Samudera Indonesia, tapi juga akan terlihat tumpukan batu karang yang menyerupai sirip ikan hiu. Untuk mendaki bukit tersebut Anda harus melalui sebuah gapura yang merupakan sebuah terowongan kecil berbentuk mulut hiu, seperti berjalan menembus tubuh hiu. Menakutkan, menarik, dan sangat menantang, bukan?

Tidak hanya keindahan yang ditawarkan kawasan wisata ini. Anda juga akan mendapatkan wisata edukasi penangkaran penyu yang dikelola oleh Kelompok Konservasi Biota Laut. Anda juga akan merasakan wisata religi jika bersedia mengunjungi beberapa makam di sisi utara bukit.

Lokasi Hshooting foto Pantai Batu Hiu

Bagi para fotografer, panorama sebuah destinasi wisata wajib dikunjungi demi hobi yang juga harus disalurkan. Termasuk kawasan wisata yang sudah lama dikunjungi wisatawan, ini juga menjadi obyek foto wajib. Seperti yang sudah dijelaskan di atas, panorama tepi pantai yang mempesona dengan paduan ombak yang menjuntai indah ini memberikan kesan anggun pada subjek yang akan difoto nantinya.

akses lokasi Pergi ke Pantai Batu Hiu

Jika Anda berada di luar Kabupaten Pangandaran, hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah tiba di Kabupaten tersebut, yang kemudian akan menjelaskan detail rute menuju Kawasan Wisata Pantai Hiu Batu. Namun, jika Anda berada di wilayah Jabodetabek, Anda bisa mengikuti rute Bandung-Nagrek-Tasik-Ciamis-Banjar.

Sebelum sampai di Kota Banjar Anda harus belok kanan, seberangi jalan dan menuju terminal. Kemudian Anda bisa langsung menuju kawasan Parigi – Cijulang. Sesampai di sana, Anda bisa melihat jembatan dan monumen hiu yang bertuliskan “Batu Hiu”. Anda bisa langsung belok kiri dan ikuti jalan tersebut hingga sampai di kawasan wisata.

Jika Anda akan pergi ke Pantai Batu dengan kendaraan umum, Anda bisa naik bus antarkota dengan rute Pangandaran dari terminal Kampung Rambutan atau Grorol Jakarta. Setelah itu, Anda bisa turun di Terminal Pangandaran dan selanjutnya naik bus jurusan Cijulang. Sesampai di sana, Anda bisa naik ojek menuju resor wisata yang jaraknya sekitar 8 km.

Harga Qtiket Memasukkan Pantai Batu Hiu

  • Biaya masuk sepeda motor: Rp 13.500
  • Biaya masuk Jeep/Limousine: Rp 34.000
  • Biaya masuk untuk membawa mobil: Rp 65.000
  • Biaya masuk minibus: Rp 122.000
  • Tiket bus tengah: Rp 186.000
  • Biaya masuk Big Bus: Rp 307.000

(Diperbarui Juli 2023)

Jam buka Pantai Batu Hiu

tips liburan Ke Pantai Batu Hiu

Pantai Batu Hiu bukan satu-satunya tujuan yang harus dikunjungi ketika Anda tiba di daerah ini. Ada banyak wisata di kawasan Pantai Batu Hikaru yang sayang untuk dilewatkan begitu saja. Pantai Hiu Batu bukanlah area pantai untuk berenang karena ombaknya yang relatif besar. Jika Anda ingin berenang, itu berarti Anda membahayakan diri sendiri.

Galeri Pantai Batu Hiu

Selamat datang di Pantai Batu Hiu
Batu karang di pantai
Potret pengunjung
Pemandangan laut yang indah
Tempat foto terbaik
berburu foto

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button