Tempat Wisata

Pantai Marina Lampung, saksi panorama laut yang mistis

harga tiket: 15.000 Rp Jam operasional: 07.00-18.00 WIB, Alamat: Kecamatan Kalianda, Kab.Lampung Selatan, Lampung; Bahan pengikat: verifikasi lokasi

Pantai Marina Lampung merupakan salah satu pantai terindah di Bandar Lampung. Pantai indah ini memiliki ombak yang besar dan pasir putih yang luas, sehingga sayang jika berlibur ke Lampung tanpa mengunjunginya. Belum lagi memiliki daya tarik yang sangat istimewa dan cocok sebagai tempat liburan alternatif.

Selain keindahan alamnya, wisata bahari juga memiliki cerita mistis tersendiri yang diyakini masyarakat setempat. Namun keindahan alamnya membangkitkan minat pengunjung karena kenyataannya pantai misterius ini tidak seseram cerita yang beredar. Untuk informasi lebih lanjut tentang Pantai Marina, lihat pernyataan di bawah ini.

Daya tarik yang dimiliki oleh Pantai Marina Lampung

Daya Tarik Pantai Marina LampungFoto oleh Kevin Yulius Wangdra di Google Maps

✦ Mitos unik

Sebuah mitos beredar tentang Pantai Marina, yang menceritakan tentang tiga lubang di dalam gua. Karena berbahaya, salah satu lobang ditutup dan ada juga lobang yang terhubung langsung dengan pantai selatan Jawa. Faktanya, pantai ini berbatasan dengan Samudera Hindia, sehingga ombaknya langsung terhubung dengan bibir pantai.

Keberadaan bebatuan di pesisir pantai seolah berperan sebagai komunikasi atau penghubung gelombang, sekaligus pemecah gelombang yang datang. Pengunjung yang datang ke pantai melalui jalan lintas akan menemukan prasasti yang tidak terbaca. Kondisi pos jaga sudah sangat tua dan terbengkalai.

✦ Gelombang pecah yang hening

Hal menarik lainnya yang ditawarkan pantai cantik ini adalah suara ombaknya yang kencang mampu memecah kesunyian. Pantai Marina Lampung sendiri terkenal dengan bebatuan yang tertata rapi memecah ombak. Tak heran jika banyak pengunjung yang berfoto dengan latar ombak pantai.

Selain itu, laut pantai yang bersih dapat menyejukkan jiwa dan semangat. Siapa pun akan melupakan semua kekhawatiran mereka begitu mereka melihatnya. Yang juga istimewa dari pantai lain adalah bahwa pantai ini menghadap langsung ke Samudra Hindia dan dengan demikian menambah keindahannya sendiri.

✦ Suasana yang menyenangkan

Selain pemandangan pantai dengan ombak yang indah, suasana di pantai ini juga sangat bagus. Itu karena ada banyak pohon kelapa yang tumbuh subur. Penting untuk diperhatikan bahwa pengunjung harus ekstra hati-hati agar tetap aman. Selain itu, jangan meninggalkan sampah atau sampah di area pantai untuk menjaga kebersihan.

✦ Batuan eksotis

Pantai Lampung ini dikenal memiliki deretan batu karang yang indah di sepanjang pantai. Ini menambah eksotismenya dan membedakannya dari pantai lain. Karena bentuknya yang unik, pengunjung biasanya menggunakannya sebagai spot foto.

Alamat, lokasi rute dan tiket masuk

Alamat Pantai Marina LampungFoto oleh Ujang Rozali di Google Maps

Setelah mengenal sejumlah objek wisata yang ada di Pantai Marina Lampung, tentu Anda tertarik untuk mengunjunginya. Pantai indah ini terletak di Ds. Belantung Merak, Kec. Kalianda, Ka. Lampung Selatan, Lampung. Bisa dibilang kawasan ini cukup strategis karena dekat dengan beberapa pantai yaitu Pantai Tapak Kera, Pantai Cemara dan lain-lain.

Ada beberapa rute yang bisa digunakan untuk menuju pantai populer ini. Jarak tempuh yang dibutuhkan sekitar 50,6 km dari Bandar Lampung. Jadi waktu tempuhnya sekitar 1,5 jam. Salah satu jalur yang bisa ditemui adalah melalui Tol Bakauheni km 38 dan exit GT Sidomulyo.

Kendaraan dapat Anda kendarai melalui Gerbang Sukarga yang berada tidak jauh dari GT SIdomulyo. Dari sini jaraknya semakin dekat dan hanya berjarak 3,5 km. Rute lain yang bisa ditempuh adalah dari Merak Belantung. Rute ini menawarkan pengunjung pemandangan pantai terdekat lainnya.

Pengunjung Pantai Marina perlu menyiapkan uang sekitar Rp 30.000 sebelum keberangkatan. Ini karena biaya masuknya hanya Rp 15.000 per orang. Untuk keluar kendaraan pribadi, Anda harus membayar Rp 10.000 untuk kendaraan roda 4 dan Rp 5.000 untuk kendaraan roda 2.

Kegiatan yang menarik

Aktivitas seru di Pantai Marina LampungFoto oleh Ninuk Wiranti di Google Maps

1. Nikmati pemandangan alam sekitar

Tentunya hal terpenting saat mengunjungi tempat wisata alam adalah menikmati keindahannya. Panorama alam yang ditawarkan Pantai Marina Lampung mampu memukau siapa saja yang memandangnya. Selain itu, bebatuan yang bertepian dan deburan ombak menciptakan suasana yang segar.

Anda bisa duduk santai di atas bebatuan sambil mengamati seluruh hamparan lautan dari ketinggian. Hal ini tentu menimbulkan kesan tersendiri dan istimewa yang membuat momen liburan tak terlupakan. Selain itu, kegiatan liburan dilakukan bersama keluarga atau teman.

2. Cari spot foto estetik di Pantai Marina Lampung

Sayang sekali jika kegiatan liburan di Lampung tidak terekam kamera. Selain itu, Pantai Marina Lampung memiliki beragam spot foto yang estetik dan instagramable. Ini membuat kesan yang bagus saat mengambil foto. Belum lagi hamparan laut dan pantai yang bisa dijadikan latar foto.

Pengunjung bisa mengambil foto sepuasnya di gerbang yang mirip dengan yang ada di Bali ini. Karena keindahan alamnya, tempat ini menjadi spot foto yang populer bagi pengunjung. Ada juga spot foto untuk miniatur gubuk, sarang burung, tebing batu yang estetik, bulan bambu dan lainnya. Tentunya galeri foto Anda akan penuh dengan foto-foto cantik dan menggemaskan.

Bahkan, pengunjung yang berencana menikah bisa menggunakan spot foto di pantai untuk foto prewedding. Pasalnya, keindahan alam pantai ini menarik perhatian banyak pengunjung, terutama para fotografer. Oleh karena itu, banyak fotografer yang membimbing klien menjelang pernikahan untuk mengabadikan momen romantis.

3. Bermain pasir

Aktivitas seru lainnya adalah bermain pasir di sekitar pantai. Anda dapat membangun istana pasir di pantai. Namun, Anda harus tetap waspada karena ombaknya kuat dan cukup berbahaya. Usahakan untuk tetap waspada dan berhati-hati saat berada di pantai agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas pantai Marina LampungFoto oleh Nico Renaldi di Google Maps

Pantai Marina Lampung telah dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang sesuai. Begitu sampai di pantai ini Anda bisa menitipkan kendaraan di tempat parkir khusus. Untuk fasilitas umum, pengunjung bisa menggunakan kamar mandi atau MCK. Taman bermain anak juga bisa digunakan oleh anak-anak.

Bagi pengunjung yang ingin melakukan ibadah, pihak pengelola menyediakan fasilitas berupa mushola untuk memenuhi kebutuhan ibadah. Fasilitas penunjang berupa saung atau paviliun juga bisa digunakan untuk rekreasi. Tersedia pula ruang pertemuan bagi pengunjung yang ingin melakukan kegiatan pertemuan bertema pantai.

Pengunjung yang ingin mengambil foto bagus juga bisa menyewa jasa foto. Ada juga berbagai spot foto instagramable yang bisa digunakan pengunjung. Jadi bisa dibilang Pantai Marina dengan fasilitasnya membuat pengunjung betah berlama-lama dan selalu merasa nyaman.

Demikian penjelasan tentang Pantai Marina Lampung, mulai dari hal dan aktivitas menarik, alamat dan rute, tiket masuk hingga fasilitas yang tersedia. Dengan Rp 15.000 pengunjung sudah bisa menikmati keindahan alam pantai dan keunikan lainnya. Pengunjung juga bisa melakukan berbagai aktivitas seru yang membuat liburan semakin seru.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button