Tempat Wisata

Pantai Muncar: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan spot

Sebagai salah satu kabupaten di Jawa Timur, Banyuwangi memiliki keistimewaan tersendiri karena letak geografisnya yang membawa banyak tempat wisata alam seperti taman nasional atau pantai yang indah ke kabupaten ini. Anda tidak perlu berkendara jauh-jauh ke Raja Ampat untuk menikmati pemandangan pantai yang menakjubkan. Ada banyak wisata bahari di Banyuwangi yang namanya sudah terkenal di kalangan pecinta travel. Seperti halnya Pantai Muncar, sayang sekali jika Anda lewatkan jika datang ke kabupaten yang terkenal dengan tarian cintanya ini.

Pantai Muncar merupakan destinasi wisata di Kecamatan Muncar, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. Sebagai salah satu daerah yang memiliki banyak objek wisata alam, Banyuwangi selalu menjadi salah satu rekomendasi wisatawan yang ingin berkunjung ke Pulau Jawa. Salah satu tempat wisata di Banyuwangi yang wajib dikunjungi adalah Pantai Muncar yang berada di wilayah selatan Banyuwangi. Pantai indah ini terletak di Muncar, sekitar 35 kilometer dari kota Banyuwangi.

Ada sebuah pelabuhan di Muncar yang digunakan para nelayan untuk melabuhkan perahu mereka untuk mencari ikan setiap hari. Muncar merupakan pelabuhan terbesar kedua di Jawa Timur setelah Bagan Siapi-api. Ratusan kapal dengan berbagai ukuran dan corak warna berbeda tertambat di pelabuhan, menambah eksotisme dan keindahan Pelabuhan Muncar.

Setahun sekali, upacara tradisional “Pick the Sea” berlangsung di pantai. Ini adalah ritual sakral di mana persembahan diberikan kepada dewa dan merupakan saat rasa syukur orang-orang atas panen yang melimpah. Dalam ritual ini akan ada bejana berisi sesajen seperti kepala kambing, kue tradisional, buah-buahan, emas batangan, candu dan dua ekor ayam hidup. mereka semua berenang ke laut. Usai melakukan ritual, masyarakat kembali ke pantai dan mandi dengan harapan Hyng Iwak, dewi laut, akan memberkati mereka.

Sejarah upacara Petik Laut sendiri, upacara ini sudah dilakukan sejak zaman Kerajaan Blambangan. Masyarakat disana melakukan tradisi ini setiap 15 syuro sebagai ungkapan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas limpahan berkah dan hasil laut yang melimpah. Mereka juga percaya jika upacara itu tidak dilakukan, akan membawa bencana.

Fasilitas di Pantai Muncar

Pengunjung yang ingin berkunjung ke objek wisata ini tidak perlu khawatir karena terdapat beberapa fasilitas pendukung diantaranya:

– Tempat membeli ikan

Karena pantai ini juga dekat dengan pelabuhan tempat para nelayan pelelangan ikan, bagi anda yang suka berbelanja atau makan ikan bisa langsung melihat hasil tangkapan laut yang masih sangat segar karena baru ditangkap. Tidak hanya ikan, tetapi juga udang, kepiting, dll.

– Bilik atau tempat makan

Jangan khawatir membuat diri Anda kelaparan jika Anda datang ke sini, tetapi jangan membawa makanan dan minuman. Di sekitar pantai ini Anda akan menemukan berbagai warung dan tempat makan yang sebagian besar dimiliki oleh penduduk setempat yang menjual makanan dan minuman dengan harga yang wajar.

– Masjid

Liburan bukan berarti melupakan waktu ibadah. Jika ingin segera melaksanakan ibadah, Anda bisa langsung menuju musala disana.

– Kamar mandi umum

Padahal, toilet atau kamar mandi umum merupakan salah satu fasilitas penting yang harus ada dimana-mana di setiap objek wisata dan di pantai ini anda tidak perlu bingung lagi ketika mencari toilet umum karena di kawasan ini telah disediakan beberapa yang bisa anda gunakan. jika perlu perlu.

– Area parkir

Fasilitas yang satu ini tidak kalah penting karena tentunya banyak wisatawan yang datang kesana menggunakan kendaraan pribadi sehingga perlu mencari tempat yang aman dan nyaman untuk memarkirkan kendaraannya. Di sini juga terdapat tempat parkir mobil yang cukup luas yang bisa digunakan pengunjung jika membawa kendaraan bermotor sendiri.

– Paviliun

Setelah puas dengan jalan-jalan di pantai, Anda bisa duduk di paviliun yang disediakan pengelola di sana. Sambil menikmati makanan dan minuman yang dibawa, Anda bisa menikmati pemandangan yang disuguhkan untuk Anda.

– Kamar untuk menginap

Bagi Anda yang ingin menginap dapat menghubungi masyarakat setempat dan mengajukan homestay. Penduduk setempat juga akan menyambut kedatangan Anda dengan tangan terbuka.

Berburu foto di pantai Muncar

Datang ke pantai yang indah memang rugi jika tidak membawa kamera dan melewatkan berbagai momen seru yang terjadi saat berlibur. Anda bisa menekuni hobi fotografi di Pantai Kantong Gumuk, karena banyak tempat yang menarik untuk digunakan, seperti tempat-tempat yang berhubungan dengan tumbuhan. Lanskap yang eksotis akan membuat foto Anda semakin menarik. Anda juga bisa mengabadikan kegiatan saat upacara Petik Laut yang tentunya sangat menarik. Ingin pemandangan yang lebih indah? Anda harus datang saat subuh atau saat matahari muncul di timur, panorama ini dijamin bikin ngakak. Selain itu, Anda bisa mengarahkan kamera ke perahu-perahu nelayan yang berjejer di Pantai Muncar. Warna perahu yang penuh warna akan menambah tampilan estetika pada foto Anda.

Baca Juga: Pantai Bedul, Keindahan Wisata Mangrove di Banyuwangi

Akses jalan menuju pantai Muncar

Untuk menuju tempat ini Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil atau sepeda motor. Rutenya bisa dimulai dari pusat kota Banyuwangi selatan melalui Rogojampi, Srono dan Muncar. Akses jalan menuju kawasan ini cukup lebar dan dapat menampung kendaraan besar. Hanya ada beberapa kerusakan jalan yang belum diperbaiki.

Biaya masuk ke pantai Muncar

  • Biaya masuk: Rp 5.000/orang

(Diperbarui Juli 2023)

Jam buka Pantai Muncar

Tips Liburan ke Pantai Muncar

  • Pastikan kendaraan Anda dalam kondisi baik
  • Jangan lupa untuk membawa kamera Anda
  • Lebih baik membawa makanan dan minuman bersamamu
  • Bawalah topi atau kacamata jika diperlukan

Galeri foto Pantai Muncar

Pantai Munkar
Potret Perahu Nelayan
Spot foto di atas batu
Bidikan garis pantai dari atas bukit
Dermaga di pantai Muncar

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button