Tempat Wisata

Pantai Sembulungan: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan spot

Saat mengunjungi tempat liburan, sebaiknya jangan hanya mengunjungi tempat wisata terkenal atau fokus hanya pada wisata belanja yang kebanyakan dilakukan di pusat perbelanjaan. Agar liburanmu terasa lebih seru, kamu bisa mencari destinasi wisata yang masih jarang dikunjungi orang. Selain itu, ia menawarkan pengalaman tersendiri: Anda dapat bersantai dengan bebas tanpa terganggu oleh keramaian di sekitar Anda. Anda yang berencana mengunjungi Banyuwangi yang terkenal dengan tarian Gandrungnya, bisa mengunjungi objek wisata yang satu ini yaitu Pantai Sembulungan.

Pantai Sembulungan adalah sebuah properti wisata laut yang terletak di Semenanjung Sembulungan, Kecamatan Muncar, Banyuwangi. Pantai Sembulungan terletak di ujung timur Pulau Jawa dan merupakan bagian dari Taman Nasional Alas Purwo. Anda yang menyukai pantai atau wisata alam tentunya tidak akan menyesal mengunjungi tempat ini. Karena tempat ini tidak hanya menawarkan pemandangan yang memukau dan menyegarkan mata, tetapi juga jarang dikunjungi wisatawan, setidaknya tidak seramai pantai-pantai lain di Banyuwangi, sehingga Anda bisa menikmati panorama tanpa terhalang seperti di pantai pribadi.

Pantai ini menawarkan pemandangan khas pantai berpasir putih dengan air laut biru yang indah berkilauan diterpa sinar matahari. Selain itu, di Pantai Sembulungan juga terdapat hutan lindung yang hijau dan asri, sehingga terlihat semakin eksotik dan asri dengan perpaduan antara pantai dan hutan lindung. Banyak hal yang tersembunyi di Sembulungan seperti keberadaan beberapa binatang seperti monyet, harimau, banteng dan ular yang bisa anda jumpai disana.

Ada banyak kegiatan yang bisa Anda lakukan saat mengunjungi Pantai Sembulungan, baik bersama keluarga, bersama teman, atau sendiri. Anda bisa berjalan di atas pasir putih yang lembut atau bermain di pasir dan menuliskan nama Anda di atasnya. Selain itu, Anda juga bisa snorkeling untuk melihat betapa indahnya pemandangan di bawah laut. Terumbu karang berwarna-warni di tengah berbagai ikan yang hidup di sana. Bisa menjadi kenangan yang tak terlupakan saat pulang nanti.

Fasilitas di Pantai Sembulungan

Jangan heran jika Anda tidak menemukan banyak fasilitas di pantai ini, karena lokasinya yang agak tersembunyi dan terisolasi. Namun sudah ada beberapa fasilitas penunjang yang setidaknya bisa digunakan wisatawan. Seperti;

– Area parkir

Untuk menuju objek wisata ini disarankan untuk membawa kendaraan sendiri, baik pribadi maupun sewaan, karena belum ada kendaraan umum yang dapat langsung mencapai tempat ini. Dengan tersedianya tempat parkir, Anda tidak perlu lagi bingung untuk memarkir kendaraan Anda di mana.

– Tempat peristirahatan umum

Meski tidak dibangun oleh pengelolanya melainkan oleh masyarakat sekitar, setidaknya Anda tidak perlu khawatir tidak bisa lagi mencari toilet untuk buang air kecil.

– Area untuk berkemah

Bagi Anda yang menyukai wisata alam dan ingin lebih dekat dengan alam, daripada mencari akomodasi, Anda bisa membawa perlengkapan berkemah dan kemudian mendirikan kemah di tepi pantai. Rasakan sensasi baru berkemah di tepi pantai ditemani pemandangan laut yang indah.

Diharapkan Pemerintah Kabupaten Banyuwangi dapat lebih memperhatikan obyek wisata Pantai Sembulungan kedepannya, karena pemandangan yang indah dan atraksi yang indah di tempat ini membuat wisatawan semakin penasaran dan ingin datang. Selain itu, pemerintah dapat membantu menyiapkan beberapa fasilitas pendukung yang sesuai.

Berburu foto di Pantai Sembulungan

Jika Anda menyukai seni fotografi, tempat ini akan memanjakan Anda dengan berbagai pemandangan dan spot foto yang menarik, seperti hutan lindung di dekat Pantai Sembulungan, di mana Anda dapat menggunakan hutan sebagai latar belakang saat berfoto bersama keluarga atau teman. Anda juga bisa mengabadikan berbagai panorama di sekitar pantai, seperti hewan-hewan yang disebutkan di atas yang mungkin Anda jumpai. Dan karena di sini juga terdapat hutan, maka tidak jarang terlihat banyak burung beterbangan yang juga bisa menjadi incaran lensa kamera. Ketika Anda telah menerima foto yang cukup, jangan lupa untuk mengunggahnya di media sosial. Anda dapat kami andalkan untuk membantu memperkenalkan objek wisata Pantai Sembulungan kepada masyarakat umum.

Baca Juga: Pulau Noko Gili, Pulau Indah Tak Berpenghuni

Akses jalan menuju Pantai Sembulungan

Jika Anda berencana untuk mengunjungi objek wisata ini, sangat disarankan untuk menggunakan kendaraan pribadi, baik mobil atau sepeda motor, atau Anda juga dapat menyewa kendaraan karena belum ada angkutan umum yang dapat membawa Anda ke Pantai Sembulungan. Untuk mencapai tempat ini, Anda bisa naik perahu motor tradisional dari kecamatan Muncar dalam waktu sekitar 30 menit. Untuk akses tercepat kita bisa memanggil petugas Taman Nasional Alas Purwo untuk masuk ke pantai dan memandu kita menuju pantai.

Biaya masuk ke Pantai Sembulungan

  • Biaya masuk: 0 IDR (gratis)

Jika anda berlibur ke Pantai Sembulungan tidak dipungut biaya masuk, namun anda harus menyiapkan uang untuk biaya parkir. (Diperbarui Juli 2023)

Jam buka Pantai Sembulungan

Tips berlibur ke Pantai Sembulungan

  • Lebih baik menyiapkan makanan dan minuman dari rumah karena tidak ada kantin atau warung
  • Gunakan tabir surya jika Anda pergi ke sana pada siang hari
  • Berhati-hatilah saat berenang di laut
  • Jangan mencoba berenang saat ombak sedang tinggi

Galeri Foto Pantai Sembulungan

Potret udara Pantai Sembulungan
Dermaga di Pantai Sembulungan
Keindahan Pantai Sembulungan
Tembakan laut dari bukit
Potret Pantai Sembulungan dari laut

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button