Tempat Wisata

Gua Bujang: Harga Tiket, Foto, Lokasi, Fasilitas dan Spot

Bumi menyimpan jutaan rahasia, yang tidak banyak diketahui sampai sekarang. Tak terkecuali Kabupaten Merangin yang menawarkan tempat wisata eksotis dan menarik. Distrik yang terkenal dengan Geopark ini juga menawarkan alam liar bagi para petualang. Salah satunya adalah Goa Bujang yang sangat cocok bagi pecinta wisata goa.

Gua Bujang merupakan gua dengan pesona yang unik. Di dalam goa tersimpan berbagai bentuk stalagtit dan stalagmit, serta ornamen-ornamen indah yang mampu memukau mata. Gua yang satu ini masih sangat alami dan terjaga dari jangkauan tangan-tangan yang tidak bertanggung jawab. Wisatawan juga akan mendapat pengalaman menarik berwisata melalui gua ini.

gua tunggal

Secara administratif Gua Bujang terletak di Desa Tiangko, Kecamatan Sungai Manau, Kabupaten Merangin, Jambi. Untuk mencapai goa ini, wisatawan terlebih dahulu harus menempuh jarak sekitar 50 kilometer dari kota Bangkok yang memakan waktu sekitar satu jam. Gua ini sangat dekat dengan Gua Sengering yang jaraknya hanya sekitar 1 kilometer saja.

Wisatawan bisa menuju Desa Tiangko dengan menggunakan mobil atau motor. Namun, untuk menuju ke tempat gua itu berada, perjalanan harus dilanjutkan dengan berjalan kaki. Medan yang dilalui cukup menguras tenaga, pengunjung harus menyisir aliran sungai yang licin dan dipenuhi bebatuan.

Keajaiban Gua Tunggal

Gua Sengering dan Gua Bujang memang merupakan paket wisata yang biasa dikunjungi wisatawan secara bergiliran. Terletak di sebelah utara Gua Sengering, wisatawan harus menyeberangi sungai lagi untuk sampai ke sana. Jaraknya juga sangat dekat karena hanya membutuhkan waktu sekitar 15-30 menit berjalan kaki dari pintu keluar Gua Sengering.

Keindahan Goa Bujang tak kalah memukau dan konon goa ini lebih kaya akan stalagmit dan stalagtit. Suasananya lebih basah dan rapat dibandingkan di Gua Sengering, yang akan dirasakan wisatawan saat memasuki pintu masuk gua. Cahaya dari headlamp akan menjadi satu-satunya sumber cahaya yang menemani wisatawan dalam pendakian ke gua.

gua tunggal

Wisatawan bisa menemukan berbagai stalagmit dan stalagtit dengan berbagai bentuk. Selain itu, ornamen-ornamen cantik menghiasi keindahan goa ini. Ada beberapa hiasan yang cukup menarik, seperti batu berbentuk tugu yang juga menyerupai tirai besar. Fenomena lain juga berupa gerombolan kelelawar yang bergelantungan di atap goa.

Kontur di dalam goa ini sangat sempit, bahkan terkadang wisatawan harus merangkak untuk melewati lorong tersebut. Belum lagi stalaktit dan stalagmit yang tersebar di sepanjang dasar gua yang cukup menyulitkan untuk dilalui. Hal ini juga menjadi tantangan bagi wisatawan saat menjelajahi gua.

Berbeda dengan Gua Sengering, Gua Bujang lebih panjang dan memiliki keunikan tersendiri yaitu terdapat air terjun yang indah di dalamnya. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 6 meter, namun keindahannya tidak mudah terlihat. Wisatawan harus melewati lorong sempit sepanjang 50 meter yang hanya bisa dilewati satu orang.

Gang ini sangat gelap, lembab dan cukup berbahaya karena saat air sungai naik, lorong tersebut akan tergenang air. Jadi sebelum Anda berencana untuk mengunjungi air terjun, Anda harus memikirkan kembali keamanan dan risiko yang ada. Tidak banyak wisatawan yang berani ke air terjun karena medan yang harus dilalui sangat ekstrim.

Ada satu kepercayaan yang selalu dipraktikkan pengunjung, yaitu membasuh muka dan berdoa sebelum memasuki goa. Diyakini bahwa siapapun yang memasuki goa akan selamat dan dapat melihat dengan jelas ke dalam goa.

Fasilitas Gua Bujang

Fasilitas di Gua Bujang jauh dari memadai. Tidak akan ada fasilitas umum seperti toilet atau tempat ibadah. Wisatawan yang datang dengan kendaraan pribadi dapat parkir di rumah warga Desa Tiangko. Karena tidak ada penunjuk jalan yang ditemukan selama perjalanan, wisatawan sangat perlu mengetahui jalan menuju gua.

Jalan menuju gua cukup ekstrim dan menuntut. Pemerintah belum mengambil tindakan apa pun untuk membangun jalan yang memudahkan wisatawan bepergian. Dipastikan tidak ada warung atau pedagang yang menjajakan makanan di sekitar goa. Jadi Anda perlu membawa perbekalan untuk kebutuhan Anda terlebih dahulu selama menjelajahi gua.

Tidak ada akomodasi di sekitar Goa Bujang bagi pengunjung yang ingin bermalam, meskipun akomodasi dasar tersedia. Wisatawan dapat berkendara ke Kota Bangkok untuk mencari hotel atau kemah di sekitar gua sebagai alternatif untuk bermalam.

Baca juga: Gua Sengering, gua eksotis dengan stalagmit dan stalaktit yang indah

Menjelajah Gua Bujang akan menghadirkan pengalaman baru yang seru dan menantang. Berikut adalah beberapa kegiatan yang dapat dilakukan selama petualangan Anda di gua ini.

Nikmati keindahan Goa

Berjalan melalui gua, Anda bisa melihat berbagai keindahan berupa stalaktit dan stalagmit yang terbentuk dari proses alam. Ada banyak stalagmit dan stalagtit dengan berbagai bentuk yang bisa Anda temukan, ada juga berbagai ornamen seperti tugu di Gua Bujang. Meski belum terlalu populer, goa ini selalu menjadi daya tarik tersendiri bagi sebagian wisatawan.

Anda juga bisa mengunjungi air terjun eksotis di Goa Bujang. Cukup menarik, bukan? Ada air terjun di dalam gua. Namun, Anda harus ekstra hati-hati karena jalur menuju air terjun ini sangat ekstrim. Kekompakan dan kerja sama tim dibutuhkan untuk melewati setiap kotak di gua ini.

berburu foto

Selain berpetualang, Anda juga bisa mengabadikan keindahan ornamen serta stalaktit dan stalagmit di Gua Bujang. Anda memang harus mempersiapkan pencahayaan agar gambar bisa ditangkap dengan maksimal. Selain itu, mengambil foto di dalam gua juga tidak mudah karena berbagai rintangan membuat pengambilan foto menjadi sulit.

Banyak juga pengunjung yang tidak ingin melewatkan momen kebersamaan di wisata goa ini. Sebagian dari mereka juga mengabadikan momen langka dengan berfoto bersama di beberapa spot di dalam gua. Seperti salah satu monumen di dalam goa yang menjadi spot favorit para wisatawan. Selain itu, masih banyak background menarik yang bisa ditemukan di dalam goa.

Baca juga: 235 Tempat Wisata di Jambi Paling Menarik dan Wajib Dikunjungi

peta

Biaya masuk ke Gua Bujang

  • Biaya masuk: Rp 10.000/orang

(Diperbarui Juni 2023)

Jam buka Gua Bujang

Tips berwisata di Gua Bujang

  • Jika Anda belum pernah mengunjungi gua ini, lebih baik mengundang seseorang yang berpengalaman atau Anda juga dapat menghubungi masyarakat setempat.
  • Kenakan pakaian yang nyaman dan sepatu anti selip untuk mempermudah penjelajahan gua.
  • Anda dapat berkemah di sekitar gua tetapi Anda harus membawa tenda sendiri dari rumah.
  • Tetap hati-hati dan waspada di dalam gua.
  • Jika ingin ke air terjun, sebaiknya waspadai cuaca di daerah tersebut dan jangan memaksakan diri jika hujan atau air sungai sedang naik.
  • Selalu jaga kelestarian dan keindahan goa serta jangan sampai merusak stalagtit dan stalagmit yang ada di dalamnya.
  • Selalu jaga kebersihan kandang. Disarankan untuk membawa kantong plastik untuk membuang sampah.

Galeri Foto Gua Bujang

gua tunggal
suasana di dalam gua
Pintu masuk goa
Hal-hal aneh di dalam gua
aliran air di dalam gua
Potret pengunjung

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button