Tempat Wisata

Goa Sengayau: Harga Tiket, Foto, Lokasi, Fasilitas dan Spot

Memang, ekowisata di Kabupaten Merangin menjadi salah satu daya tarik wisata. Tersebar di seluruh kawasan potensi alam yang luar biasa ini terdapat berbagai situs menarik seperti gua, geopark, danau, dan sungai. Bagi para pecinta caving, terdapat sebuah kawasan yang penuh dengan gua-gua yang indah, yaitu Gua Sengayau.

Diperkirakan terdapat belasan goa di kawasan goa Sengayau, bahkan sampai 100 goa, belum semuanya berhasil dipetakan. Gua-gua di kawasan ini masih sangat terjaga dan alami. Pengunjung juga dapat menikmati berbagai stalagtit dan stalagmit, serta berbagai dekorasi dengan bentuk dan keindahan yang berbeda. Selain itu, di salah satu goa terdapat bebatuan yang membentuk pilar-pilar besar dan juga menyerupai manusia.

Gua Sengayau

Secara geografis, Kompleks Gua Sengayau terletak di Desa Sungai Pinang, Kecamatan Sungai Manau, Kabupaten Merangin, Jambi. Situs gua tersebut berjarak sekitar 53 kilometer sebelah utara kota Bangkok. Berwisata ke Desa Sungai Pinang dapat dilakukan dengan menggunakan beberapa pilihan transportasi umum yang ada di Kabupaten Merangin.

Berwisata ke kawasan goa Sengayau terbilang cukup menantang karena melewati medan terjal dengan tanjakan hingga 35 derajat. Wisatawan harus berjalan kaki setidaknya sekitar 30 menit untuk sampai ke pintu masuk goa. Selama perjalanan, pengunjung juga akan melewati hutan dengan beragam vegetasi.

Pesona Goa Sengayau

Meski cukup sulit untuk mencapai tempat ini, namun banyak wisatawan yang berminat dan tertarik untuk berkunjung. Kompleks Gua Sengayau merupakan kawasan karst dengan perbukitan seluas 10.000 hektar. Kawasan ini juga merupakan kawasan buffer zone Taman Nasional Kerinci Seblat. Tak heran jika kondisi alam di kawasan ini masih lestari dan begitu alami.

Kawasan Gua Sengayau menampilkan puluhan gua dengan karakteristik yang berbeda-beda. Ada belasan goa di kawasan ini, namun baru 12 goa yang berhasil dipetakan oleh Ekspedisi Mapala Siginjai Unja. Uniknya, beberapa goa ini diberi nama sesuai dengan orang yang pertama kali menemukannya, seperti Goa Ahmad dan Goa Ventaris.

Gua Sengayau

Selain kedua nama goa tersebut, masih ada goa lainnya seperti Goa Masjid, Goa Lapangan, Goa Tancap, Goa Riben, Goa Siginjai, Goa Air Daya dan Goa Sempit. Gua-gua di kawasan Gua Sengayau menawarkan keindahan tersendiri dan terdapat gua-gua vertikal dan horizontal.

Gua Masjid merupakan gua terbesar diantara gua-gua lainnya yang ada di kawasan Gua Sengayau. Dengan panjang terowongan 500 meter, goa ini termasuk goa horizontal. Di dalam goa terdapat ruangan yang besar dan luas serta atapnya berbentuk kubah masjid.

Karena keindahannya, goa ini sering dikunjungi para pecinta caving. Sayangnya, keindahan Masjid Goa sedikit banyak dirusak oleh aksi vandalisme oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab. Banyak ditemukan grafiti di dinding gua, yang sungguh sangat disayangkan.

Selain Goa Masjid, Lapangan Goa juga menjadi destinasi wisata populer di kawasan Gua Sengayau. Disebut Goa Padang karena gua ini memiliki ruang yang sangat luas menyerupai lapangan. Gua ini tergolong gua vertikal yang memiliki dua pintu masuk dan lorong.

Gua-gua di kawasan ini saling berhubungan. Seperti Lapangan Goa yang jika dirunut langsung mengarah ke Masjid Goa. Menjelajahi gua ini, wisatawan akan dihadapkan pada banyak ornamen indah seperti stalaktit, stalagmit, helektit, bebatuan besar berbentuk kolom dan juga gorden. Selain itu, ada juga bebatuan berbentuk gajah yang menyerupai orang yang sedang duduk berdoa.

Fasilitas Goa Sengayau

Medan yang terjal dan lokasi goa yang cukup sulit dijangkau membuat fasilitas di kawasan Goa Sengayau relatif masih kurang baik. Masih belum tersedianya berbagai fasilitas seperti toilet, mushola atau mushola. Namun, terdapat area yang cukup luas di dekat pintu masuk goa yang bisa digunakan wisatawan untuk beristirahat.

Shelter ini adalah tempat pengunjung biasanya mendirikan tenda untuk berkemah. Ada juga sumber air yang bisa digunakan untuk minum dan memasak makanan. Di sekitar goa juga tidak ada penjual makanan, sehingga wisatawan harus membawa bekal yang cukup sebelum berencana menjelajahi kawasan Gua Sengayau.

Mayoritas pengunjung berkemah di sekitar gua karena homestay belum ditemukan. Atau, wisatawan bisa ke Kota Bangkok untuk mencari hotel dan penginapan di sana.

Baca juga: Jam Gento, landmark kota Bangkok dengan pemandangan panorama yang indah

Berpetualang di kawasan Gua Sengayau menawarkan pengalaman mendebarkan tersendiri. Berikut adalah beberapa kegiatan yang dapat dilakukan saat menjelajahi gua-gua ini.

Nikmati keindahan Goa

Pecinta speleologi akan benar-benar dimanjakan dengan keindahan gua-gua yang ada di kawasan Gua Sengayau. Ada banyak gua untuk dijelajahi dan dinikmati keindahannya di kawasan ini. Di dalam goa terdapat bebatuan yang berbeda bentuk, stalagmit dan stalagmit. Di dalam goa ini Anda juga bisa melihat bebatuan yang menyerupai pilar raksasa, tirai dan juga bebatuan berbentuk manusia.

Uniknya, wisatawan tidak perlu repot pergi dari satu goa ke goa lainnya. Karena lorong-lorong di gua-gua ini terhubung, menemukannya cukup mudah. Sensasi memasuki goa dengan pintu masuk vertikal dan horizontal juga memiliki tantangan tersendiri. Meski cukup menguras tenaga, semua itu akan terbayar dengan pesona keindahan goa yang ada di tempat ini.

berburu foto

Tidak hanya nuansa petualangannya saja, keindahan bebatuan dan segala hiasan di dalam goa pun menarik untuk diabadikan. Diperlukan kamera dan pencahayaan yang sangat baik untuk mengambil foto karena cahaya di dalam gua sangat minim. Bagi para fotografer pun, permukaan gua yang tidak rata menjadi tantangan tersendiri.

Banyak objek yang bisa difoto, berbagai bentuk batuan, stalaktit, stalagmit, dan helektit adalah contohnya. Anda juga bisa mendesain objek-objek tersebut sebagai background foto bersama teman-teman di sepanjang goa. Selalu berhati-hati dan waspada serta tidak merusak keindahan gua saat mengambil foto.

Biaya masuk ke Gua Sengayau

  • Biaya masuk: Rp 10.000/orang

(Diperbarui Juni 2023)

Jam buka Gua Sengayau

Baca juga: 235 Tempat Wisata di Jambi Paling Menarik dan Wajib Dikunjungi

Tips Wisata di Gua Sengayau

  • •Datanglah ke area gua saat cuaca cerah karena akan sangat sulit mencapai tempat tersebut saat hujan.
  • • Ajak teman atau seseorang yang memiliki pengalaman dan mengetahui medan luar dalam.
  • •Anda juga bisa menyusuri gua bersama komunitas pecinta alam setempat.
  • Kenakan pakaian yang nyaman dan jangan lupa kenakan sepatu yang nyaman.
  • •Bawa alat pelacak gua dari rumah dan jika Anda berencana untuk menginap, pastikan untuk membawa tenda juga.
  • Jangan lupa untuk membawa makanan dan minuman yang cukup untuk kebutuhan Anda selama menjelajahi gua.
  • •Setiap pengunjung diharapkan menjaga keindahan dan kelestarian gua serta tidak merusak atau mengotori dinding gua.
  • Jaga kebersihan gua dengan membuang sampah pada tempatnya.

Galeri Foto Gua Sengayau

Pintu masuk ke Gua Sengayau
Suasana di Goa
Tempat foto di Goa
Masuki Gua Sengayu

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button