Tempat Wisata

Harga Tiket Masuk Air Terjun Coban Rondo, Foto, Lokasi, Fasilitas dan Spot

Setelah seharian bekerja atau berkutat dengan masalah sekolah dan hal-hal lainnya, terkadang kita membutuhkan sesuatu yang disebut penyegaran untuk menyegarkan pikiran dan menghilangkan penat. Stres juga tidak baik untuk kesehatan Anda. Maka dari itu tidak ada salahnya kami merencanakan liburan yang bisa anda lakukan sendiri, bersama keluarga, pasangan atau sahabat. Liburan yang menyenangkan tidak harus mengeluarkan banyak biaya, lho? Jika Anda sedang merencanakan perjalanan ke Jawa Timur atau Anda tinggal di pulau Jawa, Anda bisa datang ke salah satu air terjun Coban yang terkenal, yaitu Coban Rondo.

Air Terjun Coban Rondo merupakan air terjun indah yang terletak di Pandesari, sebuah desa di Kecamatan Punjong, resor lereng Gunung Panderman, yang berjarak sekitar 32 km sebelah barat kota Malang dan sangat menarik untuk dilihat dan dikunjungi. Ketinggian air terjun ini sekitar 60 meter. Pengunjung dapat menemukan dan menikmati panorama yang indah dengan nuansa damai di sekitar air terjun. Sebagai salah satu air terjun paling terkenal di Jawa Timur, tidak heran jika objek wisata ini banyak dikunjungi wisatawan lokal maupun mancanegara, apalagi pada musim libur lebaran atau liburan sekolah, pengunjung mulai dari anak-anak hingga orang tua bisa terlihat. . Baik dengan keluarga atau teman.

Sumber: Google Map

Berada di ketinggian 1.135 mdpl, air terjun ini memiliki udara yang sangat sejuk serta pemandangan alam yang indah dan mempesona, sehingga menjadi daya tarik tersendiri bagi setiap wisatawan yang datang. Air Terjun Coban Rondo memiliki ketinggian 84 meter. Air terjun ini pertama kali diresmikan sebagai objek wisata pada tahun 1980. Sumber Air Terjun Coban Rondo berasal dari mata air di lereng Gunung Kawi yaitu Mata Air Cemoro Mudo. Jumlah air yang dihasilkan adalah 90 hingga 150 liter per detik.

Jangan khawatir, di sana Anda tidak hanya bisa menikmati pemandangan air terjun dan hutan sekitarnya yang eksotis, tetapi juga melakukan berbagai aktivitas, seperti fun tubing atau berenang mengelilingi sungai dengan perahu karet. Dalam trip ini, setiap peserta mendapatkan dua buah perlengkapan renang yaitu ban dan jaket pelampung. Paintball, permainan menembak dengan peluru karet berisi cat, sangat menyenangkan dalam kelompok. binatang dan kebun. Di dalam wahana ini, wisatawan dapat melihat binatang yang berbeda dan mencoba berbagai aktivitas seperti: Labirin, kereta kelinci dan petik apel, menunggang kuda, bersepeda gunung, siswa outbond, pengasuhan anak outbond, teman peternak.

Fasilitas di Coban Rondo

Dengan pengelolaan yang baik, objek wisata ini memiliki beberapa fasilitas penunjang yang memadai, seperti:

– Kantin

Di sana Anda juga akan dimanjakan dengan banyaknya penjual makanan dan minuman, baik dengan masakan lokal maupun umum. Harganya juga ramah kantong dan tidak terlalu mahal.

– Masjid

Berlibur atau berwisata ke suatu tempat hendaknya tidak menyebabkan kita meninggalkan shalat atau ibadah. Oleh karena itu bagi anda yang ingin sholat disana telah disediakan mushola yang cukup nyaman.

– Area parkir

Bagi Anda para wisatawan yang datang menggunakan kendaraan pribadi tidak perlu khawatir soal parkir karena tempat wisata ini juga memiliki lahan parkir yang cukup luas untuk kendaraan pengunjung.

– tempat perkemahan

Jika ingin berkemah di sana, Anda akan menemukan tempat perkemahan di Coban Rondo. Di sana Anda bisa mendirikan tenda dan membuat api unggun. Pengalaman camping di kawasan sejuk seperti ini tentunya bisa menjadi pengalaman tersendiri

– Tempat peristirahatan umum

Salah satu fasilitas penting tersebut juga ada di kawasan Coban Rondo, jadi bagi anda yang ingin ke toilet tidak perlu bingung lagi karena di lokasi ini terdapat dua toilet yang bisa anda gunakan.

Berburu foto di Coban Rondo

Bagi Anda yang menyukai fotografi dan wisata alam, mengunjungi Cemoro Sewu akan memberikan perasaan dan pengalaman tersendiri yang pasti tidak akan Anda lupakan. Persiapkan kamera Anda, baik kamera dari ponsel atau kamera profesional dari rumah Anda, karena Anda tidak ingin melewatkan pemandangan indah di sana. Pepohonan yang rimbun di sekelilingnya dan tentunya primadona air terjun itu sendiri bisa menjadi target foto yang sempurna baik untuk sekedar berfoto pemandangan atau juga sebagai background untuk berfoto bersama keluarga atau teman. Selain itu, Anda juga dapat menggunakannya untuk mengabadikan momen saat Anda melakukan tubing atau aktivitas lainnya. Jangan lupa untuk menguploadnya di berbagai media sosial, agar teman-teman tahu bahwa masih banyak tempat wisata menarik yang ada di negeri sendiri.

Baca Juga: Air Terjun Coban Pelangi, Wisata Sambil Menikmati Pemandangan Taman

Rute jalan menuju Coban Rondo

Rute Dau – Batu – Coban Rondo mengarah dari arah Malang

Lama perjalanan sekitar 1 jam, dengan jarak ± 30 km

Surabaya ke Malang – Tiba Songosari – Karangploso – Batu, dari Batu langsung menuju Coban Rondo

Waktu tempuh kurang lebih ±3,5 jam, dengan jarak tempuh ±142 km

Biaya masuk ke Coban Rondo

  • Biaya masuk pada hari kerja: Rp 35.000/orang
  • Biaya masuk untuk akhir pekan: Rp 40.000/orang
  • Biaya paket wisata sepeda: Rp 242.000

(Diperbarui Juni 2023)

Jam Operasional Coban Rondo

  • Buka setiap hari dari jam 7 pagi sampai 5.30 sore

Tips berlibur di Coban Rondo

Jadikan liburan Anda dan keluarga di Coban Rondo semakin menyenangkan dan berkualitas. Berikut beberapa tips dari kami yang bisa Anda gunakan sebagai referensi liburan Anda:

  • Waktu terbaik untuk mengunjungi Coban Rondo adalah saat liburan panjang.
  • Datanglah ke Coban Rondo bersama orang tersayang dan rasakan sensasi liburan yang tak terlupakan.
  • Gunakan jasa agen perjalanan untuk liburan yang nyaman dan bebas stres di Coban Rondo.
  • Bawa kamera dan cari foto terbaik dengan kamera terbaik.
  • Usahakan agar tubuh tetap prima saat berlibur di Coban Rondo.

Galeri Foto Air Terjun Coban Rondo

Air Terjun Coban Rondo
Pengunjung di air terjun
Air jernih
Tempat foto terbaik
Keindahan air terjun Coban Rondo

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button