Tempat Wisata

Harga tiket masuk GUNUNG ANDONG dan jalur pendakian mudah Agustus 2023

Gunung Andong Biaya masuk: 20.000 Rp. Jam buka: 24 jam. Nomor telepon: . Alamat/Lokasi : Girirejo, Ngablak, Magelang, Jawa Tengah, Indonesia, –

Mendaki gunung tampaknya mulai populer sebagai kegiatan rekreasi di Indonesia. Banyak anak muda mencoba untuk menikmati kegiatan ini pada akhirnya. Tren ini tak lepas dari banyaknya pilihan lokasi hiking yang ada. Salah satu yang paling populer adalah Gunung Andong di Magelang, Jawa Tengah.

Gunung Andong dikenal cocok untuk pemula. Area pendakian tidak terlalu sulit. Namun pengalaman dan pandangan yang disajikan mampu bersaing dengan Merbabu atau Sindoro.

Tiket masuk Gunung Andong

Ada biaya melihat resmi untuk mendaki gunung. Di Gunung Andong sendiri, biaya penontonnya adalah 20.000 rupiah. Harga tersebut belum termasuk biaya parkir dan kebutuhan lainnya.

Biaya masuk
Tiket simaksi / orang 20.000 Rp

Baca: Tiket Masuk SILANCUR HIGHLAND Magelang dan Aneka Aktivitasnya

jam buka

Prinsipnya, pendakian dan titik pendaftaran bisa dilakukan kapan saja. Jadi kalau mau mendaki harus hati-hati.

jam operasi
Sehari-hari 24 jam

Gunung Andong, punggung naga

Gunung Andong adalah salah satu dari beberapa gunung berapi di Jawa Tengah. Memiliki ketinggian minimal 1.726 meter di atas permukaan laut. Adapun bentuknya tergolong tameng yang memanjang. Oleh karena itu, tidak heran jika puncaknya terdiri dari empat bagian yang berbeda.

Di ketinggian hampir dua ribu meter, tak butuh waktu lama untuk mencapai puncak. Area pendakiannya tidak terlalu sulit, tapi juga tidak mudah. Tak heran jika gunung ini menjadi tujuan para pendaki pemula hingga profesional. Masih banyak alasan lain yang membuat gunung ini menarik untuk dikunjungi.

Baca: GUNUNG LAWU: Tiket Masuk dan 5 Jalur Pendakian

Lima pintu masuk

Gunung Andong di Magelang, Jawa TengahPanorama Gunung Andong dilihat dari jauh – Foto: Google Maps/Info Andong

Jangan bingung jika Anda baru pertama kali mendaki Gunung Andong. Bagi calon pendaki terdapat beberapa pintu masuk dari arah yang berbeda. Tidak diragukan lagi ada enam base camp yang tersedia sebagai titik awal perjalanan.

Empat base camp berlokasi di Kecamatan Ngablak, Kabupaten Magelang. Keempat titik tersebut adalah Dusun Sawit, Dusun Pendem, Dusun Gugik, dan Dusun Temu. Selain itu, ada dua base camp lainnya di kawasan Grabag. Dan yang terakhir adalah base camp Dusun Kudusan dan Dusun Sekararum Kembangan.

Baca: 14 Jalur Pendakian Gunung Terbaik di Jawa Tengah

Basecamp paling populer sejauh ini adalah Taruna Jaya Giri. Lokasi adalah di desa palem. Pemula sangat disarankan untuk memulai pendakian dari sini.

Lokasi Gunung Andong bisa ditempuh dari berbagai arah. Wilayah selatan terdiri dari Yogyakarta, Ketep, Magelang dan Purworejo. Jalur utara meliputi Semarang, Salatiga, Ungaran, Boyolali dan Solo. Akses dari arah barat melalui Grabag, Wonosobo, Secang, Temanggung dan Parakan.

Baca: Tiket Masuk dan Aktivitas Watu Gunung Ungaran

Infrastruktur lengkap

Para pendaki berpose sebelum berangkatSalah satu destinasi pendakian di Dusun Sawit – Foto: Google Maps/Dita Arr

Hal lain yang membuat wisatawan betah adalah fasilitas yang lengkap. Hampir setiap posko memiliki stand atau rest area. Jika belum terbiasa, pendaki pemula bisa beristirahat dengan mudah dan nyaman di sini.

Stand serupa juga dapat ditemukan di area puncak. Pendaki yang berkemah di puncak tidak perlu khawatir kehabisan makanan di sini.

Base campnya sendiri menawarkan fasilitas yang lengkap. Ada beberapa toilet, tempat parkir dan mushola. Di sekitar base camp juga terdapat penginapan bagi yang tidak berminat berkemah. Relawan Basecamp tak segan-segan membantu memastikan perjalanan pendaki berjalan lancar.

Baca: GUNUNG SUMBING: Tiket Masuk dan 4 Jalur

Jalur pendakian hanya 3 jam

Ikuti jalur hutan Gunung AndongArea pendakian juga cocok untuk pemula – Foto: Google Maps/Bernard Rouhi

Daripada menghabiskan waktu berjam-jam seperti di gunung lain, pendaki bisa bersantai di sini. Karena tanpa ribet, pendaki bisa mencapai puncak hanya dalam waktu 3 jam. Waktu tempuh tercepat sekitar dua jam.

Ini karena jalur pendakian yang ramah. Kebanyakan dari mereka adalah jalur sempit di hutan pinus. Meski sempit dan menanjak, sebagian besar teduh dan tidak curam. Sumber kini juga bisa ditemukan di tengah perjalanan.

Karena jalur yang pendek ini, berkemah tidak selalu menjadi pilihan. Karena pendaki bisa mulai mendaki dari jam 3 pagi untuk mengabadikan matahari terbit. Dengan banyaknya waktu istirahat, rasa lelah dapat dihindari.

Selalu penuh

Matahari terbenam yang indah dari puncak Gunung AndongDeretan tenda memenuhi salah satu sisi area puncak Gunung Andong – Foto: Google Maps/M Talifun

Rute pendek, medan mudah, peralatan lengkap. Selain itu, pemandangan alamnya juga mengesankan. Itulah beberapa alasan mengapa Gunung Andong tidak pernah sepi dari kunjungan wisatawan.

Begitu sampai di puncak, bagi yang baru mendakinya mungkin akan sedikit terkejut. Pasalnya, kawasan puncak gunung akan dipenuhi seperti pasar. Puluhan tenda berwarna cerah tersebar di setiap dataran yang tersedia. Wisatawan saling bersaing untuk mendapatkan spot foto terbaik.

Keempat puncak Gunung Andong tersebut adalah Makam Puncak, Andong, Jiwa dan Alap-Alap. Keempat puncak ini berbaris dan membuatnya terlihat seperti “punggung naga”. Selama ini puncak Jiwa banyak menjadi tempat berkemah yang populer. Sedangkan puncak tertinggi Andong menjadi tempat selfie.

Di hari yang cerah hanya ada alam sejauh mata memandang. Anda akan melihat siluet pegunungan seperti Telomoyo, Merbabu, Prau dan Sindoro. Semua ini dipadukan dengan pemandangan menakjubkan dari luasnya “bidang awan”.

Baca: Tiket Masuk GUNUNG MERBABU dan 5 Jalur Pendakian

Fasilitas Gunung Andong

Base Camp Pendakian Gunung Andong sudah memiliki fasilitas yang memadai. Ada toilet, mushola dan warung. Sekitar tempat penampungan Ada juga penginapan bagi yang tidak ingin berkemah. Selain itu, Anda akan menemukan stand dengan rest area di beberapa tempat.

Lokasi Gunung Andong

Secara administratif, Gunung Andong termasuk dalam wilayah Kabupaten Magelang Jawa Tengah. Gunung ini berada di dekat perbatasan Kabupaten Semarang. Angkutan umum yang tersedia adalah bus antar provinsi.

Pilih bus yang menuju Terminal Magelang dan lanjutkan dengan minibus yang menuju ke Salatiga. Turun di Pasar Ngablak lalu naik ojek menuju base camp terdekat yaitu Dusun Sawit. Anda juga bisa memilih rental mobil langsung di Terminal Magelang.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Back to top button