Tempat Wisata

Air Terjun Seweru: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan spot

Perlu melakukan perjalanan sebentar untuk melepas penat karena juga tidak baik untuk kesehatan jika merasa stres dan tertekan terus menerus akibat masalah atau pekerjaan yang Anda lakukan setiap hari. Terkadang perlu pergi ke suatu tempat sendirian atau mengundang teman. Nah, jika anda berencana untuk berkunjung ke Jawa Timur lebih tepatnya di Kabupaten Madiun maka anda bisa mengunjungi objek wisata alam yang satu ini yaitu Air Terjun Seweru.

Air Terjun Seweru terletak di lereng Gunung Wilis pada ketinggian hingga 400 m dpl.
Sumber air terjun berasal dari bawah gunung dan muncul di atas pohon rindang. Tempat ini terletak sekitar 25 km sebelah timur kota Madiun, tepat di desa Kare, kecamatan Kare. Obyek wisata ini sering dikunjungi oleh para remaja dan pencinta lingkungan karena panoramanya yang indah dan menakjubkan.

Udara dan sekitarnya sangat sejuk, sementara waktu luang menguji ketangkasan dan ketahanan fisik mereka dengan olahraga. Keindahan Air Terjun Seweru yang juga memiliki nama lain yaitu Serondo atau Selampir ini dibarengi dengan pemandangan hutan wisata yang menambah keindahan panorama alam. Ada juga objek agrowisata yang menambah kecerahan lingkungan; kebun apel, kebun jeruk, kebun bunga dan kebun anyelir. Lokasinya tidak jauh dari lokasi Air Terjun Seweru.

Jika Anda mengunjungi objek wisata ini, Anda pasti tidak akan menyesal, karena ada banyak pemandangan menarik di kawasan tersebut. Pepohonan dan tumbuhan rindang yang tumbuh di sekitar air terjun juga memberikan kesan sejuk khas udara pegunungan yang jauh dari polusi seperti di kota-kota besar. Tempat ini juga ramai dikunjungi wisatawan, baik anak kecil maupun orang tua, terutama saat liburan lebaran atau liburan sekolah.

Bagi yang berani juga bisa lebih dekat ke air terjun ini, karena di bawahnya terdapat banyak batu besar untuk diduduki. Sambil duduk, Anda juga bisa bermain air di sungai dengan mencelupkan kaki. Air sungai ini sendiri juga jernih sehingga mengundang siapapun yang melihatnya untuk segera berenang dan terjun ke dalamnya.

Daerah ini dikenal sebagai daerah penghasil kopi. Saat mengakses Air Terjun Seweru, pengunjung melewati bagian Perkebunan Kopi Kandangan yang menyejukkan mata.

Bagi yang senang berwisata melalui medan berkelok-kelok dan panorama indah, “balapan” menuju Air Terjun Seweru adalah suguhan yang mewah. Akses ke tempat ini hanya bisa dilakukan dengan kendaraan roda dua. Jalannya agak “tidak wajar” dan memberikan kesan jalan di alam liar.

Fasilitas di Air Terjun Severu

Jika Anda datang ke tempat ini, jangan khawatir, sudah ada beberapa fasilitas penunjang pengunjung yang disediakan oleh pihak pengelola, seperti:

– Area parkir

Bagi Anda yang membawa kendaraan pribadi atau menyewa gerbong, masalah parkir tidak perlu lagi dikhawatirkan karena lahan parkir di sini cukup luas untuk menampung beberapa bus dan ratusan mobil atau motor pengunjung.

– Kamar untuk menginap

Ada juga beberapa tempat menginap di kawasan Air Terjun Seweru, mulai dari harga yang murah hingga yang cukup mahal. Tapi tempatnya dijamin nyaman.

– Kantin atau tempat makan

Tentunya jika Anda tidak sempat menyiapkan makanan dan minuman, Anda bisa menemukan warung di sana yang menjual makanan ringan atau minuman dan aneka makanan dengan harga yang sangat terjangkau.

– Tempat peristirahatan umum

Di beberapa tempat tempat ini telah disediakan beberapa kamar mandi atau WC umum bagi pengunjung ketika ingin mencuci tangan atau buang air kecil.

– tempat perkemahan

Jika Anda ingin menginap tetapi tidak ingin menginap di penginapan, Anda dapat membawa peralatan berkemah dan kemudian mendirikan kemah di lokasi yang disediakan oleh Manajemen. Berkemah menambah keseruan karena Anda bisa bersantai, bercanda dengan teman sambil menikmati api unggun.

– Masjid

Bagi yang ingin segera melaksanakan salat juga bisa langsung menuju musholla yang berada di dekat objek wisata ini.

Berburu foto di Air Terjun Severu

Bagi Anda yang hobi fotografi, Anda bisa memanjakan hasrat fotografi Anda di tempat ini. Ada banyak tempat menarik yang bisa Anda manfaatkan, seperti beberapa kebun buah yang ada di objek wisata ini. Anda bisa berfoto bersama keluarga dan teman dengan latar belakang kebun atau perkebunan kopi. Jika Anda lebih suka menghabiskan waktu di air terjun, Anda juga bisa menikmati pemandangan hutan sekitar dan berfoto di antara bebatuan di bawah air terjun. Lebih baik lagi jika Anda membawa kamera anti air agar kamera Anda tidak rusak jika terkena air terjun.

Baca Juga: Hutan Pinus Nongko Ijo, Salah Satu Spot Selfie Paling Menarik di Madiun

Akses jalan menuju Air Terjun Seweru

Bagi anda yang penasaran dengan tempat ini dan ingin mengunjunginya, anda dapat menggunakan kendaraan pribadi dan berkendara menuju Dungus lalu Kare. Setelah sampai di pertigaan Kare-T, silahkan belok kiri menuju perkebunan kopi yang berdiri sejak tahun 1911.

Sebelum sampai di perkebunan kopi, Anda akan melihat papan petunjuk di kiri jalan yang mengarah ke air terjun. Jika Anda melangkah terlalu jauh, Anda akan menemukan patung wanita di atas kuda. Dari pertigaan ini, silakan lanjutkan perjalanan sekitar 2 km. Di sana Anda akan menemukan gerbang yang mengarah ke lokasi.

Biaya masuk ke Air Terjun Seweru

  • Biaya masuk: 0 IDR (gratis)
  • Biaya parkir motor: Rp 3.000
  • Biaya Parkir: Rp 5.000

(Diperbarui Agustus 2023)

Jam buka Air Terjun Seweru

Tips liburan di Air Terjun Seweru

  • Pastikan kendaraan Anda aman dan dalam kondisi baik
  • Persiapkan daya tahan yang prima
  • Jangan lupa siapkan perbekalan dari rumah
  • Sebaiknya datang saat musim kemarau agar tidak berjalan di jalur yang licin
  • Jangan dibuang

Galeri Foto Air Terjun Seweru

Air Terjun Severu
Suasana pagi di lokasi air terjun
Keindahan Air Terjun Seweru
Berkemah di lokasi air terjun
berburu foto

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button