Tempat Wisata

Brother Zoology Museum: Harga Tiket Masuk, Foto, Lokasi, Fasilitas dan Spot

Traveling adalah salah satu kegiatan yang menyenangkan, apalagi kalau bisa ngajar bareng teman atau keluarga, karena makin kenyang makin asyik. Kita biasanya pergi ke tempat-tempat wisata untuk berlibur yang tentunya menawarkan hiburan dan aktivitas yang menyenangkan, termasuk wisata belanja yang digemari kaum hawa. Anda yang sudah menikah dan memiliki anak sebaiknya memikirkan baik-baik tempat wisata mana yang akan dikunjungi dan bagaimana cara mengunjunginya, karena kita tidak hanya ingin membahagiakan diri sendiri, kita juga ingin anak-anak kita bersenang-senang. Tidak ada salahnya memilih tempat wisata yang didalamnya terdapat edukasi yang dapat menambah pengetahuan, seperti museum atau tempat bersejarah lainnya. Nah, di kabupaten Malang ada tempat wisata khusus anak-anak yang tidak hanya menyenangkan tapi juga mendidik.

Museum Zoologi Brothers merupakan salah satu destinasi wisata yang bisa Anda temui di Jalan Raya Karangwidoro 7, Kecamatan Dau, Kabupaten Malang. Tidak banyak Museum Zoologi di Indonesia kecuali di Bogor, Jawa Timur, ada juga di Malang. Museum Zoologi memiliki koleksi biota laut terlengkap di Indonesia, meskipun jenis museum ini tidak begitu populer di kalangan masyarakat Malang. Museum ini terletak satu kompleks dengan BHK Provinsi (Bunda Hati Kudus), Novisiat BHK, Kantor Pusat Yayasan Pendidikan Mardi Wiyata dan Makam BHK.

Koleksi spesimen concological (ilmu kerang darat dan laut) di museum ini jumlahnya sekitar ratusan, ada juga koleksi spesimen herpetologi (ilmu biologi ular). Dan ratusan koleksi sepenuhnya diklasifikasikan di sana. Menurut direktur museum, Frater Maria Clemens BHK, ratusan koleksi itu merupakan peninggalan mendiang Frater Vianney. Beliau adalah biksu kelahiran Belanda yang telah berkarya di Indonesia sejak tahun 1960-an. Tak kurang dari 80 famili moluska di Indonesia telah berhasil dikoleksi.

Untuk lebih meningkatkan kualitas museum, Museum Zoologi Brother Vianney telah bermitra dengan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Jawa Timur. Mereka menampung hewan yang dibuang untuk dirawat.

Selain itu, di Museum Zoologi Vianney Anda bisa menemukan sekitar 500 spesies hewan langka yang diawetkan. Selain siput dan remis, koleksinya juga mencakup unggas, reptil, amfibi, singa, kepala rusa, serta mamalia, serangga, dan berbagai hewan. Bahkan, ada juga jenis kerang langka dari Laut Flores yaitu Nautilus pumpilius dan ular berbisa Vipera russeli yang hanya terdapat di Pulau Flores. Dari kelas reptilia berupa ular awetan basah antara lain ular weling, ular cincin emas, ular hijau dan iguana. Singa (Panthera leo) kering diawetkan dengan sumbangan dari Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat.

Fasilitas di Museum Zoologi Brother

Fasilitas yang bisa Anda temukan di sini tidak banyak, hanya fasilitas standar saja.

– Kantor Informasi

Jika ada yang kurang dimengerti, masih kurang jelas atau ingin tahu lebih lanjut, bisa bertanya di pusat informasi. Staf di tempat akan dengan senang hati membantu Anda.

– warung makan

Untuk makanan, di area luar museum Anda akan menemukan beberapa kios yang menjual makanan dan minuman.

– Tempat peristirahatan umum

Salah satu fasilitas penting yang sepertinya dimiliki oleh setiap objek wisata juga disediakan oleh pihak pengelola. Jadi kalau mau buang air kecil, tinggal cari toilet di sekitar pelataran museum.

– Paviliun

Setelah melihat-lihat koleksi benda-benda yang ada di Brothers Zoological Museum atau menunggu giliran, Anda bisa menggunakan gazebo yang ada di sana untuk bersantai, duduk-duduk sambil menikmati sejuknya angin dan pemandangan di sekitar Anda.

– Kamar untuk menginap

Bagi Anda yang sedang mencari tempat menginap, ada beberapa pilihan akomodasi di dekat Brother Zoological Museum.

– Area parkir

Tempat parkir mobil yang disediakan pengelola juga cukup lengkap dan bisa menampung banyak kendaraan.

Berburu foto di Brothers Zoological Museum

Bagi Anda yang hobi fotografi, Anda bisa memanjakan hasrat fotografi Anda di tempat ini. Banyak tempat menarik yang bisa dimanfaatkan, meski lokasinya tidak terlalu luas, seperti pemandangan satwa langkan yang diawetkan di objek wisata ini. Anda dapat mengambil foto dengan latar belakang ratusan koleksi ular, siput, amfibi, singa, dan hewan lain yang tinggal di sana bersama keluarga atau teman Anda. Jangan lupa untuk mengunggah foto yang Anda terima ke media sosial Anda sehingga Anda dapat memperkenalkan tempat ini kepada lebih banyak orang.

Baca juga: Pantai Ngantep, Wisata sambil belajar selancar

Akses jalan menuju Brother Zoological Museum

Bagi anda yang ingin ke tempat wisata ini, anda bisa menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil atau motor dan tinggal mengarahkan dengan kendaraan anda. Sulit untuk menemukan tempat itu. Anda dapat mengaktifkan aplikasi GPS untuk memandu Anda ke Museum Zoologi Brother. Agar lebih mudah, Anda juga bisa menggunakan kendaraan umum yang banyak melewati Jalan Raya Karangwidoro 7 Karangbesuki.

Biaya masuk ke Brother Zoology

  • Biaya masuk: 0 IDR (gratis)

(Diperbarui Mei 2023)

Jam buka Museum Zoologi Brother

  • Buka setiap hari dari jam 7 pagi sampai jam 2 siang

Tips Perjalanan ke Brother Zoological Museum

Jadikan liburan Anda dan keluarga semakin menyenangkan dan berkualitas di Brother Zoological Museum. Berikut beberapa tips dari kami yang bisa Anda gunakan sebagai referensi liburan Anda:

  • Waktu terbaik untuk mengunjungi Brother Zoological Museum adalah liburan panjang.
  • Ajak orang tersayang ke Brothers Zoological Museum untuk pengalaman liburan yang tak terlupakan.
  • Bawa kamera dan cari foto terbaik dengan kamera terbaik.
  • Jaga tubuh Anda dalam kondisi prima selama liburan Anda di Brothers Zoological Museum.

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button