Tempat Wisata

Omah Kayu: Harga Tiket, Foto, Lokasi, Fasilitas dan Spot

Kita bersyukur hidup di negeri yang sangat kaya akan sumber daya alam di berbagai daerah dari Sabang sampai Merauke. Maka dari itu, tidak heran jika banyak destinasi wisata menarik di Indonesia, baik yang buatan maupun yang alami. Di Provinsi Jawa Timur terdapat sebuah kabupaten yang terkenal dengan buah apelnya yaitu Malang. Salah satu destinasi liburan favorit masyarakat, Malang memiliki banyak tempat wisata dan pesonanya tak terbantahkan. Lokasinya yang berada di dataran tinggi juga membuat suasana sejuk dan sejuk di kota ini membuat banyak orang betah menghabiskan waktunya di Malang. Salah satu tempat wisata yang sayang untuk dilewatkan adalah Omah Kayu.

Omah Kayu merupakan salah satu destinasi wisata di Jawa Timur yang terletak tepat di Taman Wisata Gunung Banyak yang berada di kawasan yang sama dengan Wisata Paralayang Batu di Malang. Jika mendengar namanya pasti Anda mengira itu adalah rumah kayu (omah) biasa, namun jangan salah, penginapan jenis ini tidak biasa karena terletak di ketinggian 1.340 meter di atas permukaan laut. Hal ini dilakukan agar wisatawan yang datang kesana dapat merasakan sensasi baru yang seru berada di atas pohon pinus yang berdiri kokoh dan kuat, sehingga tidak perlu khawatir lagi dengan masalah keamanan. Selain itu bahan yang digunakan untuk membangun rumah ini juga kokoh dan berkualitas yaitu kayu putih, pinus dan kasuari.

Daya tarik utama yang menarik pengunjung ke tempat ini adalah lokasi, tata letak dan material yang digunakan untuk membangun Omah Kayu Inn. Lokasinya yang berada di lereng dan berada di antara pepohonan membuat tempat rekreasi ini terlihat sangat istimewa dan membedakannya dari penginapan lainnya. Selain itu, material kayu yang digunakan dalam pembangunan Omah Kayu selalu berhasil menarik pengunjung untuk berfoto dengan latar tempat wisata alam populer di Kota Batu ini.

Sayangnya penginapan di Omah Kayu ini hanya memiliki 6 unit kamar saja. Setiap ruangan berkapasitas 2 orang atau maksimal 3 orang, setiap ruangan berukuran 3 x 2 x 2 meter dan bahan yang digunakan juga menggunakan kayu yang berkualitas dan kuat. Kayu yang digunakan untuk membuat Omah Kayu yang satu ini adalah kayu Eucalyptus untuk rangka utama bangunan termasuk balkon dan pagar.

Selain itu, manajemen menggunakan papan pinus yang tertata rapi untuk dinding Omah Kayu agar pengunjung di lokasi tetap hangat meski cuaca dingin, dan atap rumah pohon juga terbuat dari ijuk. Di Omah Kayu juga tersedia 1 kasur kecil, 2 bantal, 1 selimut dan beberapa peralatan makan.

Fasilitas di Omah Kayu

Di tempat wisata Omah Kayu ini anda akan menemukan beberapa fasilitas yang bisa anda gunakan seperti :

– Area parkir

Biasanya pengunjung membawa kendaraan pribadi seperti sepeda motor atau mobil, dan masalah parkir tidak perlu dikhawatirkan. Karena pengelola telah menyediakan tempat parkir yang cukup dan luas.

– Kantin atau tempat makan

Meski tidak menginap di sana, Anda tetap bisa mencoba makanan dan minuman yang dijual di warung kopi yang ada di tempat wisata Omah Kayu. Harga makanan dan minuman juga cukup terjangkau.

– Akomodasi

Seperti yang sudah disebutkan di atas, Omah Kayu sebenarnya merupakan objek wisata bertema akomodasi. Dan di sana kamu bisa menginap dengan tarif Rp 350.000 per malam di hari biasa dan Rp 450.000 per malam di akhir pekan.

– Paviliun

Di sana Anda bisa menikmati pemandangan indah pepohonan pinus yang mengelilingi Omah Kayu sambil bersantai di gazebo yang disediakan.

– Tempat peristirahatan umum

Tentunya ada fasilitas yang satu itu juga, jadi bagi Anda yang perlu ke kamar kecil tidak perlu bingung mencari di luar kawasan wisata.

Berburu foto di Omah Kayu

Jika Anda menyukai seni fotografi, tempat ini akan memanjakan Anda dengan berbagai pemandangan menarik dan spot foto seperti pohon pinus yang menghiasi kawasan sekitar Omah Kayu. Di sini Anda bisa memanfaatkan lingkungan sekitar sebagai tempat berfoto, berfoto saat bersama keluarga atau teman. Anda juga bisa mengabadikan berbagai panorama yang Anda lihat dari atas rumah kayu tersebut, seperti pemandangan kota Malang dari ketinggian. Dan karena di sini ada beberapa rumah kayu, view ini bisa kamu gunakan untuk mengarahkan lensa kamera kamu. Setelah mendapatkan foto yang cukup, jangan lupa untuk mengunggahnya di media sosial. Kami mengandalkan Anda untuk membantu memperkenalkan objek wisata Omah Kayu kepada masyarakat luas.

Baca Juga: Hawaii Waterpark, Wisata Bermain Air

Akses jalan menuju Omah Kayu

Jika pemberangkatan dari kota Malang, maka cukup menempuh perjalanan ke arah kota Batu. Dari kota Batu, lanjutkan perjalanan menuju gedung baru Balai Kota Batu. Sesampainya di pertigaan Songgoriti dan Payung, Anda bisa memilih mau ke kiri atau ke kanan.

Sebelah kanan (Songgoriti) dikhususkan untuk sepeda motor saja, karena jalur untuk mobil dilarang. Selain itu, sepeda motor yang melewati jalur ini harus kuat untuk menapaki tanjakan lurus yang panjang. Ikuti terus jalan ini sampai puncak dan berhenti tepat 50 meter sebelum pertigaan Pujon – Payung (lurus ke Pujon dan belok kiri ke Coban Rondo/Payung).

Biaya masuk ke Omah Kayu

  • Biaya masuk pada hari kerja: Rp 10.000/orang
  • Biaya masuk untuk akhir pekan: Rp 15.000/orang
  • Biaya Akomodasi Omah Kayu Mini Weekdays: Rp 400.000/malam

(Diperbarui Mei 2023)

Jam buka Timber Omah

  • Buka setiap hari dari pukul 09.00 – 17.00

Tips berlibur di Omah Kayu

  • Pastikan Anda dalam kondisi prima
  • Kenakan sepatu yang nyaman
  • Siapkan kendaraan yang ingin digunakan
  • Jangan mencemari lingkungan

Galeri Foto Omah Kayu

Omah Kayu di Wonosari
Gambar oleh Omah Kayu
rumah pohon
Potret rumah pohon

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button