Tempat Wisata

Fort Van Den Bosch: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan spot

Setelah seharian bekerja selama berminggu-minggu, tentunya kita merasakan masa kebosanan dalam aktivitas sehari-hari yang tidak terganggu, baik yang berhubungan dengan pekerjaan maupun sekolah dan kuliah. Terkadang kita perlu menggunakan beberapa hari libur untuk menyegarkan diri dan melepaskan segala penat dan stress yang kita rasakan. Nah, buat kamu yang tinggal di Jawa Timur, tidak perlu jauh-jauh ke luar Jawa atau luar Jawa Timur untuk berlibur. Ada juga benteng di Ngawi dengan pesona cantik yang bisa membuat Anda terkagum-kagum.

Benteng Van Den Bosch merupakan salah satu benteng bersejarah di Jawa Timur yang terletak di Desa Pelem, Kecamatan Ngawi, Kabupaten Ngawi. Kabupaten Ngawi memang tidak terlalu dikenal sebagai kota wisata dan kehidupan malamnya tidak seramai kabupaten lain di Jawa Timur. Namun masih ada beberapa tempat wisata yang menarik untuk dilihat di sana, diantaranya adalah Benteng Van den Bosch.

Dikenal juga dengan nama Benteng Pendem, Benteng Van Den Bosch merupakan benteng yang memiliki nilai sejarah di kota Ngawi pada zaman Belanda. Gedung ini dibangun antara tahun 1839 dan 1845 oleh Gubernur Jenderal Font Van Den Bosch. Dengan ukuran bangunan kurang lebih 165m x 80m dan terletak di atas lahan seluas kurang lebih 1 ha, dapat dikatakan letak Benteng Van Den Bosch sangat strategis karena berada di pertemuan Bengawan Solo dan sungai Madiun. Pada zaman dahulu, sungai merupakan jalur pelayaran kapal-kapal yang mengangkut hasil bumi seperti rempah-rempah dan pala.

Arsitektur benteng ini menampilkan gaya kastil Eropa yang sangat artistik dan memiliki nilai seni tersendiri. Saat Anda masuk, Anda bisa melihat interiornya masih memiliki lantai kotak-kotak berwarna kuning dan putih. Pada zaman dahulu, saat benteng ini masih aktif, sekitar 250 prajurit dari Hindia Belanda tinggal di tempat tersebut, sehingga saat ini masih dapat ditemukan bangunan utama untuk pejabat tinggi dan kantor umum, juga terdapat asrama (barak). yang sebenarnya terdiri dari tiga lantai, tiang penopang dipadukan dengan pintu dan jendela besar yang sekilas terlihat seperti bangunan Romawi.

Sedikit informasi sejarah tentang benteng ini adalah Benteng Van Den Bosch ada pada abad ke-19. Ngawi difungsikan sebagai salah satu pusat perdagangan dan pelayaran di Jawa Timur dan Ngawi pernah menjadi pusat pertahanan Belanda di daerah Madiun dan sekitarnya pada masa Perang Diponegoro (1825-1830). Perlawanan terhadap Belanda sedang memuncak saat ini bahkan dipimpin langsung oleh para pemimpin daerah setempat, seperti di Madiun oleh Bupati Kerto Dirjo dan di Ngawi oleh Adipati Judodiningrat dan Raden Tumenggung Surodirjo. Pada tahun 1825 Ngawi ditaklukkan dan diduduki oleh Belanda. Untuk itu diusulkan sebuah benteng sebagai solusi yang diselesaikan pada tahun 1845 untuk mempertahankan keberadaan, kedudukan dan fungsi strategis penguasaan jalur perdagangan Belanda.

Fasilitas di Benteng Van Den Bosch

Sedangkan fasilitas yang ada di Fort Van Den Bosch tidak terlalu banyak atau lengkap, namun ada beberapa yang bisa anda temukan seperti;

– Area parkir

Anda yang datang dengan kendaraan pribadi baik itu mobil atau motor tidak perlu khawatir dengan masalah parkir karena tersedia tempat parkir mobil yang cukup luas dan luas.

– Bilik atau tempat makan

Setelah berkeliling area benteng selama berjam-jam, perut Anda pasti akan lapar. Tak perlu bingung jika tidak sempat atau lupa menyiapkan bekal. Di sekitar objek wisata ini Anda akan menemukan warung-warung yang dikelola penduduk setempat yang menjual makanan dan minuman dengan harga terjangkau.

– Paviliun

Berkat paviliun yang didirikan di sana, Anda bisa duduk santai sambil menikmati pemandangan benteng dengan arsitektur khas kolonial Belanda serta pepohonan dan tumbuhan di sekitarnya.

– Akomodasi

Di luar Fort Van Den Bosch, bagi Anda yang membutuhkan akomodasi dapat menemukan akomodasi yang sesuai dengan anggaran dan kebutuhan Anda.

– Tempat peristirahatan umum

Salah satu fasilitas penting tersebut juga telah disediakan di sana, sehingga Anda tidak perlu repot mencari kamar kecil di luar area tempat wisata ini.

Berburu foto di Benteng Van Den Bosch

Berwisata ke suatu tempat terasa kurang lengkap jika tidak membawa kamera, baik itu kamera handphone ataupun kamera profesional yang Anda miliki. Apalagi saat mengunjungi tempat-tempat yang berhubungan dengan alam dan sejarah, banyak hal yang pasti bisa diabadikan. Seperti di Fort Van Den Bosch, Anda bisa berfoto di depan bangunan benteng yang memiliki gaya khas Eropa ini. Arsitekturnya yang unik dan nilai estetikanya akan menjadi daya tarik yang bagus untuk foto Anda. Saat memasuki bangunan benteng, Anda juga bisa memotret ruangan-ruangan yang pernah dihuni oleh Tentara Hindia Belanda. Jangan lupa untuk mengupload foto-foto yang kamu miliki ke berbagai media sosial yang kamu miliki.

Baca Juga: Monumen Jenderal Sudirman, Berwisata Mengenang Salah Satu Pahlawan Indonesia

Akses jalan menuju Fort Van Den Bosch

Untuk menuju lokasi Benteng Van Den Bosch sangat mudah dilakukan, arahkan ke arah timur laut dari Kantor Pemerintah Kabupaten Ngawi menuju Jl. Untung Suropati, sekitar 1 kilometer jauhnya terdapat situs Benteng Van Den Bosch yang juga biasa disebut Benteng Pendem. Anda dapat menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil dan sepeda motor atau menggunakan angkutan umum.

Biaya masuk ke Benteng Van Den Bosch

  • Biaya masuk: Rp 5.000/orang
  • Biaya parkir motor: Rp 3.000
  • Biaya Parkir: Rp 5.000

(Diperbarui Mei 2023)

Jam buka Benteng Van Den Bosch

  • Buka setiap hari dari jam 8 pagi sampai jam 5 sore

Tips liburan di Fort Van Den Bosch

Jadikan liburan Anda dan keluarga di Fort Van Den Bosch semakin menyenangkan dan berkualitas. Berikut beberapa tips dari kami yang bisa Anda gunakan sebagai referensi liburan Anda:

  • Waktu terbaik untuk mengunjungi Benteng Van Den Bosch adalah saat liburan panjang.
  • Datanglah ke Fort Van Den Bosch bersama orang tersayang dan dapatkan pengalaman liburan yang tak terlupakan.
  • Gunakan jasa biro perjalanan untuk liburan yang praktis dan bebas stres di Fort Van Den Bosch.
  • Bawa kamera dan cari foto terbaik dengan kamera terbaik.
  • Usahakan agar tubuh Anda tetap bugar selama liburan di Fort Van Den Bosch.

Galeri foto Benteng Van Den Bosch

Selamat datang di Benteng Van Den Bosch
Benteng Van Den Bosch setelah direnovasi
tempat foto
Suasana pengunjung ramai
Pintu masuk ke benteng
Liburan di Benteng Van Den Bosch
berburu foto

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button