Tempat Wisata

Gua Luweng Ombo: Harga Tiket, Foto, Lokasi, Fasilitas dan Spot

Setiap kali Anda merasa lelah di tempat kerja atau hal-hal lain, pasti Anda memikirkan hiburan yang menyenangkan, baik itu berdua saja dengan keluarga atau teman-teman Anda. Namun tidak sedikit yang menyarankan untuk tidak pergi berlibur karena kebanyakan berpikir bahwa Anda selalu harus mengeluarkan banyak uang untuk berlibur. Ada berbagai jenis tempat wisata di dekat Anda yang tidak perlu mengeluarkan banyak biaya untuk menikmatinya. Apalagi jika Anda tinggal di Pacitan, sebuah kabupaten di Jawa Timur. Anda tidak perlu berkendara jauh dari kota untuk beristirahat sejenak setelah seharian bekerja. Di Pacitan ada beberapa tempat wisata yang bisa dikunjungi dengan biaya murah, seperti Luweng Ombo.

Luweng Ombo merupakan tempat wisata di Desa Kalak, Kecamatan Donorojo, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur. Anda yang menyukai kegiatan yang berhubungan dengan alam atau memiliki teman pecinta alam pasti menyukai tempat ini. Luweng Ombo sudah sering menjadi tujuan wisata pecinta alam karena fenomenanya yang menarik. Luweng Ombo adalah lubang yang sangat besar. Jika Anda berdiri di tepi lubang, Anda dapat melihat gua vertikal di pintu masuk gua dengan kedalaman sekitar 130 meter dan diameter 50 meter. Semakin kecil diameternya, semakin lebar mencapai sekitar 170 meter.

Ada dua teori yang dapat menjelaskan terbentuknya goa vertikal ini. Artinya, dari segi speleologis atau caving, Luweng Ombo terbentuk akibat runtuhan atau runtuhnya atap gua akibat tergerusnya dinding kapur akibat proses kimiawi. Teori ini dapat dibuktikan dengan adanya material puing-puing yang masih banyak ditemukan di dasar Luweng Ombo yang membentuk bukit kecil.

Dari sini dapat disimpulkan bahwa Luweng Ombo pada awalnya bukanlah gua vertikal, melainkan gua horizontal atau sungai bawah tanah yang runtuh. Dari segi geologis, Luweng Ombo terbentuk sekitar 1,8 juta tahun yang lalu akibat pengangkatan batu gamping dari dasar laut. Karena keunikan geologisnya, Luweng Ombo tercatat sebagai salah satu geosite Geopark Gunung Sewu di kawasan Pacitan.

Jika Anda berhasil mencapai dasar Luweng Ombo, Anda akan merasa seperti berada di dunia lain karena matahari yang terbatas membuat dasar gua terasa lembap dan pertumbuhan vegetasi juga berbeda dengan yang ada di atas gua. Bahkan saat musim kemarau, vegetasi di dalam goa masih terlihat hijau segar.

Fasilitas di Luweng Ombo

Sedangkan fasilitas objek wisata Luweng Ombo tidak terlalu banyak atau lengkap, namun ada beberapa yang bisa anda temukan seperti;

– Area parkir

Anda yang datang dengan kendaraan pribadi baik itu mobil atau motor tidak perlu khawatir dengan masalah parkir karena tersedia tempat parkir mobil yang cukup luas dan luas.

– Bilik atau tempat makan

Bermain-main di area gua selama berjam-jam pasti akan membuat perut Anda terasa lapar. Tak perlu bingung jika tidak sempat atau lupa menyiapkan bekal. Di sekitar tempat ini Anda akan menemukan warung-warung penduduk setempat yang menjual makanan dan minuman dengan harga terjangkau.

– Paviliun

Berkat paviliun yang dibangun di sana, Anda bisa duduk santai menikmati pemandangan alam yang indah dan langit biru.

– Akomodasi

Di sekitar kawasan wisata Luweng Ombo, Anda yang sedang mencari penginapan bisa menemukan yang sesuai dengan budget dan kebutuhan Anda.

– Tempat peristirahatan umum

Salah satu fasilitas penting tersebut juga telah disediakan di sana, sehingga Anda tidak perlu repot mencari toilet di luar kawasan wisata.

Berburu foto di Luweng Ombo

Berkunjung ke tempat wisata alam yang indah tidak akan lengkap rasanya jika Anda lupa membawa kamera. Saat berlibur, wajib untuk membawa kamera, baik itu ponsel atau kamera profesional yang memungkinkan Anda mengambil foto. Ada beberapa spot foto menarik di Luweng Ombo yang bisa Anda dan keluarga gunakan. Tentu saja, jika Anda baru pertama kali menjelajahi gua, Anda harus memastikan kamera Anda baik-baik saja, tangkap gambarnya dan jangan sampai jatuh. Selain itu, kamu juga bisa berfoto selfie atau meminta seseorang untuk mengabadikan momen saat sampai di dasar goa. Jangan lupa untuk mengunggah foto Anda di berbagai media sosial.

Baca Juga: Taman Wisata Tawun, Wisata Sambil Bermain Air

Akses jalan menuju Luweng Ombo

Cara termudah menuju Luweng Ombo adalah melalui jalan Pacitan-Yogya. Jika Anda dari arah Pacitan, belok kiri di pertigaan Bleruk (persimpangan jalan Pacitan-Solo dan Pacitan-Yogya) dan ikuti jalan menuju Yogya. Nanti ada pertigaan dengan plang menuju Kalak. Ikuti petunjuk arah hingga menemukan gapura menuju desa Kalak. Dari gapura ini, setelah kira-kira 200 meter, Anda akan sampai di lokasi Gua Luweng Ombo. Lokasi goa hanya berjarak sekitar 20 meter dari jalan raya.

Biaya masuk ke Luweng Ombo

  • Biaya masuk: Rp 25.000/orang

(Diperbarui Mei 2023)

Waktu operasi Luweng Ombo

Tips liburan di Luweng Ombo

  • Persiapkan daya tahan tubuh Anda
  • Siapkan alat untuk menjelajahi gua yang aman
  • Bawa senter
  • Kenakan sepatu yang aman
  • Hati-hati

Galeri Foto Gua Luweng Ombo

Selamat datang di Gua Luweng Ombo
Gua Luweng Ombo
Turun ke Gua Luweng Ombo
Potret seorang pengunjung memasuki gua
Suasana di mulut Gua Luweng Ombo
Di dalam Gua Luweng Ombo
Batu di Goa
Bendera Merah Putih di Gua Luweng Ombo

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button