Tempat Wisata

Pantai Srau: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan spot

Setelah seharian bekerja atau berkutat dengan masalah sekolah dan hal-hal lainnya, terkadang kita membutuhkan sesuatu yang disebut penyegaran untuk menyegarkan pikiran dan menghilangkan penat. Stres juga tidak baik untuk kesehatan Anda. Oleh karena itu, tidak ada salahnya kita merencanakan liburan yang bisa Anda lakukan sendiri, bersama keluarga, pasangan atau sahabat. Liburan seru tidak harus mengeluarkan banyak biaya, lho? Jika anda berencana untuk berwisata ke Jawa Timur khususnya ke Pacitan, anda bisa datang ke pantai yang memiliki keindahan yang menakjubkan yaitu Pantai Srau.

Pantai Srau merupakan salah satu tempat wisata di Jawa Timur yang bisa Anda temukan di Dusun Srau, Desa Candi, Kecamatan Pringkuku, Kabupaten Pacitan. Pantai yang masih termasuk dalam kelompok pantai Pacitan Barat ini juga telah resmi dikelola oleh pemerintah sebagai salah satu tempat wisata unggulan di Pacitan. Dengan ciri khas pasir putihnya yang indah dan tebing bebatuannya, pantai ini banyak dikunjungi wisatawan dari dalam dan luar negeri.

Tentunya, bersama dengan Pantai Teleng Ria dan Pantai Klayar, Wisata Pantai Srau menjadi objek wisata yang tidak boleh anda lewatkan saat berwisata ke kota Pacitan. Pantai Srau terkenal dengan keindahan pasir putihnya. Dan ada banyak tebing yang bisa didaki untuk menikmati panorama pantai dari atas. Selain itu, pantai ini terbagi menjadi beberapa bagian yang masing-masing dipisahkan oleh tebing bebatuan.

Selama berlibur di Pantai Srau Anda bisa merasakan berada di pulau pribadi yang jauh dari gangguan luar. Apalagi jika Anda pergi ke Pantai Srau pada hari kerja. Dibandingkan dengan pantai-pantai lain di Pacitan, Pantai Srau tergolong pantai yang sepi. Namun itulah yang membuat Pantai Srau begitu istimewa. Anda akan merasa sendirian di pulau pribadi. Hamparan pasir putih dan birunya laut seakan membentuk satu kesatuan yang mengesankan. Selain ombak pantai yang besar dan pasir putihnya yang sangat lembut, bukit karang menjadi daya tarik lain di Pantai Srau yang membuat pemandangan pantai semakin indah. Karena masih sepi, jangan lewatkan kesempatan untuk berfoto. Anda akan menyesal jika tidak sempat mengabadikan momen indah di Pantai Srau.

Fasilitas di Pantai Srau

Fasilitas yang ada di obyek wisata Pantai Srau memang tidak terlalu banyak atau lengkap, namun ada beberapa yang bisa anda temukan seperti di antaranya;

– Area parkir

Anda yang datang dengan kendaraan pribadi baik itu mobil atau motor tidak perlu khawatir dengan masalah parkir karena tersedia tempat parkir mobil yang cukup luas dan luas.

– Akomodasi

Di sekitar kawasan pantai, Anda yang membutuhkan akomodasi akan menemukan akomodasi yang sesuai dengan anggaran dan kebutuhan Anda.

– Tempat peristirahatan umum

Salah satu fasilitas penting tersebut juga telah disediakan di sana sehingga Anda tidak perlu repot mencari kamar kecil di luar kawasan pantai.

– Bilik atau tempat makan

Berjam-jam bermain di pantai dijamin bikin lapar. Tak perlu bingung jika tidak sempat atau lupa menyiapkan bekal. Di sekitar pantai Anda akan menemukan warung lokal yang menjual makanan dan minuman dengan harga terjangkau.

– Paviliun

Karena sudah dibangun paviliun di sana, Anda bisa duduk santai menikmati pemandangan air laut yang jernih, pasir putih yang indah, dan langit biru.

Berburu foto di Pantai Srau

Saat Anda sedang berlibur di sebuah objek wisata, tidak berfoto atau selfie di tempat tersebut terasa kurang lengkap. Tentunya selain sebagai memori, Anda juga bisa memajang foto Anda di berbagai media sosial yang Anda miliki. Kini di Pantai Srau Anda bisa mengabadikan momen seru dan seru bersama kerabat atau sahabat sepuasnya sambil bermain pasir pantai, jalan-jalan kesana, bermain di laut atau bahkan bermain pasir bersama anak Anda. Seperti yang sudah disebutkan di atas, di tempat ini juga terdapat banyak pepohonan rindang yang bisa kamu jadikan spot foto yang menarik. Jika memilih menunggu hingga sore hari, Anda juga bisa mengambil foto cantik pemandangan langit jingga bercampur birunya lautan saat matahari baru saja akan mencapai peristirahatannya. Berjalan melalui pepohonan yang mengelilingi pantai juga merupakan cara yang bagus untuk mengabadikan momen dan pemandangan eksotis di sana. Jangan lupa untuk mengunggah foto Anda di media sosial untuk diperhitungkan saat mempromosikan pantai ini.

Baca Juga: Taman Wisata Tawun, Wisata Sambil Bermain Air

Akses jalan menuju Pantai Srau

Untuk jalur Pantai Srau dari Solo kita bisa berkendara dari Solo ke Sukoharjo, lalu ke Ngadirojo, lalu ke arah Giriwoyo, lanjut ke Donorojo, lanjut ke Punung, yang kemudian sampai di Pringkukuh. Dari situ kita akan menuju ke desa Candi, kemudian ikuti petunjuk atau bertanya kepada warga sekitar, karena warga yang akan ditemui pasti akan menjawabnya dengan baik. Jika kita menggunakan mobil pribadi, dibutuhkan waktu sekitar 3,5 hingga 4 jam untuk melintasi pegunungan tersebut. Jalannya cukup sempit dan berkelok-kelok, tapi jangan khawatir, jalannya sudah diaspal dan tentunya kanan kiri jalan dipenuhi aspal dengan pepohonan yang asri.

Biaya masuk ke Pantai Srau

  • Harga tiket untuk anak-anak: Rp 5.000/orang
  • Tiket masuk dewasa: Rp 10.000/orang

(Diperbarui Mei 2023)

Jam buka Pantai Srau

Tips berlibur ke Pantai Srau

  • Pastikan Anda dalam kondisi prima
  • Kenakan sepatu yang nyaman
  • Siapkan kendaraan yang ingin digunakan
  • Bawa makanan dan minuman dari rumah
  • Bawa topi atau kacamata
  • Gunakan tabir surya

Galeri foto Pantai Srau di Pacitan

Pantai Srau
Potret Pantai Srau dari pintu masuk
Bukit Karang di Pantai Srau
Bersantai di pantai
Dengan sepeda motor ke pantai
Peralatan lengkap
Berkemah di Pantai Srau

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button