Tempat Wisata

Air Terjun Teleng: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan spot

Sebagian besar dari kita pasti lebih suka shopping mall atau tempat yang “nyaman” dan ber-AC saat traveling, banyak penjual makanan dan minuman atau toko yang menjajakan berbagai jenis barang. Tapi tentu kita sudah terbiasa, apalagi di kota-kota besar yang banyak mall di sana-sini. Sesekali Anda butuh istirahat di tempat yang berhubungan dengan alam, jauh dari kebisingan kota dan udara yang tercemar. Ada sebuah tempat wisata di Ngawi yang bisa Anda kunjungi jika berencana berlibur dalam waktu dekat. Dan destinasi wisatanya adalah Air Terjun Teleng yang pesonanya dapat memikat hati anda.

Air Terjun Teleng merupakan objek wisata alam yang terletak di Dusun Sanan, Desa Ngrayudan, Kecamatan Jogorogo, Kabupaten Ngawi. Bagi Anda yang ingin merasakan nuansa alam dengan pemandangan menarik saat berlibur, tempat ini bisa banget jadi pilihan. Tidak hanya wisata pantai yang banyak dikunjungi orang, objek wisata air terjun juga tak kalah seru.

Panorama alam yang ditawarkan tempat ini saat Anda tiba sungguh mengesankan. Pepohonan rindang di kiri dan kanan mengelilingi area air terjun, area yang hijau dan asri menambah sejuknya air terjun Teleng. Destinasi wisata yang didirikan oleh kelompok sadar wisata bernama Pokdarwis ini sebenarnya sudah ada sejak tahun 2011, namun karena letaknya yang agak tersembunyi dan jauh dari pusat kota, masih banyak orang yang belum mengetahuinya. Oleh karena itu, tempat ini juga bisa disebut “perawan”, karena jarang tersentuh tangan orang jahil.

Meski tidak setenar Air Terjun Srambang, tempat ini memiliki pesona yang tak kalah menarik dari tempat wisata alam di Ngawi lainnya. Air terjun yang tidak terlalu deras dan tinggi ini juga memberikan rasa aman bagi wisatawan yang datang ke sana untuk mendekat. Selain itu, sungai di bawahnya juga tidak deras. Jadi, jika ingin merasakan kesegaran Air Terjun Teleng, Anda bisa langsung terjun ke sungai.

Selain bermain dan mandi di sungai, Anda juga bisa membawa peralatan berkemah dari rumah dan mendirikan kemah di sana. Menghabiskan malam dengan mendengarkan gemuruh air terjun tentu menjadi pengalaman yang tak terlupakan.

Fasilitas di Air Terjun Teleng

Sayangnya, karena situsnya masih asli dan belum tersentuh oleh Pemda Kabupaten Ngawi, tidak ada fasilitas pendukung di lokasi ini selain area untuk berkemah. Namun jangan sedih dulu, tidak jauh dari Air Terjun Teleng terdapat sebuah desa wisata yaitu Desa Ngrayudan. Jadi disini anda hanya akan menemukan fasilitas yang dibangun oleh pemerintah dan masyarakat sekitar seperti;

– Tempat peristirahatan umum

Fasilitas yang satu ini cukup penting bagi setiap objek wisata dan di objek wisata ini Anda bisa menemukannya di desa Ngrayudan. Meski harus menempuh jalan yang berliku-liku, setidaknya tidak perlu khawatir tidak dapat tempat buang air kecil.

– Paviliun

Masih di desa Ngrayudan, Anda bisa menemukan paviliun yang didesain untuk pengunjung yang hanya ingin bersantai atau istirahat sejenak sambil mengikuti jalur menuju Air Terjun Teleng. Sambil menikmati makan siang Anda dapat mengagumi pemandangan yang indah.

– Masjid

Menjadi sebuah desa, wajar jika mereka sudah memiliki tempat ibadah sendiri. Ibadah tidak boleh dilupakan saat bepergian.

– Kantin atau toko

Jangan khawatir kelaparan jika tidak membawa bekal. Di desa ini juga terdapat beberapa warung milik warga yang menjual makanan dan minuman dengan harga terjangkau.

– Area parkir

Tempat parkir di lokasi ini juga cukup luas bagi pengunjung yang membawa kendaraan sendiri.

Berburu foto di Air Terjun Teleng

Bagi Anda yang menyukai seni fotografi, Anda bisa memanfaatkan beberapa tempat menarik yang ada di objek wisata ini, seperti di dekat air terjun. Airnya tidak sulit sehingga Anda bisa dengan mudah menjangkau area di dekat air terjun untuk berfoto bersama teman atau sekedar selfie. Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan hutan rindang di sekitar sebagai target jepretan kamera. Kemudian, saat Anda menuju Air Terjun Teleng, Anda akan disuguhi pemandangan dari atas, serta taman bunga dan kebun jambu biji yang menarik untuk dijadikan latar foto Anda. Jangan lupa untuk menguploadnya di media sosial Anda, itu akan membantu Anda memperkenalkan tempat wisata ini.

Baca Juga: Vihara Avalokitesvara, Keindahan Wisata Religi Buddha di Madura

Akses jalan menuju Air Terjun Teleng

Saat berkunjung ke tempat ini, pastikan untuk membawa kendaraan sendiri atau minimal sewa, karena masih belum ada angkutan umum yang bisa mengantar langsung ke Air Terjun Teleng. Setelah kendaraan Anda sudah sampai di kabupaten Ngawi, tinggal melanjutkan perjalanan menuju desa Ngrayudan dengan menggunakan guide Google Maps. Sesampainya di sana, Anda tinggal memarkir kendaraan lalu melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki. Jaraknya tidak jauh, hanya sekitar 1,5 km.

Tiket masuk Air Terjun Teleng

  • Biaya masuk: 0 IDR (gratis)

(Diperbarui Agustus 2023)

Jam Buka Air Terjun Teleng

Tips Liburan ke Air Terjun Teleng

  • Persiapkan daya tahan terbaik Anda
  • Pastikan kendaraan Anda dalam kondisi baik
  • Lebih baik bawa makanan dan minuman sendiri
  • Berhati-hatilah saat memotret di dekat air terjun

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button